Connect with us
UX370-JOE
Review

Review Nintendo Switch: Konsol Hybrid

Droidlime.com,

/

switch droidlime 03

Nintendo sempat tertinggal setahun belakangan dengan rival beratnya, Sony dan Microsoft. Konsol Nintendo Wii U sudah tidak mampu bersaing dengan PlayStation 4 dan Xbox One. Karenanya, Nintendo berinisiatif untuk melahirkan konsol baru untuk menjadi penerus Wii U. Sekarang konsol ini sudah dirilis dan dikenal dengan nama Nintendo Switch.

Kelebihan

Gaming dimana saja. Nama Nintendo Switch dipilih untuk menggambarkan bentuk konsol yang dapat diubah. Dengan Nintendo Switch kita dapat bermain game dimana saja kita mau. Tak melulu harus di depan TV, kita bisa main di luar rumah, di toilet, di mall, atau bahkan saat di perjalanan.

switch droidlime 08

Hal ini dikarenakan Nintendo Switch sebenarnya adalah sebuah tablet. Sisi kiri dan kanan tablet ini bisa dipasangkan dengan kontroler bernama joycon. Jadi kita bisa menggunakannya layaknya handheld PS Vita. Atau kita bisa melepas joycon dan meletakkan tablet di atas meja. Atau kita juga bisa bermain menggunakan TV melalui docking station yang disertakan.

Gameplay inovatif. Sudah menjadi tradisi Nintendo melahirkan perangkat game yang kreatif dan inovatif. Entah itu Wii, Wii U, atau pun handheld 3DS, semuanya menawarkan cara bermain yang asyik. Pun begitu dengan Nintendo Switch. Perangkat ini bisa dimainkan dengan cara klasik menggunakan kontroler. Tapi ada juga game yang mengharuskan kita menggerakkan badan secara aktif saat bermain.

switch droidlime 11

Joycon ajaib. Yang bikin Nintendo Switch beda dari yang lain adalah kontroler bernama Joycon. Dengan bentuknya yang super mini, Joycon ternyata bisa digunakan untuk bermain dengan banyak cara. Kontroler ini dilengkapi sensor cahaya, accelerometer, gyroscope, dan vibrator sehingga bisa mendeteksi pergerakan kita ketika bermain game tertentu yang mengharuskan kita bergerak.

switch droidlime 04

Selain itu, Joycon bisa digunakan terpisah masing-masing di tangan kiri dan kanan, ditempelkan di kedua sisi tablet, atau digunakan layaknya kontroler game pada umumnya. Caranya yakni dengan memasangkan grip khusus yang sudah disertakan dalam paket penjualannya.

Tetap nyaman. Di luar dugaan, kontroler Joycon yang punya bentuk super mungil ternyata menawarkan kenyamanan yang baik. Mau dipasangkan dengan grip atau tidak, Joycon bisa memfasilitasi kegiatan gaming kita dengan optimal. Termasuk saat digunakan bermain game yang mengharuskan kita bergerak, Joycon bisa membaca gerakan kita dengan cepat dan akurat.

switch droidlime 02

USB Type-C. Kami cukup salut pada Nintendo yang mau dan rela menggunakan port USB Type-C untuk Switch. Seperti yang kita tahu, port Type-C sudah mulai banyak digunakan di smartphone terbaru saat ini. Karenanya kita bisa menggunakan charger universal atau charger smartphone jika sewaktu-waktu lupa membawa charger Switch.

switch droidlime 09

Kekurangan

Layar kurang maksimal. Seabagai perangkat gaming yang dirancang untuk bisa digunakan dimana saja, layar tablet Nintendo Switch nyatanya tidak cukup superior. Layar tersebut masih menggunakan panel LCD yang dapat memantulkan bayangan dengan jelas sehingga bakal mengganggu tampilannya saat bermain di luar ruangan.

switch droidlime 10

Miskin game AAA. Game AAA yang dimaksud di sini adalah game kualitas super. Bahkan saat dirilis, jumlah game yang tersedia untuk Nintendo Switch tak sampai sepuluh judul. Untuk tiga bulan ke depan, kami pun masih belum melihat judul-judul game keren yang bakalk tersedia. Bisa dibilang, game-game yang bakal dirilis sejauh ini adalah game indie.

switch droidlime 05

Bukan tablet multimedia. Tidak seperti PS Vita, Nintendo Switch sama sekali tidak bisa digunakan untuk keperluan di luar game. Tanpa browser dan media player, kita tidak bisa menggunakannya untuk browsing atau menonton video dan mendengar musik. Ya, cukup menyedihkan memang.

