Connect with us
FX507Z
Berita

Android 12L Hadir di Samsung Galaxy Tab S8 Series

Samsung Galaxy Tab S8 Series kini telah mendapat pembaruan berupa Android 12L. Tak hanya menawarkan penambahan taskbar, OS tersebut juga menyajikan antarmuka yang lebih intuitif dan user-friendly.

Updated

Kabar gembira datang Samsung untuk para pengguna tablet Galaxy Tab S8 Series. Ya! Tablet premium yang diluncurkan oleh Samsung di pasar Indonesia pada awal bulan Maret lalu itu kini telah mendapat pembaruan untuk sistem operasinya. Kini Galaxy Tab S8 Series telah mendapatkan Android 12L.

Ya! Perubahan utama yang dihadirkan oleh update Android 12L dalam Galaxy Tab S8 Series adalah penambahan taskbar di bagian bawah layar. Kini, UI alias antarmuka tablet tersebut tidak hanya lebih intuitif, tetapi juga user-friendly dibanding sebelumnya.

Ke depannya, pengguna Galaxy Tab S8 Series dapat menikmati peralihan aplikasi yang lebih cepat, lebih banyak kustomisasi layout, multitasking yang lancar, dan aplikasi yang tampil mulus pada layarnya yang besar. Sementara, Split Screen View dapat mendukung hingga tiga layar.

 

Selain itu, taskbar dapat disembunyikan sementara agar tampilan layar jadi lebih imersif, notifikasi dapat diseret langsung menjadi layar baru, dan semua aplikasi dapat dilihat dalam layout berbentuk grid. Ini adalah beberapa perubahan yang dapat dinikmati oleh pengguna melalui update tersebut.

Multitasking Kini Lebih Mudah Melalui Taskbar

Perlu membuka artikel dan video secara bersamaan? Ingin menelusuri galeri foto sambil memonitor thread diskusi yang sedang berjalan? Android 12L membuat taskbar baru di Galaxy Tab S8 Series menjadi lebih seamless dan lebih responsif dari sebelumnya.

Kustomisasi taskbar dengan aplikasi favorit, dan tap di antara sesi yang sedang aktif secara mulus dan cepat. Taskbar ini juga akan mengingat dan menampilkan dua aplikasi yang terakhir digunakan, sehingga pengguna bisa dengan mudah kembali ke posisi terakhir ketika menggunakan aplikasi tersebut.

Perlu melihat beberapa aplikasi sekaligus? Cukup drag and drop dua atau tiga aplikasi utama dari taskbar untuk membagi layar dan melihat aplikasi-aplikasi tersebut secara berdampingan. Split screen juga dapat dilakukan dengan mengaktifkan opsi ‘Swipe for Split Screen’ melalui Galaxy Labs.

Ini adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna melakukan swipe dari kiri, kanan, atau bawah layar dengan dua jari untuk membuka aplikasi baru dalam tampilan split screen. Untuk kembali lagi ke home screen, pengguna cukup tap tombol home di taskbar.

Memaksimalkan Potensi Split Screen

Galaxy Tab S8 Series memiliki layar yang detail dan luas, dan update terbaru ini memudahkan pengguna untuk memaksimalkan dan melakukan kustomisasi pada tablet sepenuhnya. Hal ini tentunya membuka potensi produktivitas yang dimiliki tablet ini sebesar-besarnya.

Sekarang ada lebih banyak cara untuk menjalankan dan memanfaatkan split screen, baik itu untuk mengikuti obrolan di group chat sambil mencari rute ke tempat meet-up, atau ingin mengerjakan portofolio investasi dan memeriksa perubahan harga saham pada saat yang bersamaan.

Ketika notifikasi pop-up muncul, pengguna dapat memilih untuk langsung masuk ke full screen atau menyeret notifikasi itu ke sebelah aplikasi yang sedang aktif untuk langsung masuk ke Split Screen View. Itu semua dilakukan tanpa mengganggu aplikasi yang sedang dibuka.

