Samsung Sematkan Teknologi Force Touch pada Galaxy S8?

Beberapa waktu lalu telah beredar bocoran mengenai fitur-fitur canggih yang akan hadir pada smartphone flagship terbaru Samsung Galaxy S8 yang salah satu satunya adalah asisten pribadi yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Ternyata terungkap lagi satu teknologi canggih yang akan hadir dalam smartphone ini, yakni Force Touch.

Teknologi ini sendiri sudah diterapkan oleh Apple sejak iPhone 6s yang diberi nama 3D Touch. Dengan tingkat sensitivitas tinggi memungkinkan penggunanya bisa mengakses shortcut menu pada aplikasi maupun fungsi yang tersedia . Tentu saja dengan bantuan teknologi ini memungkinkan penggunanya dapat mempersingkat aktivitas pada smartphone.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari suplier tidak dikenal Samsung mengatakan, “Samsung sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi sebagian teknologi Force Touch untuk Samsung Galaxy S8, namun akan mengadopsi secara penuh teknologi ini pada satu atau dua tahun mendatang. Ini hanya masalah waktu sebelum pengembang smartphone Android lainnya menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan pengalaman antarmukanya.”

Google sendiri telah memperkenalkan App Shortcut pada aplikasi Android Nougat yang memungkin pengguna smartphone dengan sistem operasi Android ini bisa mengakses shortcut menu dengan menekan ikon agak lama. Namun dengan adanya teknologi Force Touch mampu meningkatkan sensitivitas tekanan layar sehingga akan menampilkan shortcut menu hanya dengan sentuhan ringan terhadap ikon sekalipun.

Divisi komponen Samsung juga memberikan bocoran bahwa teknologi Force Touch akan hadir pada smartphone flagship buatannya dalam waktu dekat, meskipun memerlukan waktu agak lama dalam pengembangannya. Ini merupakan bocoran kedua yang mengisyaratkan bahwa Samsung Galaxy S8 akan menggunakan layar bertekanan sensitif. Untuk itu, mari kita tunggu saja kehadiran smartphone ini di awal tahun depan.

(last edit: 16 November, 2016 / 8:11 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
79%
Mau
7%
Biasa Aja
11%
Payah!
4%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.