5 Fitur Unggulan Samsung Galaxy J Pro

Belakangan ini Samsung terbilang getol memasarkan smartphone terbarunya, Samsung Galaxy J Pro di Indonesia. Tak main-main, iklannya pun hilir mudik di sejumlah stasiun televisi. Mengusung tagline "More Than Selfie", Samsung siap mendorong smartphone ini untuk berkompetisi dengan smartphone selfie yang sudah lebih dulu muncul di pasaran.

Harga Samsung Galaxy J Pro

Di Indonesia, lini Samsung Galaxy J Pro sudah beredar luas di pasaran, baik offline maupun online. Adapun harga Samsung Galaxy J5 Pro dipatok sekitar Rp3,5 juta. Sementara untuk varian yang lebih tinggi, harga Samsung Galaxy J7 Pro ada di kisaran Rp4 juta.

Perlu diketahui bersama, Samsung Galaxy J Pro yang bakal diperkenalkan di Indonesia ada dua seri, yakni Galaxy J5 Pro dan Galaxy J7 Pro. Sebenarnya Samsung juga memiliki seri Galaxy J Pro yang lebih rendah dari keduanya, yakni Galaxy J3 Pro. Namun, smartphone ini hanya muncul di pasar India dan sudah diperkenalkan sejak Juni 2016 lalu.

Membawa embel-embel "Pro", tentu saja tak sedikit orang yang penasaran dengan keunggulan Galaxy J5 Pro dan Galaxy J7 Pro. Apa saja senjata yang dibawanya sehingga bisa mencuri perhatian banyak pengguna gadget di Indonesia?

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 Pro

Harga

Rp3,6 jutaan

Status

Sudah dirilis (Juli 2017)

Bodi

146,2 x 71,3 x 8,0 mm, bobot 160 gram

Prosesor

Exynos 7870 octa-core 1,6 GHz

GPU

Mali-T830MP2

RAM

3 GB

Storage

32 GB, microSD up to 256 GB

Layar

Super AMOLED 5,2 inci (1.280 x 720 piksel)

Kamera

13 MP & 13 MP

Baterai

3.000 mAh

Sistem Operasi

Android 7.1

Jaringan

Dual-SIM 4G-LTE

Konektivitas

WiFi, Bluetooth, GPS

Interface

MicroUSB, jack audio 3,5 mm

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Pro

Harga

Rp4 jutaan

Status

Sudah diilis (Juli 2017)

Bodi

152,4 x 74,7 x 7,9 mm, 181 gram

Prosesor

Exynos 7870 octa-core 1,6 GHz

GPU

Mali-T830MP2

RAM

3 GB

Storage

32/64 GB

Layar

Super AMOLED 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

13 MP & 13 MP

Baterai

3.600 mAh

Sistem Operasi

Android 7.1 Nougat

Jaringan

Dual-SIM 4G LTE

Konektivitas

WiFi, Bluetooth, GPS

Interface

USB C, jack audio 3,5 mm

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Lainnya

Always-on Display

1. Obat narsis

j7 pro camera

Sesuai dengan tagline yang diusung, smartphone ini sejatinya datang dengan kualitas kamera depan yang digadang-gadang lebih bertenaga. Samsung Galaxy J5 Pro dan J7 Pro masing-masing mengandalkan kamera selfie dengan resolusi sama, yakni 13 MP plus aperture f/1.9. Sangat pas untuk menunjang kegiatan eksis dan narsis di media sosial.

Agar optimal baik siang maupun malam, kamera depan yang dibawanya juga telah dilengkapi dengan LED flash. Tak hanya itu, Samsung juga melengkapinya dengan beragam fitur keren, seperti kemampuan edit foto secara instan, stiker lucu untuk selfie maupun live vlog, dan masih banyak yang lainnya.

Penunjang live video

Bagaimana jika kamera depanmyaa dimanfaatkan untuk perekaman video? Tak perlu khawatir! Pasalnya Samsung melengkapinya dengan kemampuan merekam hingga resolusi Full HD. Bisa dipastikan, aktivitas live vlogging rasanya bakal mengasyikkan.

