Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Berita

AMD Luncurkan Ryzen 7000 Series Desktop dengan Arsitektur “Zen 4”

Platform AMD Socket AM5 baru dipadukan dengan prosesor PC desktop 5nm pertama di dunia untuk menghadirkan kinerja menakjubkan bagi para gamer dan konten kreator.

Updated

AMD kembali membuat kejutan dengan memperkenalkan jajaran prosesor Ryzen™ 7000 Series Desktop bertenaga arsitektur “Zen 4” terbaru. Prosesor ini menjanjikan akan membawa era performa tinggi ke tingkatan berikutnya untuk para gamer, enthusiast, dan konten kreator.

Menampilkan hingga 16 core, 32 thread, serta dibangun di atas teknologi fabrikasi node proses TSMC dengan 5 nm yang dioptimalkan, performa tinggi, prosesor Ryzen 7000 Series tentunya akan menghadirkan performa dominan dan efisiensi energi terdepan.

Dibandingkan generasi sebelumnya, AMD Ryzen 7950X memungkinkan peningkatan performa single-core hingga +29%, komputasi hingga 45% lebih kencang untuk pembuatan konten di POV Ray, performa gaming hingga 15% lebih kencang di judul-judul tertentu, dan performa per watt yang lebih baik hingga 27%.

“AMD Ryzen 7000 Series menghadirkan performa gaming terdepan, bertenaga luar biasa untuk
pembuatan konten, dan skalabilitas canggih dengan AMD Socket AM5 terbaru,” kata Saeid Moshkelani,
Senior Vice President and General Manager, Client Business Unit, AMD.

Ditambahkan oleh Saeid bahwa dengan prosesor Ryzen 7000 Series Desktop generasi berikutnya, AMD bangga untuk berkomitmen pada janjinya akan kepemimpinan dan inovasi berkelanjutan, memberikan pengalaman PC terbaik tak hanya bagi para gamer, tetapi juga untuk kreator.

Prosesor AMD Ryzen 7000 Series Desktop

AMD Ryzen 7000 Series sekali lagi menghadirkan peningkatan ganda IPC dua digit di atas “Zen 3”. Tentunya ini semakin memperkuat rekam jejak inovasi, eksekusi, dan arsitektur “Zen” yang beberapa kali telah menyabet banyak penghargaan di industri pengembangan prosesor.

CPU x86 5nm yang memiliki performa tinggi pertama di dunia, Ryzen 7000 Series memberikan kecepatan menakjubkan berkat arsitektur “Zen 4”. Ini adalah lonjakan terbaru dan terdepan dengan performa untuk pembuatan konten dan gaming.

AMD Ryzen 9 7950X 16-core menawarkan hingga 57% lebih baik performa pembuatan konten di V-Ray Render dibandingkan dengan kompetitor. Bahkan AMD Ryzen 5 7600X 6-core mampu menawarkan performa gaming rata-rata 5% lebih kencang di berbagai judul tertentu dibandingkan pesaing.

Peningkatan performa yang luar biasa juga disertai dengan kemajuan menakjubkan dalam efisiensi
energi. AMD Ryzen 7950X lebih hemat energi hingga 47% dibandingkan kompetitor. Selain core, Ryzen 7000 Series Processor menampilkan die I/O 6nm yang seluruhnya baru.

Hal ini memungkinkan video encode/decode dipercepat oleh hardware, pekerjaan grafis menjadi ringan, dan dukungan multi-display. Di seluruh CPU, sejumlah teknologi baru yang dimanfaatkan dari prosesor AMD mobile ultra-efisien memungkinkan Ryzen 7000 Series Desktop berjalan lebih efisien dari sebelumnya.

Prosesor Ryzen 7000 Series Desktop diharapkan akan tersedia secara global etailer dan retailer ternama
mulai 27 September, mulai dari SEP US$ 299.

Pembaruan AMD Socket AM5

Dengan diperkenalkannya prosesor Ryzen 7000 Series Desktop, AMD juga meluncurkan platform Socket AM5 terbaru, yang menawarkan fitur konektivitas canggih seperti memori DDR5 dual-channel. Platform AM5 juga mencakup hingga 24 jalur PCIe® 5.0.

Dukungan untuk teknologi baru dan berkembang seperti PCIe® Gen 5 dan memori DDR5 memberikan pengguna manfaat lebih dengan solusi Socket AM5, yang akan didukung AMD dengan ketahananplatform jangka panjang hingga tahun 2025 dan seterusnya.

Rangkaian motherboard Socket AM5 yang baru menampilkan empat chipset baru sesuai dengan pilihan,
memberikan pengguna fitur bertenaga dan fleksibilitas. Keempat fitur chipset tersebut adalah:

  • AMD X670 Extreme: Menghadirkan konektivitas terbaik dan kemampuan overclocking yang
    ekstrem 11 dengan dukungan PCIe 5.0 untuk grafis dan penyimpanan
  • AMD X670: Mendukung overclocking enthusiast dengan dukungan PCIe® 5.0 untuk
    penyimpanan dan dukungan grafis opsional
  • AMD B650E: Dirancang untuk pengguna performa dengan dukungan penyimpanan PCIe® 5.0
    dan dukungan grafis opsional
  • AMD B650: Dirancang untuk pengguna mainstream dengan dukungan untuk memori DDR5 dan dukungan PCIe® 5.0 opsional

Motherboard baru akan tersedia mulai dari SEP US$ 125, dengan chipset AMD X670 dan X670E yang
akan tiba di bulan September, dan chipset AMD B650E dan B650 di bulan Oktober.

Teknologi AMD EXPO™

Baru untuk prosesor Ryzen 7000 Series Desktop dan dioptimalkan untuk motherboard AMD Socket AM5 adalah teknologi AMD EXPO™. Teknologi akan memberi pengguna pengaturan profilke tingkat lanjutan untuk overclocking memori DDR511.

Ketika dioptimalkan untuk gaming berperforma tinggi, konsumen mendapatkan pengalaman performa gaming hingga 11% lebih kencang dengan teknologi AMD EXPO di F1® 2022. Teknologi ini juga dirancang untuk mencapai performa gaming yang lebih kencang dari profil overclocking pra-konfigurasi sebelumnya dan mudah diimplementasikan.

PC enthusiast yang ingin memahami detail yang lebih baik dari modul yang mendukung teknologi AMD EXPO dapat menemukan laporan sertifikasi mandiri publik, yang dengan jelas menguraikan tabel waktu lengkap modul, komponen, dan konfigurasi sistem yang digunakan untuk menyelesaikan spesifikasi memori.

AMD juga menawarkan teknologi EXPO kepada mitra memori industrinya tanpa royalti atau biaya lisensi. Teknologi AMD EXPO hadir di pasar bersama prosesor AMD Ryzen 7000 Series, dengan penawaran dari ADATA, Corsair, GeIL, G.SKILL, dan Kingston.

Lebih dari 15 kit memori yang mendukung teknologi AMD EXPO akan tersedia, dengan kecepatan memori hingga DDR5-6400.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer