Connect with us
ZenBook-13-14
Berita

3 Indonesia Antisipasi Kenaikan Trafik Data Ramadan dan Idul Fitri 2020

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ramadan hingga Lebaran biasanya bakal ada kenaikan trafik data. Nah! Salah satu operator telekomunikasi yang telah mengantisipasi hal itu adalah 3 (Tri) Indonesia.

Updated

Memasuki bulan suci Ramadan tahun ini, 3 (Tri) Indonesia memprediksi adanya lonjakan lalu lintas data sebesar 10% yang terjadi dari satu minggu sebelum bulan Ramadan dimulai, atau terjadi kenaikan sebesar 49% jika dibandingkan dengan periode Ramadan tahun lalu.

Prediksi kenaikan lalu lintas data yang signifikan ini cukup beralasan. Pasalnya saat ini kita terus didorong oleh imbauan pembatasan fisik oleh pemerintah yang memicu peningkatan penggunaan internet untuk mendukung kegiatan bekerja, belajar, beribadah, serta bersosialisasi dari rumah.

Tahun lalu, 3 Indonesia mencatat sebanyak 25% penggunanya di kota-kota besar di Indonesia melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idul Fitri. Namun, tahun ini, 3 Indonesia mencatat sebesar 8% penggunanya di kota besar sebagian telah berpindah dari business area ke residential area, dan sebagian lagi telah mudik sebelum Ramadan.

Diprediksi jumlah pemudik akan jauh berkurang pada tahun ini menyusul larangan mudik yang telah dikeluarkan pemerintah. Oleh sebab itu pada tahun ini, 3 Indonesia memfokuskan optimasi jaringannya di 216 point of interest (POI) yang terfokus pada daerah padat penduduk dan jalur transportasi logistik di seluruh Indonesia.

Secara lebih detail, terdapat 45 POI di Sumatera, 95 POI di Jabodetabek dan Jawa Barat, 41 POI di daerah Jawa lainnya, Bali, dan Nusa Tenggara, beserta 31 POI di Kalimantan dan Sulawesi. Penambahan 2.500 BTS juga dilakukan, serta penambahan kapasitas jaringan di 4.000 BTS di area padat penduduk.

Armada Cell on wheels (COW) juga dikerahkan untuk kebutuhan Idul Fitri. Langkah antisipasi ini merupakan bagian dari upaya 3 Indonesia untuk memastikan penggunanya mendapatkan koneksi terbaik selama menjalani Ramadan dan merayakan Idul Fitri di rumah.

“Seperti yang kita tahu, Ramadan tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan adanya imbauan pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, hingga imbauan tidak mudik,” ujar M. Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia.

Lebih lanjut Buldansyah memperkirakan akan ada peningkatan lalu lintas data yang lebih signifikan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, 3 Indonesia tetap memastikan bahwa layanannya akan maksimal memenuhi kebutuhan pelanggan selama Ramadan hingga Lebaran.

Tim teknik 3 Indonesia juga telah dan akan tetap memantau serta mengendalikan seluruh jaringan melalui Network Operation Center (NOC) selama 24/7. Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate juga telah melakukan kunjungan virtual ke NOC 3 Indonesia untuk memastikan segala persiapan.

“Kami mengapresiasi kunjungan Pak Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memastikan kesiapan kami dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasi pengguna selama bulan Ramadan,” tambah Buldansyah.

Selain mempersiapkan jaringan untuk Ramadan, 3 Indonesia juga senantiasa meningkatkan dukungannya terhadap upaya penanganan pandemi. 3 telah meningkatkan kualitas layanan di 121 rumah sakit rujukan COVID-19 di Indonesia dengan melakukan penambahan kapasitas jaringan.

“Kami berharap, melalui optimalisasi jaringan yang dilakukan oleh 3 Indonesia ini, pasien dan tenaga medis akan terhubung lebih baik dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman selama bulan suci ini hingga nanti Lebaran tiba,” pungkas Buldansyah.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP3 weeks ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer