Segala Yang Perlu Anda Tahu Tentang Samsung Galaxy Note 7

Now Reading
Segala Yang Perlu Anda Tahu Tentang Samsung Galaxy Note 7

Sang raksasa smartphone kembali mengaum. Tugas Samsung untuk menetaskan dua smartphone flagship tahun 2016 kini sudah tuntas. Smartphone yang identik dengan stylus pintarnya, Galaxy Note, sudah resmi diumumkan secara global. Uniknya, generasi keenam dari Galaxy Note ini dinamakan Galaxy Note 7. Alasannya untuk memberikan kesan bahwa smartphone ini setara dengan Galaxy S7. Karena itulah Samsung memilih menggunakan angka 7, bukan 6.

Samsung Galaxy Note 7 adalah smartphone yang cukup mirip dengan Galaxy S7. Kemiripan ini bisa dilihat dari bentuk maupun fitur yang dibawanya. Samsung Galaxy Note 7 adalah seri Galaxy Note pertama yang sanggup menahan cipratan air atau bahkan tenggelam di dalamnya. Adapun sertifikasi yang dibawanya adalah IP68. Ketangguhan lain dari Galaxy Note 7 tercermin dari layarnya yang sudah dilapisi Gorilla Glass 5. Anda bisa mengetahui kehebatan Gorilla Glass 5 di sini.

Layar Galaxy Note 7 berdimensi 5,7 inci, terbuat dari panel Super AMOLED, membawa resolusi 2.560 x 1.440 piksel. Keistimewaan dari layar ini adalah fitur HDR yang biasanya hanya ada pada perangkat TV 4K. Sama seperti teknologi HDR pada kamera, HDR pada layar juga bisa meningkatkan kontras dan kecerahan tampilan.

Pada sisi hardware, tidak ada hal baru yang ditawarkan Samsung. Galaxy Note 7 membawa prosesor Qualcomm Snapdragon 820 atau Exynos 8890, sama seperti Galaxy S7. Kapasitas RAM-nya hanya 4 GB, bukan yang tertinggi untuk saat ini. Sedangkan storage-nya sejauh ini hanya tersedia satu pilihan kapasitas saja, yaitu 64 GB. Anda bisa menambahnya melalui slot microSD hingga 2 TB. Sementara baterainya lumayan besar dengan kapasitas 3.500 mAh.

note-7-06

Adapun hal baru yang dibawa oleh Samsung Galaxy Note 7 adalah port USB Type-C. Ya, ini adalah kali pertama Samsung menggunakan port USB baru ini pada lini smartphone-nya. Proses pengisian baterai pun makin cepat dengan adanya teknologi fast charging. Tidak ketinggalan, Samsung Galaxy Note 7 membawa dua sensor pemindai sekaligus, yaitu pemindai sidik jari (tombol home) dan pemindai retina mata di dekat kamera depannya.

Nah, bicara kamera, hardware yang digunakan lagi-lagi sama seperti Galaxy S7. Resolusi kamera utamanya 12 MP, sedangkan kamera depannya 5 MP. Kamera utamanya masih mengandalkan teknologi Dual-Pixel yang memiliki kecepatan tinggi dalam menangkap fokus foto. Kamera ini juga bisa merekam video hingga resolusi 2.160p.

note-7-05

Satu fitur paling penting sekaligus senjata utama dari Samsung Galaxy Note 7 adalah fitur S-Pen-nya. Samsung meningkatkan kemampuannya, dimana Anda kini bisa menerjemahkan kata atau kalimat di sebuah teks dengan mudah menggunakan S-Pen dengan pilihan 71 bahasa. S-Pen juga memiliki kemampuan magnifier atau kaca pembesar. Yang lebih ekstrem lagi, kini Anda bisa menulis di layar smartphone menggunakan S-Pen saat di dalam air.

Samsung Galaxy Note 7 bakal mengusung OS Android 6.0 Marshmallow dan tersedia dalam empat pilihan warna: black onyx, silver, gold platinum, dan blue coral. Amerika Serikat bakal jadi negara pertama yang kedatangan Galaxy Note 7 pada 19 Agustus 2016. Urusan harga, Samsung Indonesia bakal membanderolnya seharga Rp10.777.000.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
64%
Mau
16%
Biasa Aja
11%
Payah!
9%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
4 Comments
Leave a response

Leave a Response