Kesimpulan

Nintendo Switch menawarkan pengalaman bermain game yang tidak terbatas oleh tempat. Kita bisa bermain di rumah menggunakan TV atau  bermain on-the-go di luar rumah. Dimana pun kita bermain, kita akan mendapatkan kesenangan yang sama.

Nintendo Switch juga menawarkan beragam cara bermain yang terkadang mengharuskan kita menggerakkan anggota tubuh. Kalau saja ke depannya Nintendo bisa menggandeng banyak developer untuk menyediakan banyak judul game, kami rasa Switch bisa menjadi handheld atau konsol yang menarik bagi para gamer casual.

Video review

Advertisement
Comments
Review

Review Honor 9 Lite: Harga Murah Desain Mewah

Published

on

review honor 9 lite 1
Tepat di penghujung Maret 2018 lalu, Honor secara resmi memperkenalkan tiga smartphone terbaru mereka di Indonesia, antara lain Honor 9 Lite, Honor View 10 dan Honor 7X. Saat ini kamipun berkesempatan untuk menguji dan mencoba lebih detail salah satu produknya, yaitu Honor 9 Lite. Seperti apa ketangguhan smartphone yang dibuat untuk segmen entry-level ini? Berikut adalah review lengkapnya. Review Honor 9 Lite Desain Termasuk dalam golongan smartphone entry-level, desain yang dibawa Honor 9 Lite cukup ciamik dibanding smartphone kebanyakan. Selain itu bodinya juga cukup enak digenggam dan ringan karena bobotnya hanya 149 gram. Menggunakan material yang terlihat seperti kaca, memungkinkan...
Continue Reading
Review

Review Garmin vivoactive 3: Teman Berolahraga

Garmin vivoactive 3 dirancang untuk memacu semangat Anda untuk rajin berolahraga, khususnya lari dan berenang.

Published

on

DSC00771
Mendengar nama Garmin, tentu akan mengingatkan kita dengan perangkat GPS. Tapi jangan salah, Garmin tak melulu memproduksi GPS. Wearable device lainnya yang juga diproduksi oleh Garmin adalah perangkat kebugaran, salah satunya smartwatch. Desain konvensional Nah, smartwatch kepunyaan Garmin yang kali ini mampir ke meja DroidLime adalah vivoactive 3. Bicara soal desain, vivoactive 3 jujur saja memang terlihat tak semenarik smartwatch Android Wear. Justru kami melihatnya seperti jam tangan biasa yang banyak beredar di pasaran. Bentuknya bulat, stainless steel yang menjadi bezelnya begitu terlihat mencolok. Ada ukiran garis yang memberi kesan sebagai penunjuk waktu konvensional. Praktis smartwatch ini mungkin bakal menarik...
Continue Reading
Review

Review ASUS ZenFone Max Plus: Lebih Modern

ZenFone Max Plus cukup menggoda berkat hadirnya dual-camera, layar 18:9, dan tentunya baterai besar.

Published

on

maxplus14
Satu lagi smartphone baru dari keluarga ZenFone Max yang dibawa ASUS ke Indonesia. Namanya ZenFone Max Plus. Dan nilai plus-nya ada pada layarnya yang sekarang lebih minim bezel dengan rasio 18:9. Desain Masih mengusung embel-embel “Max” ternyata ASUS banyak melakukan perubahan pada ZenFone Max Plus dibandingkan seri terdahulunya. Perubahan paling frontal ada pada layar penuh 18:9 yang terlihat lebih ciamik. Ukuran layarnya 5,7 inci dengan resolusi HD+. Walaupun layarnya besar, smartphone ini dipastikan tetap nyaman digenggam dengan satu tangan karena memiliki bodi berukuran 5,2 inci. ASUS juga membekali Max Plus dengan desain kaca 2,5D, jadi terlihat lebih kece. Sekarang sensor...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer