Connect with us
MaxProM1
Featured

20 Tips Trik iPhone XS dan XS Max yang Jarang Diketahui

Daftar lengkap beragam tips trik di Apple iPhone XS dan iPhone XS Max yang mungkin jarang diketahui.

Updated

Di bulan September lalu, Apple secara resmi memperkenalkan tiga buah smartphone terbaru penerus iPhone X, yakni iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. Tim DroidLime pun sempat terbang ke Singapura dan mengantre langsung di depan Apple Store untuk mendapatkan iPhone XS dan iPhone XS Max di hari pertama penjualan. Bagaimana prosesnya? Kalian bisa lihat video berikut ini: 23 JAM MENGEJAR IPHONE XS | Tidur di Depan Apple Store.

Setelah mencoba kedua iPhone selama beberapa minggu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips trik iPhone XS yang mungkin belum diketahui banyak orang. Karena masih satu saudara dengan iPhone X, beberapa tips berikut mungkin bisa digunakan di smartphone tersebut.

1. Cara screenshot

Cara mengambil screenshot di iPhone XS atau XS Max terbilang mudah. Cukup menekan tombol volume up dan tombol di sebelah kanan beberapa saat, secara otomatis tangkapan layar berhasil diambil.

2. Unlock dan Home Gesture

Jika iPhone XS adalah iPhone pertama kalian tanpa ada home button, mungkin harus terbiasa lebih dahulu dengan gesture yang ada. Untuk membuka kunci layar, cukup dengan swipe ke atas di Home bar dan secara otomatis akan masuk ke Home Screen.

3. Mengakses Control Center

Cara mengakses control center di iPhone XS cukup mudah, kalian hanya perlu swipe ke bawah di ujung kanan atas Notch. Di sana akan muncul shortcut setting yang biasa diakses pengguna iPhone.

4. Mengakses menu notifikasi

Untuk memunculkan menu notifikasi di iPhone XS hanya perlu swipe ke bawah di bagian notch.

5 Mengaktifkan Siri

Jika Google memiliki Google Assistant, Apple memiliki asisten digital serupa yang bernama Siri. Cara menggunakan Siri di iPhone XS cukup menahan tombol kanan iPhone, atau mengatakan Hey Siri.

6. App Switcher Gesture

Karena sudah menggunakan sistem gesture, untuk berpindah-pindah aplikasi bisa swipe up home bar hingga muncul daftar aplikasi yang berjalan. Jika ingin mematikan paksa aplikasinya (force close), pilih salah satu lalu geser hingga menghilang.

7. Swipe untuk Face ID

Meski Face ID di iPhone XS bisa dibilang yang paling canggih, bukan berarti tidak pernah mengalami kegagalan. Untuk melakukan scan ulang Face ID, cukup dengan swipe up di Home bar.

8. Muka kedua di Face ID

Di iPhone XS, pengguna bisa menggunakan dua muka berbeda untuk Face ID. Cara mengaktifkannya adalah dengan pergi ke menu Setting > Face ID & Passcode lalu pilih Set Up an Alternative Appearance.

9. Memunculkan tombol Home

Alternatif memunculkan tombol Home di iPhone XS series ada pada menu Accessibility feature. Caranya dengan masuk ke Settings > General > Accessibility > AssistiveTouch, lalu atur shortcut-nya, single tap, double tap, long press dan 3D Touch.

10. Membuat Memoji sendiri

Sejak Apple meluncurkan Animoji di iPhone X, pengguna dapat mengekspresikan wajah dengan beragam karakter animasi emoji. Di iPhone XS dan iOS 12, fitur ini semakin canggih karena bisa digunakan untuk membuat karakter Animoji sendiri.

11. Mengatur efek blur

Mode Potrait di iPhone XS memiliki sebuah fitur baru. Selain bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan latar belakang blur, terdapat fitur untuk mengedit tingkat blur setelah foto diambil. Caranya cukup pergi ke Photos, pilih salah satu foto Potrait mode dan klik Edit. Tingkat blurnya dapat diatur mulai aperture f/1.4 hingga f/16.

12. Merekam video 4K

Perekaman video di iPhone XS sudah mendukung audio dalam mode stereo, hanya saja secara deault resolusinya adala 1080p. Untuk mengubah menjadi 4K bisa pergi ke Settings > Camera > Record Video lalu ubah ke 4K.

13. Password manager

Jika kalian menggunakan LassPass atau 1Password untuk mengatur password di PC, kini iOS 12 sudah mendukung fitur auto-fill password dengan aplikasi pengingat kata sandi tersebut. Dengan begitu, kalian tidak perlu lagi mengetik ulang password saat ingin login ke suatu situs.

Cara menghubungkan iPhone XS dengan aplikasi password manager adalah dengan masuk ke Setting > Accounts & Passwords > AutoFill Passwords lalu klik enable.

14. Landscape mode di iPhone XS Max

iPhone XS Max memiliki layar cukup lebar, beberapa aplikasi sudah support dalam mode landscape. Sebagai contoh di aplikasi kalender, saat diubah ke mode landscape akan menjadi dua kolom. Lalu pada aplikasi Notes bisa scroll di sisi kiri dan melihat konten di sebelah kanan.

15. Casing iPhone X untuk iPhone XS

Percaya atau tidak, kalian bisa menggunakan casing iPhone X langsung di iPhone XS. Hal ini disebabkan karena dimensi kedua smartphone ini sama.

16. Foto RAW

Apple menyediakan fitur Smart HDR Mode untuk menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Sayangnya aplikasi kamera bawaan iPhone XS belum menyediakan fitur RAW. Untuk menyiasatinya, pengguna bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Halide atau VSCO.

17. Mengedit gambar

Setelah mengambil gambar RAW, selanjutnya adalah proses editing. Di sini kalian bisa menggunakan aplikasi buatan Google, yakni Snapseed untuk mengedit RAW di iPhone XS. Beberapa fitur unggulan di Snapseed meliputi exposure, highlights, saturation, contrast, structure, temperature, tint, drama hinga HDR. Selain Snapseed, aplikasi editing lain yang bisa dicoba ada Darkroom atau
Adobe Lightroom CC.

18. Apple Pay

Ingin melakukan pembayaran dengan menggunakan Apple Pay? Cukup menekan dua kali tombol di sisi kanan iPhone.

19. Siri Shortcuts

iPhone XS dengan iOS 12 memiliki fitur otomatisasi yang bernama Siri Shortcuts. Untuk mengaktifkannya, pergi ke menu Settings > Siri & Searcs > All Shortcut, di sana terdapat beragam tugas untuk menjalankan shortcut. Cukup merekam sebuah kalimat di Siri, maka saat kalimat tersebut terucap, Siri akan melakukan tugasnya.

20. Hard reset iPhone XS

Untuk memaksa restart perangkat iPhone XS yakni dengan menekan volume up + volume down + side button hingga muncul logo Apple.

Itulah beberapa tips trik iPhone XS dan iPhone XS Max yang untuk dicoba. Jika ada rekomendasi fitur lain yang belum tercantum di atas, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.