Now Reading
Review Xiaomi Mi 5s Plus

Spesifikasi
Harga

Rp6,5 juta (64 GB)
Rp7,5 juta (128 GB)

Bodi

154,6 x 77,7 x 8 mm, 168 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 821 quad-core 2,35 GHz

GPU

Adreno 530

RAM

4/6 GB

Storage

64/128 GB

Layar

IPS 5,7 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

13 MP + 13 MP & 4 MP

Baterai

3.800 mAh

Sistem Operasi

MIUI 8 (Android 6.0.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer

Lainnya

Quick Charge 3.0
ClearSight camera

Xiaomi sangat produktif tahun ini. Di segmen smartphone, mereka sudah merilis flagship Mi 5 enam bulan lalu. Kini Xiaomi merilis Mi 5s dan Mi 5s Plus sebagai penerus Mi 5 yang membawa beberapa perubahan. Nah, kali ini kami sudah berhasil membawa pulang Xiaomi Mi 5s Plus untuk diuji. Berikut hasilnya!

Kelebihan

Bodi makin kokoh. Salah satu “penyakit” yang sering dikeluhkan pada Mi 5 adalah bodinya yang ringkih. Belajar dari hal itu, Xiaomi merancang Mi 5s Plus dengan bodi full metal. Mi 5s Plus lebih tebal dari Mi 5, juga lebih berat, dan tidak bakal mudah patah jika terjatuh.

mi-5s-plus-droidlime-01

Hardware tertinggi tahun ini. Xiaomi Mi 5s Plus membawa beberapa perubahan dari Mi 5, salah satunya ada pada sisi hardware. Ya, Mi 5s Plus termasuk smartphone dengan hardware tertinggi tahun 2016. Smartphone ini mengandalkan CPU quad-core Snapdragon 821 2,35 GHz, pilihan RAM 4 GB dan 6 GB, serta storage 64 GB atau 128 GB.

Hasil pengujian AnTuTu Benchmark yang kami lakukan menunjukkan skor 141 ribu poin. Skor ini lebih rendah dari yang diklaim oleh Xiaomi yang katanya bisa mencapai 164 ribu poin. Meski begitu, Mi 5s Plus tetap andal menjalankan game terbaru dengan grafis memukau. Performa multitasking-nya pun sangat baik.

Fingerprint cepat. Xiaomi menempatkan sensor fingerprint di sisi belakang Mi 5s Plus. Sensor ini tidak menggunakan teknologi ultrasonic seperti yang ada pada Mi 5s biasa. Namun kecepatan dan keakuratannya tidak mengecewakan. Tidak sampai 0,5 detik, sensor fingerprint-nya sudah bisa mengenali sidik jari Anda.

mi-5s-plus-droidlime-02

Speaker detail. Buat Anda yang hobi mendengarkan musik atau streaming video klip, Xiaomi Mi 5s Plus sangat bisa diandalkan. Pasalnya ada speaker dengan keluaran suara yang kencang dan juga detail. Lubang speaker ini terletak di bagian bawah dekat port USB Type-C. Kalau saja Mi 5s Plus dibekali speaker stereo, pasti akan lebih memuaskan lagi.

Bezel layar tipis. Untuk pertama kalinya, kami bisa nyaman melihat layar smartphone Cina. Jika biasanya smartphone Cina identik dengan adanya garis hitam tebal di dalam layar, tidak begitu dengan Xiaomi Mi 5s Plus. Garis hitam di smartphone ini memang ada, tapi tidak setebal biasanya.

mi-5s-plus-droidlime-10

Storage UFS 2.0. Belum banyak smartphone flagship yang menggunakan storage dengan jenis UFS 2.0 dan Xiaomi Mi 5s Plus adalah salah satunya. Kecepatan memori UFS 2.0 bisa tiga kali lebih baik dari microSD UHS. Hasilnya loading data atau pun melihat foto di galeri jadi terasa sangat cepat.

mi-5s-plus-droidlime-03

Baterai besar Quick Charge 3.0. Bukan yang paling besar, tapi sudah cukup besar. Kapasitas baterai 3.800 mAh yang dibawa Xiaomi Mi 5s Plus sudah lebih dari cukup untuk standar smartphone flagship. Kami mencatat baterai tersebut punya rata-rata screen-on-time lima jam.

Selain lumayan awet, baterai milik Mi 5s Plus bisa diisi dengan cepat berkat adanya teknologi Quick Charge 3.0 dari Qualcomm. Pengisian baterai dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 1,5 jam. Tapi jika sedang buru-buru, pengisian selama 30 menit bisa mengisi baterainya hingga 50 persen.

Kualitas kamera ada peningkatan. Banyak yang penasaran dengan penggunaan dua kamera belakang pada Xiaomi Mi 5s Plus. Adanya dua kamera di atas kertas bakal meningkatkan kualitas kameranya jika dibandingkan Mi 5. Dan kami pun setuju. Kualitas jepretan Mi 5s Plus memang lebih baik dari Mi 5, terutama saat kondisi cahaya kurang apik. Tapi jika mengharapkan peningkatan yang signifikan, Anda mungkin bakal kecewa.

Kekurangan

Desain tidak premium. Secara objektif kami menilai desain Xiaomi Mi 5s Plus tidak semenawan Xiaomi Mi 5. Pasalnya sisi belakangnya yang terbuat dari brushed metal tidak terlihat eksklusif dan sudah pernah digunakan oleh smartphone kelas menengah seperti Flash Plus 2 dan Xiaomi Redmi Pro.

mi-5s-plus-droidlime-04

Dual-camera hanya gimmick. Dibanding smartphone dual-camera lain seperti LG G5, iPhone 7 Plus, Huawei P9, atau Xiaomi Redmi Pro, dual-camera pada Mi 5s Plus adalah yang paling biasa. Pasalnya fungsi dual-camera ini hanya untuk meningkatkan reproduksi warna. Tapi sayangnya, perbedaan yang dihasilkan justru tidak terlihat signifikan.

mi-5s-plus-droidlime-05

Kesimpulan

Xiaomi Mi 5s Plus adalah smartphone monster dengan hardware terbaik tahun ini. Sebut saja CPU Snapdragon 821, RAM 6 GB, serta storage UFS 2.0 dengan kapasitas hingga 128 GB. Tapi di luar soal performa, Xiaomi Mi 5s Plus tidak begitu menawan, terutama dalam hal desain dan kemampuan dual-camera.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Performa komputasi Xiaomi Mi 5s Plus tergolong ganas, tapi desain dan performa dual-camera belakangnya kurang mengesankan.

Our Rating
User Rating
1 rating
You have rated this
Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
31%
Mau
41%
Biasa Aja
13%
Payah!
16%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan ASUS ZenFone 3. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
3 Comments
Leave a response
  • soni soyu
    November 9, 2016 at 1:45 am

    kalo mau beli mi5 s plus, pesannya yang bagus kemana ya? di karenakan banda aceh belum ada yang jual.

  • Johny koetsuji
    November 5, 2016 at 9:11 am

    Xiaomi terlalu cepet keluarin produk jadi belum sempat berkembang sudah ada yg baru dan selisih harga gak jauh beda… Coba sirklus hidup produk ya di perhatikan oleh xiaomi. Kan belum aja beli mi 5 family sudah ada mi note 2 dan mi mix.

  • Andry
    November 2, 2016 at 5:31 am

    Padahal ini jajaran flagship seri mi.. Tp segmentasi nya jd berantakan xiaomi.. Tetep cinta sm mi note 2 lah.. 😅

Leave a Response