Connect with us
UM3406
Berita

Android 13 Resmi Hadir, Pixel yang Merasakan Pertama Kali

Google telah mengumumkan kehadiran Android 13. Seperti biasa, sistem operasi mobile ini untuk pertama kali akan dicicipi oleh pengguna semua seri Pixel.

Updated

Bagi para penggemar smartphone Android yang getol mengikuti perjalanan Google tentunya sudah tahu bahwa Android 12 memulai debutnya pada awal Oktober 2021. Tahun ini, Android 13 diluncurkan lebih cepat. Ya! Google telah merilis Android 13 pada tanggal 15 Agustus 2022.

Bahkan, Google juga telah mengumumkan bahwa pembaruan sistem operasi mobile ini untuk pertama kali akan dirasakan oleh semua seri Pixel. Selanjutnya, smartphone Samsung, OPPO, realme, Xiaomi, vivo, Tecno OnePlus, HMD Global, “dan banyak lagi” akan bergabung di akhir tahun ini.

Apa yang baru dari Android 13? Dari tampilan, kalian akan menemukan evolusi dari tema Material You. Kini, mesin tema mendukung ikon aplikasi pihak ketiga. Sementara, pemutar media yang diperbarui secara otomatis mengubah tampilannya berdasarkan musik atau podcast yang sedang didengarkan.

Pengguna juga diberi kebebasan untuk dapat menetapkan bahasa tertentu untuk aplikasi tertentu. Selain itu, pengembangan lainnya adalah mode Waktu Tidur yang juga semakin dapat disesuaikan, dengan wallpaper yang diredupkan atau tema gelap.

Aplikasi tidak akan mendapatkan akses ke seluruh media library dan pengguna hanya dapat berbagi satu item. Selain itu, riwayat clipboard akan dihapus secara otomatis “setelah jangka waktu tertentu” jika kalian menyalin data sensitif seperti e-mail, nomor telepon, atau data login.

Hal terbaru lainnya, aplikasi harus secara eksplisit meminta pengguna mengizinkan mereka mengirim pemberitahuan, daripada memiliki kemampuan itu secara default. Ada juga dukungan Audio Spasial, namun ini berkaitan erat dengan headphone yang memiliki fitur pelacakan kepala.

Bluetooth LE Audio juga didukung, dan sekali lagi pengguna memerlukan headset yang memiliki dukungan tersebut. Jika kalian memilikinya, dijanjikan akan merasakan latensi yang lebih rendah, kualitas yang ditingkatkan dan dukungan menyiarkan audio ke beberapa perangkat secara bersamaan.

Bilah tugas yang baru juga turut diperbarui pada tablet. Ini memungkinkan pengguna melihat semua aplikasi dengan lebih cepat. Selain itu, juga memungkinkan pengguna untuk drag and drop lebih mudah aplikasi apa pun di library ke mode layar yang terbagi.

Tablet juga mendapatkan dukungan penolakan telapak tangan saat stylus digunakan, sehingga pengguna tidak mengalami sentuhan yang tidak disengaja. Ada dukungan video HDR pada aplikasi kamera pihak ketiga di Android 13, pengalih keluaran media baru, dan tampilan braille untuk Talkback.

“Segera”, pengguna Android 13 akan dapat menyalin konten seperti URL, gambar, atau teks, dari smartphone Android ke tablet Android, atau sebaliknya. Demikian pula, “dalam waktu dekat” pengguna akan dapat mengalirkan aplikasi perpesanan ke Chromebook dari smartphone.

Comments

Harga HP Terbaru

Berita3 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer