Xiaomi Mi 5s Resmi Meluncur, Dijual Mulai Rp4 Jutaan

Tepat pada 27 September 2016, Xiaomi melahirkan dua pangeran barunya, Mi 5s dan Mi 5s Plus. Kedua smartphone dengan ukuran layar berbeda ini bakal meneruskan kiprah Mi 5 yang selama ini menjadi pemimpin smartphone tertinggi dari Xiaomi.

Xiaomi Mi 5s masih mengusung dimensi layar yang sama dengan Mi 5, yakni 5,5 inci. Resolusi layarnya juga masih sama-sama Full HD. Namun ada sedikit perbedaan pada sisi desain. Xiaomi Mi 5 dan Mi 5s sama-sama memiliki bagian melengkung di sisi belakangnya. Namun kini material yang digunakan bukan lagi kaca, melainkan full aluminium dengan hiasan garis antena.

mi-5s-02

Peningkatan paling terasa yang dibawa Mi 5s tentunya ada pada sisi hardware. Xiaomi membekali Mi 5s dengan prosesor tertinggi Qualcomm, yaitu Snapdragon 821. Prosesor ini ditemani pilihan RAM 3 GB dan storage 64 GB serta RAM 4 GB dan storage 128 GB. Kapasitas baterainya juga mengalami peningkatan menjadi 3.200 mAh dengan fitur Quick Charge 3.0.

Selain kinerja komputasi tinggi, daya jual Mi 5s juga ada pada kamera. Smartphone ini membawa kamera utama 12 MP dengan sensor Sony IMX378 yang memiliki aperture f/2.0. Kamera ini juga dilengkapi fitur PDAF, dual-LED flash, dan diklaim bisa menangkap gambar hingga 6o persen lebih terang dari iPhone 6s Plus. Sementara kamera depannya beresolusi 4 MP.

Di sisi depan Mi 5s masih memiliki tombol home bulat yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Namun sensor ini kini punya kecepatan lebih baik karena didukung teknologi ultrasonic. Xiaomi Mi 5s bakal dipasarkan dengan pilihan warna silver, gray, gold, dan rose gold. Varian RAM 3 GB dijual US$299 (Rp3,9 juta) sedangkan varian RAM 4 GB dijual US$344 (Rp4,5 juta).

(last edit: 28 September, 2016 / 7:11 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
78%
Mau
14%
Biasa Aja
5%
Payah!
3%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.