Connect with us
ASUS Oled
Berita

Android 12 “Resmi Dirilis”, untuk Pixel akan Tiba Beberapa Minggu Lagi

Google telah mengungkapkan bahwa pembaruan Android 12 akan tiba di perangkat Pixel dalam beberapa minggu ke depan sementara perangkat dari pabrikan smartphone lainnya akan menerima pembaruan akhir tahun ini.

Updated

Google akhirnya menyelesaikan rilis stabil Android 12, versi terbaru dari sistem operasi Android. Namun, tidak seperti versi Android sebelumnya di mana pengumuman tersebut disertai dengan pemberitahuan pembaruan untuk perangkat yang memenuhi syarat yang dimulai dengan lini Pixel Google, hal itu tidak terjadi pada tahun ini.

Rilis versi Stable ini dikonfirmasi secara langsung dalam sebuah posting pada blog Android Developers. Dikatakan oleh Google bahwa mereka mendorong sumbernya ke Android Open Source Project (AOSP) dan secara resmi merilis versi terbaru Android.

Seperti pada beberapa versi Android sebelumnya, Google juga sudah menyelipkan banyak hal baru ke dalam Android 12. Ya! Bukan tanpa alasan, pasalnya Google memang selalu berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang lebih kepada para pengguna Android, dan kini Android 12 telah tiba.

Sebuah UI baru – Material You

Android 12 menghadirkan antarmuka pengguna yang didesain ulang dengan bahasa desain yang lebih baru. Google menyebutnya Material You. Pengguna akan melihat perubahan pada widget yang didesain ulang dan menampilkan sudut membulat, kontrol interaktif, serta warna dinamis.

Notification UI dan Stretch overscroll

Ada juga dukungan atau fitur Notification UI yang sudah diperbarui. Kini, tampilannya terlihat lebih modern dan notifikasi khusus dengan harga standar agar konsisten dengan notifikasi lainnya. Selain itu, Google juga meyertakan Stretch Overscroll. Ini sebuah fitur stretch terbaru yang telah ditambahkan untuk membuat scrolling lebih mulus.

App launch splash screens

Google, raksasa teknologi yang berbasis di Mountain View mengatakan bahwa mereka telah menambahkan splash screen untuk semua aplikasi di Android 12 dan pengembang aplikasi akan dapat lebih mudah untuk menyesuaikan splash screen sesuai keinginan.

Sistem dan kinerja yang lebih cepat, lebih efisien

Android 12 juga membawa peningkatan kinerja sistem. Menurut postingan pada blog Android Developers, waktu CPU yang digunakan oleh layanan sistem inti telah berkurang sebesar 22%, dan penggunaan inti besar sebesar 15%. Aplikasi juga memulai (start) dan memuat lebih cepat (load faster) berkat I/O yang dioptimalkan.

Untuk lebih meningkatkan pengalaman, Android 12 akan mencegah aplikasi memulai layanan latar depan saat berada di latar belakang.

Privacy

Akan ada dashboard privasi terbaru di Setting yang memungkinkan pengguna melihat aplikasi mana saja yang mengakses mikrofon, kamera, dan data lokasi. Android 12 juga telah menambahkan opsi bagi pengguna untuk memilih antara membagikan lokasi akurat mereka atau perkiraan lokasi dengan aplikasi.

Selan itu, pengguna juga akan melihat indikator di bilah status saat aplikasi memiliki akses ke mikrofon atau kamera. Ada juga opsi pada perangkat yang didukung bagi pengguna untuk mengaktifkan akses mikrofon dan kamera untuk suatu aplikasi.

Kapan pembaruan Android 12 akan tiba?

Google telah mengungkapkan bahwa pembaruan Android 12 akan tiba di perangkat Pixel dalam beberapa minggu ke depan sementara perangkat dari Samsung, OnePlus, OPPO, realme, Tecno, Vivo, dan Xiaomi akan menerima pembaruan akhir tahun ini.

Ada spekulasi bahwa keputusan Google untuk menunda rilis pembaruan karena ingin OS barunya itu untuk debut dengan seri Pixel 6. Jadi ada kemungkinan seri Pixel 6 akan diluncurkan terlebih dahulu sebelum pembaruan tiba untuk perangkat yang memenuhi syarat.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi vivo X70 Pro 5G

Dipasar Indonesia, vivo baru saja memperbarui lini X Series yang dimilikinya dengan meluncurkan vivo X70 Pro 5G. Smartphone ini datang...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Infinix ZERO X Pro

Dipasar Indonesia, Infinix baru saja memperkenalkan smartphone barunya yang masuk ke dalam lini ZERO. Ya! Smartphone tersebut adalah Infinix ZERO...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 10

Xiaomi secara resmi telah memboyong smartphone entry-level terbarunya ke pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah Redmi 10 yang datang sebagai "Jagoannya...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52s 5G

Meramaikan pasar smartphone 5G, Samsung membuat kejutan dengan meluncurkan Galaxy A52s 5G. Smartphone ini ditenagai Snapdragon 778G dan dijual seharga...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 GT

POCO kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan POCO X3 GT di pasar Indonesia. Smartphone ini dijual mulai dari harga Rp4.399.000 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Master Edition

Di pasar smartphone 5G, realme punya amunisi baru, yakni realme GT Master Editition. Smartphone ini sudah melenggang resmi di Indonesia...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO M3 Pro 5G

POCO secara resmi telah meluncurkan smartphone terbarunya di pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah POCO M3 Pro 5G yang ditenagai SoC...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8 5G

realme membuat kejutan di pasar smartphone 5G di Indonesia dengan meluncurkan realme 8 5G. Smartphone yang ditenagai Dimensity 700 ini...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer