Connect with us
Asus ROG
Featured

Mengenal UFS, Kartu Memori Eksternal Pengganti MicroSD

Droidlime.com,

/

samsung ufs

Kartu memori eksternal atau microSD masih menjadi bagian vital dari sebuah industri smartphone saat ini. Beberapa smartphone flagship mungkin tidak begitu membutuhkannya karena memiliki internal storage mumpuni. Namun mayoritas smartphone menengah ke bawah masih membutuhkannya.

Keberadaan microSD sendiri sepertinya perlahan bakal mulai digantikan oleh UFS (universal flash storage). Pasalnya, Samsung baru saja memperkenalkan UFS pertamanya yang sekaligus menjadi UFS pertama di dunia yang tersedia di pasaran.

Tiga kali lebih kencang

ufs-speed

UFS menawarkan kecepatan jauh di atas microSD jenis UHS-I maupun UHS-II sekalipun. Rata-rata kecepatan menulis dan membaca dari sebuah microSD tertinggi saat ini yakni 90 MB/s dan 156 MB/s. Sedangkan UFS memiliki kecepatan tulis dan baca mencapai 170 MB/s dan 530 MB/s.

Perbedaan kecepatan yang menapai tiga kali lipat ini bakal berdampak pada performa smartphone. MicroSD selama ini bakal kesulitan dan cukup lama beroperasi ketika digunakan untuk merekam video dengan resolusi di atas 1.080p atau memotret dengan resolusi 16 MP ke atas. Hal ini bakal teratasi dengan adanya UFS.

Baterai lebih hemat

ufs-speed-02

Selain menawarkan kecepatan ekstra, kartu memori jenis UFS juga bisa membuat baterai smartphone lebih awet. Perlu diketahui, microSD rata-rata membutuhkan daya sekitar 2,9 Watt ketika beroperasi. Sementara UFS membutuhkan daya setengahnya, tepatnya 1,5 Watt saja.

Jika Anda sering menyimpan musik, foto, video, atau bahkan aplikasi dan game di microSD, maka konsumsi daya otomatis jadi lebih besar yang berdampak pada baterai yang boros. Nah, konsumsi daya dan baterai ini di atas kertas bisa lebih hemat hingga 50 persen ketika menggunakan UFS.

Mulai dijual tahun depan?

ufs-samsung

Saat ini Samsung memang sudah memperkenalkan UFS miliknya. Ada lebih dari satu kapasitas yang ditawarkan, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB. Namun Samsung belum memastikan berapa harganya serta kapan akan memasarkannya.

Yang jelas, keberadaan UFS tahun ini belum bisa diadopsi secara cepat. Banyak pengamat memprediksi UFS bakal mulai digunakan paling cepat tahun depan, itu pun untuk kalangan tertentu saja. Di tahun 2018 lah UFS diprediksi bakal mulai digunakan secara massal dan resmi menggantikan microSD.

Advertisement
Comments
Featured

POLLING: PIN, Pattern, Fingerprint, atau Face Unlock?

Published

on

security01
Sistem keamanan jadi sektor paling krusial di bidang teknologi, apalagi untuk sebuah perangkat pribadi seperti smartphone, PC, atau laptop. Data atau file jadi alasan utama mengapa sebagian besar perangkat dibekali sistem keamanan tertentu. Tentu, pengguna tidak ingin data-data pribadinya bocor dan diketahui oleh publik. Senada dengan hal itu, smartphone jadi salah satu perangkat yang kian mengalami peningkatan kemampuan dalam bidang keamanan. Mulai dari sistem keamanan yang sangat sederhana hingga sistem keamanan yang super canggih. Di antara beragam pilihan sistem keamanan smartphone di bawah ini, mana yang menjadi favorit Anda? PIN & password Sekitar tahun 2000-an muncul sejumlah ponsel pintar atau...
Continue Reading
Featured

7 Aplikasi Android “Rahasia” Buatan Google yang Sangat Berguna

Published

on

aplikasi berguna buatan google banner
Android menjadi salah satu sistem operasi mobile terbesar saat ini. Lewat layanan Google Play Store, Anda dapat menemukan beragam aplikasi dan game menarik buatan para developer yang bisa di-download secara gratis. Sebagai pencipta Android, Google ternyata juga membuat banyak aplikasi gratis yang menarik untuk dicoba. Dari banyaknya aplikasi Android buatan Google yang sudah tercipta, berikut adalah beberapa aplikasi "rahasia" alias yang tidak banyak orang tahu yang terbukti berguna dalam kehidupan sehari-hari. 1. Wallpapers Seperti judulnya, di aplikasi Wallpaper ini Anda akan menemukan beragam wallpaper keren yang bisa digunakan di homescreen maupun lockscreen smartphone. Tema wallpaper-nya pun beragam, seperti landscape, seascape,...
Continue Reading
Featured

5 Alasan untuk Membeli Nokia 8

Published

on

nokia8droidlime06
Nokia benar-benar menepati janjinya untuk comeback. Bukan cuma comeback bikin smartphone, tapi juga comeback ke Indonesia, sebagai salah satu pasar paling menjanjikan di Asia. Setelah lebih dulu memboyong Nokia 3310, Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6, akhirnya giliran flagship tertingginya, Nokia 8 yang diangkut ke Indonesia. Dan saat ini, kami baru aja kedatangan unit Nokia 8. Finally kami bisa juga nyobain smartphone satu ini walaupun baru sebentar aja. Kami yakin banyak di antara kalian yang cukup tertarik dengan Nokia 8 dan punya pertanyaan terpendam, apakah smartphone satu ini layak dibeli? Langsung saja tidak pakai basa-basi, buat Anda yang galau antara...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer