Connect with us
Tech News

Sony Xperia 1 Meluncur, Punya Layar OLED 4K dan SoC Snapdragon 855

Smartphone unggulan Sony terbaru aklhirnya resmi meluncur. Ya! Perangkat tersebut datang dengan nama Xperia 1. Punya layar OLED 4K, aspek rasio 21:9 dan di dalamnya sudah bercokol SoC Snapdragon 855 besutan Qualcomm.

Updated

Sony membuat kejutan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019. Ya! Raksasa elektronik asal Jepang ini membuat kejutan dengan memperkenalkan Sony Xperia 1 yang merupakan evolusi dari XZ Premium. Menariknya, Xperia 1 datang dengan layar OLED 4K dan aspek rasio 21:9.

Punya aspek rasio ekstra tinggi, smartphone ini juga dibekali dengan tiga kamera belakang yang memiliki resolusi 12 MP. Sensor utama menggunakan sensor 1/2,6 inci yang digabungkan ke lensa f/1.6 dengan Optical SteadyShot (OIS + EIS) dan autofokus Dual Pixel.

Dua sensor lainnya adalah telefoto 2x berukuran (52mm) dan lensa ultra-wide (16mm). Dukungan  autofokus telah diangkat dari divisi α. Selain itu, Sony juga memanfaatkan divisi lainnya, yakni CineAlta yang membantu menciptakan aplikasi Cinbema Pro.

Layarnya memiliki resolusi 3.849 x 1.644 piksel dan mendukung HDR (BT.2020). Sedangkan untuk urusan audio, Sony menawarkan pengalaman yang semakin ditingkatkan oleh DolbyAtmos yang berasal dari speaker stereo (speaker lubang suara ditambah speaker bawah).

Di sektor hardware, Sony mempercayai Snapdragon 855 sebagai otak dari Xperia 1. SoC yang dibenamkan juga telah dipasangkan dengan RAM sebesar 6 GB dengan opsi internal storage berkapasitas 64 GB dan 128 GB. Itu juga masih bisa diperluas via microSD hingga 512 GB.

Fitur lainnya yang turut dibenamkan oleh Sony ke dalam smartphone ini adalah mode Game Enhancer terbaru yang dapat mengatur keseimbangan antara kinerja dengan daya tahan baterai. Selain itu, ada juga fitur Pair, yakni pintasan yang membantu pengguna menjalankan dua aplikasi di layar.

Bagaimana dengan catu dayanya? Sony melengkapi Xperia 1 dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh yang di dalamnya sudah tertanam fitur Battery Care yang dikembangkan oleh Sony sendiri dan ada juga mode Smart Stamina. Smartphone ini juga mendukung USB Power Delivery.

Sony juga melengkapi smartphone ini dengan sertifikasi IP68 layaknya Xperia lawas dan perlindungan panel layar serta bodi belakang dengan Gorilla Glass 6. Ada pembaca sidik jari di samping dan kali ini terpisah dengan tombol Power (On/Off).

Baca juga

Sayangnya Sony masih enggan untuk berbicara soal harga smartphone unggulan terbarunya ini. Sony hanya mengatakan bahwa bahwa Xperia 1 akan segera tiba di toko-toko smartphone di akhir musim semi atau sekitar pertengahan tahun ini.

Comments

Populer