Lihat smartphone selfie lainnya

TipeUpdate harga
OPPO F3 PlusRp 6 jutaan
Vivo V5 Rp 3.2 jutaan
Vivo V5s Rp 3 jutaan

Meski kamera depan jadi jualan utamanya, kualitas kamera belakang Galaxy J5 Pro dan J7 Pro yang dikemas oleh pabrikan smartphone asal Korea Selatan ini juga tak bisa dianggap remeh. Baik Galaxy J5 Pro maupun J7 Pro sama-sama dilengkapi dengan kamera utama 13 MP dengan aperture yang sama pula, yakni f/1.7.

2. Desain segar

samsung galaxy j pro

Samsung Galaxy J Pro adalah smartphone dengan desain paling elegan dari seluruh smartphone J Series yang pernah dirilis Samsung. Bagaimana tidak, sudut melengkung dan bezel tipis di sisi samping memberikan kesan elegan yang ditampilkan. Bahkan sekilas tampangnya mirip dengan Samsung Galaxy S7.

Berbicara soal ukuran layar yang disematkan, Galaxy J7 Pro dirancang menggunakan layar Super AMOLED 5,5 inci. Sementara itu, Samsung Galaxy J5 Pro juga dikemas dengan layar Super AMOLED, namun ukurannya sedikit lebih kecil, yakni 5,2 inci.

Harga Samsung Galaxy terbaru

TipeUpdate harga
Samsung Galaxy J7 PrimeRp 2.8 jutaan
Samsung Galaxy J2 Ace Rp 1.6 jutaan
Samsung Galaxy A3 (2017) Rp 3.8 jutaan
Samsung Galaxy A5 (2017) Rp 4.8 jutaan
Samsung Galaxy A7 (2017) Rp 5.8 jutaan

Tombol fingerprint

Pada bagian depan, Samsung tetap meletakkan tombol fisik Home yang sudah terintegrasi dengan sensor fingerprint. Sementara, dibagian belakangnya ada kamera utama dan LED flash yang didesain secara vertikal serta garis antena yang didesain dengan unik.

Kami rasa, Samsung mendesain Galaxy J Pro dengan inovasi yang terbilang keren. Satu hal yang tak kalah menarik, desain kedua smartphone ini orisinil alias tak meniru bentuk smartphone lain. Menggenggamnya pun terasa sangat nyaman.

Smartphone Samsung Galaxy S Series

TipeUpdate harga
Samsung Galaxy S8Rp 10 jutaan
Samsung Galaxy S8+ Rp 12 jutaan

3. Kapasitas lega

j7 pro spec

Masuk ke dalam isi jeroannya, Samsung Galaxy J Pro memiliki spesifikasi hardware lega yang tercermin melalui kapasitas RAM, storage, dan baterainya. Keduanya telah dibekali dengan chipset Exynos 7870 yang dipadukan dengan RAM sebesar 3 GB. Untuk internal storage-nya masing-masing memiliki kapasitas yang sama, yakni 32 GB. Namun Galaxy J7 Pro juga punya versi 64 GB.

Lalu, bagaimana dengan catu dayanya? Samsung Galaxy J5 Pro diperkuat dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, sedangkan Galaxy J7 Pro membawa kapasitas lebih besar 600 mAh (3.600 mAh). Dengan kapasitas baterai sebesar itu, tentu saja pengguna tak perlu khawatir menggunakan smartphone ini untuk aktivitas sehari-hari.

4. Samsung Signal Max

samsung galaxy j pro camera

Bayangkan jika Anda sedang live streaming di media sosial, tiba-tiba sinyal smartphone mengalami ganguan atau hilang. Terdengar menyedihkan bukan? Nah! Samsung Galaxy J Pro sudah dilengkapi dengan fitur menarik yang diberi nama Signal Max.

Sekadar informasi untuk Anda, smartphone dengan fitur Signal Max dibekali komponen antena dan sebuah software khusus yang mampu memperkuat sinyal. Meskipun begitu, hal ini juga tergantung dengan ketersediaan dan area cakupan layanan dari provider yang Anda gunakan.

5. OS terbaru

j pro 02 1

Sebagai smartphone yang lahir di tahun 2017, Samsung sudah membekali Galaxy J5 Pro dan J7 Pro dengan sistem operasi Android 7.1 Nougat. Sistem operasi ini juga telah dibalut dengan UI khas Samsung. Namun jangan berharap kedua smartphone ini dilengkapi dengan asisten digital Bixby.

(last edit: 9 August, 2017 / 10:46 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
62%
Mau
18%
Biasa Aja
13%
Payah!
7%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.