Pengguna juga dapat menggunakan taskbar untuk menyimpan beberapa kelompok aktivitas dengan menyimpan App Pair favorit dalam sebuah folder. Jika satu layout split screen sedang digunakan untuk meriset produk baru yang ingin dibeli dan layout lainnya bisa digunakan untuk merencanakan liburan.

Selanjutnya, simpan kedua layout ini ke taskbar sebagai App Pair yang terpisah dan pengguna bisa mengakses keduanya bergantian sesuai kebutuhan. Split Screen View dapat mendukung multitasking dengan menampilkan hingga tiga aplikasi sekaligus.

Fitur Peek-Through Terbaru Membuat Pop-Over Transparan Saat Dibutuhkan

Pop-over sangat bermanfaat. Fitur ini memungkinkan pengguna menjadwalkan kegiatan, mengubah setting dan banyak lagi. Semua itu dapat dilakukan oleh pengguna tanpa perlu beralih layar. Namun, terkadang, pengguna perlu melihat sekilas aplikasi Samsung Calendar saat menambahkan acara.

Selain itu, pengguna juga mau mengintip to-do-list saat menulis reminder, dan pop-over terkadang dapat menghalangi pandangan. Dengan update terbaru ini, pengguna dapat “mengintip” melewati pop-over dengan menyentuh dan menahan layar di sekitarnya.

Ya! Cara ini akan mengubah pop-over menjadi transparan untuk sementara, sehingga pengguna dapat melihat aplikasi lain di belakangnya. Pop-over akan muncul kembali setelah pengguna mengangkat jari. Melalui cara sentuh dan tahan yang sederhana ini, perpindahannya bisa berjalan begitu mulus.

Lebih Banyak Aplikasi Dioptimalkan untuk Split Screen

Android 12L memperluas cakupan aplikasi pihak ketiga pada Galaxy Tab S8 Series dengan membuat semua aplikasi bisa dibuka dalam tampilan pop-up atau Split Screen View. Ini memastikan bahwa semua aplikasi bisa ditampilkan secara proporsional dan optimal pada layar yang lebih besar.

Melengkapi aplikasi-aplikasi yang sudah dioptimalkan sebelumnya, seperti Samsung Notes dan Google Meet, Android 12L memperkenalkan lebih banyak aplikasi pihak ketiga yang dirancang untuk diubah ukurannya dan beradaptasi dengan layar yang lebih besar.

Dalam beberapa bulan setelah update Android 12L, pengguna akan terus melihat lebih banyak aplikasi pihak ketiga yang dioptimalkan untuk pengalaman layar yang lebih luas ini. Baik saat diakses sendiri atau dilihat dalam Split Screen View, UI baru ini bakal meningkatkan produktivitas pengguna.

Nikmati Update Android 12L Sekarang

Nah! Bagi yang ingin mencicipi Android 12L, kalian bisa langsung membeli Galaxy Tab S8 Series. Tablet premium dari Samsung ini tersedia dalam varian WiFi yang dijual seharga Rp9.999.000. Ada juga Galaxy Tab S8 5G yang ditawarkan dengan harga Rp12.999.000.

Tak hanya itu,  juga meraksasa elektronik asal Korea Selatan ini juga masarkan Galaxy Tab S8+ 5G dan Tab S8 Ultra 5G. Bagi kalian yang tertarik dengan kedua tablet tersebut, Samsung menjualnya masing-masing dengan harga Rp16.999.000 dan Rp19.999.000.

Mau upgrade tablet lama kalian ke Galaxy Tab S8 Series? Samsung juga membuka penawaran trade-in, yang berlangsung hingga 31 Oktober 2022. Dapatkan penawaran menarik total hingga Rp5.900.000, berupa trade-in cashback hingga Rp2.000.000 dan bonus keyboard cover senilai Rp3.999.000.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer