Mengenal UFS, Kartu Memori Eksternal Pengganti MicroSD

Kartu memori eksternal atau microSD masih menjadi bagian vital dari sebuah industri smartphone saat ini. Beberapa smartphone flagship mungkin tidak begitu membutuhkannya karena memiliki internal storage mumpuni. Namun mayoritas smartphone menengah ke bawah masih membutuhkannya.

Keberadaan microSD sendiri sepertinya perlahan bakal mulai digantikan oleh UFS (universal flash storage). Pasalnya, Samsung baru saja memperkenalkan UFS pertamanya yang sekaligus menjadi UFS pertama di dunia yang tersedia di pasaran.

Tiga kali lebih kencang

ufs-speed

UFS menawarkan kecepatan jauh di atas microSD jenis UHS-I maupun UHS-II sekalipun. Rata-rata kecepatan menulis dan membaca dari sebuah microSD tertinggi saat ini yakni 90 MB/s dan 156 MB/s. Sedangkan UFS memiliki kecepatan tulis dan baca mencapai 170 MB/s dan 530 MB/s.

Perbedaan kecepatan yang menapai tiga kali lipat ini bakal berdampak pada performa smartphone. MicroSD selama ini bakal kesulitan dan cukup lama beroperasi ketika digunakan untuk merekam video dengan resolusi di atas 1.080p atau memotret dengan resolusi 16 MP ke atas. Hal ini bakal teratasi dengan adanya UFS.

Baterai lebih hemat

ufs-speed-02

Selain menawarkan kecepatan ekstra, kartu memori jenis UFS juga bisa membuat baterai smartphone lebih awet. Perlu diketahui, microSD rata-rata membutuhkan daya sekitar 2,9 Watt ketika beroperasi. Sementara UFS membutuhkan daya setengahnya, tepatnya 1,5 Watt saja.

Jika Anda sering menyimpan musik, foto, video, atau bahkan aplikasi dan game di microSD, maka konsumsi daya otomatis jadi lebih besar yang berdampak pada baterai yang boros. Nah, konsumsi daya dan baterai ini di atas kertas bisa lebih hemat hingga 50 persen ketika menggunakan UFS.

Mulai dijual tahun depan?

ufs-samsung

Saat ini Samsung memang sudah memperkenalkan UFS miliknya. Ada lebih dari satu kapasitas yang ditawarkan, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB. Namun Samsung belum memastikan berapa harganya serta kapan akan memasarkannya.

Yang jelas, keberadaan UFS tahun ini belum bisa diadopsi secara cepat. Banyak pengamat memprediksi UFS bakal mulai digunakan paling cepat tahun depan, itu pun untuk kalangan tertentu saja. Di tahun 2018 lah UFS diprediksi bakal mulai digunakan secara massal dan resmi menggantikan microSD.

(last edit: 11 July, 2016 / 9:31 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
82%
Mau
9%
Biasa Aja
6%
Payah!
3%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.