Connect with us
FX507Z
Review

Review Nintendo Switch: Konsol Hybrid

Updated

Nintendo sempat tertinggal setahun belakangan dengan rival beratnya, Sony dan Microsoft. Konsol Nintendo Wii U sudah tidak mampu bersaing dengan PlayStation 4 dan Xbox One. Karenanya, Nintendo berinisiatif untuk melahirkan konsol baru untuk menjadi penerus Wii U. Sekarang konsol ini sudah dirilis dan dikenal dengan nama Nintendo Switch.

Kelebihan

Gaming dimana saja. Nama Nintendo Switch dipilih untuk menggambarkan bentuk konsol yang dapat diubah. Dengan Nintendo Switch kita dapat bermain game dimana saja kita mau. Tak melulu harus di depan TV, kita bisa main di luar rumah, di toilet, di mall, atau bahkan saat di perjalanan.

Hal ini dikarenakan Nintendo Switch sebenarnya adalah sebuah tablet. Sisi kiri dan kanan tablet ini bisa dipasangkan dengan kontroler bernama joycon. Jadi kita bisa menggunakannya layaknya handheld PS Vita. Atau kita bisa melepas joycon dan meletakkan tablet di atas meja. Atau kita juga bisa bermain menggunakan TV melalui docking station yang disertakan.

Gameplay inovatif. Sudah menjadi tradisi Nintendo melahirkan perangkat game yang kreatif dan inovatif. Entah itu Wii, Wii U, atau pun handheld 3DS, semuanya menawarkan cara bermain yang asyik. Pun begitu dengan Nintendo Switch. Perangkat ini bisa dimainkan dengan cara klasik menggunakan kontroler. Tapi ada juga game yang mengharuskan kita menggerakkan badan secara aktif saat bermain.

Joycon ajaib. Yang bikin Nintendo Switch beda dari yang lain adalah kontroler bernama Joycon. Dengan bentuknya yang super mini, Joycon ternyata bisa digunakan untuk bermain dengan banyak cara. Kontroler ini dilengkapi sensor cahaya, accelerometer, gyroscope, dan vibrator sehingga bisa mendeteksi pergerakan kita ketika bermain game tertentu yang mengharuskan kita bergerak.

Selain itu, Joycon bisa digunakan terpisah masing-masing di tangan kiri dan kanan, ditempelkan di kedua sisi tablet, atau digunakan layaknya kontroler game pada umumnya. Caranya yakni dengan memasangkan grip khusus yang sudah disertakan dalam paket penjualannya.

Tetap nyaman. Di luar dugaan, kontroler Joycon yang punya bentuk super mungil ternyata menawarkan kenyamanan yang baik. Mau dipasangkan dengan grip atau tidak, Joycon bisa memfasilitasi kegiatan gaming kita dengan optimal. Termasuk saat digunakan bermain game yang mengharuskan kita bergerak, Joycon bisa membaca gerakan kita dengan cepat dan akurat.

USB Type-C. Kami cukup salut pada Nintendo yang mau dan rela menggunakan port USB Type-C untuk Switch. Seperti yang kita tahu, port Type-C sudah mulai banyak digunakan di smartphone terbaru saat ini. Karenanya kita bisa menggunakan charger universal atau charger smartphone jika sewaktu-waktu lupa membawa charger Switch.

Kekurangan

Layar kurang maksimal. Seabagai perangkat gaming yang dirancang untuk bisa digunakan dimana saja, layar tablet Nintendo Switch nyatanya tidak cukup superior. Layar tersebut masih menggunakan panel LCD yang dapat memantulkan bayangan dengan jelas sehingga bakal mengganggu tampilannya saat bermain di luar ruangan.

Miskin game AAA. Game AAA yang dimaksud di sini adalah game kualitas super. Bahkan saat dirilis, jumlah game yang tersedia untuk Nintendo Switch tak sampai sepuluh judul. Untuk tiga bulan ke depan, kami pun masih belum melihat judul-judul game keren yang bakalk tersedia. Bisa dibilang, game-game yang bakal dirilis sejauh ini adalah game indie.

Bukan tablet multimedia. Tidak seperti PS Vita, Nintendo Switch sama sekali tidak bisa digunakan untuk keperluan di luar game. Tanpa browser dan media player, kita tidak bisa menggunakannya untuk browsing atau menonton video dan mendengar musik. Ya, cukup menyedihkan memang.

Kesimpulan

Nintendo Switch menawarkan pengalaman bermain game yang tidak terbatas oleh tempat. Kita bisa bermain di rumah menggunakan TV atau  bermain on-the-go di luar rumah. Dimana pun kita bermain, kita akan mendapatkan kesenangan yang sama.

Nintendo Switch juga menawarkan beragam cara bermain yang terkadang mengharuskan kita menggerakkan anggota tubuh. Kalau saja ke depannya Nintendo bisa menggandeng banyak developer untuk menyediakan banyak judul game, kami rasa Switch bisa menjadi handheld atau konsol yang menarik bagi para gamer casual.

Video review

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer