Connect with us
Asus Zenfone 4 Selfie

Featured

Potret Malam Kota Tua Jakarta dari Lensa Samsung Galaxy S7

Published

on

s7 kota tua

Samsung Galaxy S7 series adalah satu-satunya keluarga smartphone flagship Android yang sudah tersedia secara resmi di Indonesia, setidaknya untuk saat ini. Ada banyak alasan yang dilontarkan orang-orang yang menjadi penyebab mengapa mereka membeli smartphone ini.
aff i?offer id=2885&aff id=1267
Ada yang membeli karena desainnya yang elegan, ada yang membeli karena performanya yang kencang, ada pula yang membeli karena ingin merasakan teknologi Dual Pixel pada kameranya. Pasalnya memang banyak yang penasaran dengan kualitas kamera Samsung Galaxy S7 series. Dibanding Samsung Galaxy S6 series yang punya kamera 16 MP, kamera Galaxy S7 justru hanya beresolusi 12 MP.

Jagonya motret minim cahaya?

Kami pun termasuk salah satu yang penasaran akan kemampuan kamera Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge. Namun memotret di kondisi cukup cahaya sepertinya tidak terlalu menantang karena hasilnya dipastikan bakal luar biasa tajam. Untuk itulah kami memutuskan memotret di malam hari dimana kondisi ini biasanya kurang bersahabat bagi kamera smartphone.

dayshot-s7-20

Kami pun berinisiatif untuk jalan-jalan malam sambil memotret di kawasan sentral Jakarta yang sudah sangat dikenal, yakni Kota Tua. Kami melakukan perjalanan menggunakan motor dari arah Permata Hijau melewati daerah Taman Anggrek dan Cideng. Di area Taman Anggrek, kami sempat berhenti untuk memotret LED raksasa dari pinggir jalan raya.

nightshot-s7-07

Selanjutnya, saat di perjalanan, kami juga coba-coba memotret kondisi jalan raya dari motor yang melaju dengan kecepatan sekitar 40km/jam. Hasilnya di luar dugaan terbilang memuaskan karena foto sangat minim blur. Padahal dengan kondisi cahaya minim plus kendaraan yang bergerak, sangat sulit menghasilkan gambar yang fokus. Namun dengan mode auto, blur yang dihasilkan tergolong minim.

nightshot-s7-08

Menikmati Kota Tua di malam hari

Tidak bisa dimungkiri, kawasan Kota Tua sudah menjadi objek wisata dalam kota yang begitu memikat. Seperti namanya, kawasan Kota Tua memiliki beberapa bangunan tua yang iconic sekaligus menjadi gambaran kota Jakarta tempo dulu. Meski asyik juga untuk dikunjungi di siang hari, namun Kota Tua lebih ramai di malam hari, terutama karena ada pasar malam.

Pasar malam ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya kita lebih terbiasa untuk berjalan-jalan di pusat perbelanjaan yang rapi, bersih, dan nyaman. Namun sensasi berjalan menyusuri para pedagang pasar malam dengan bergam jenis dagangan adalah hal yang mulai jarang ditemukan saat ini.

nightshot-s7-03

Kami pun tiba di Kota Tua sekitar pukul 21.00 WIB. Suasananya ramai, baik oleh para pedagang pasar malam maupun orang-orang yang datang berkunjung. Tidak membuang banyak waktu, kami langsung mengabadikan beberapa gambar yang menjadi ciri khas kawasan Kota Tua. Anda bisa melihat beberapa fotonya melalui galeri di bawah ini. Seluruh foto kami ambil menggunakan kamera Samsung Galaxy S7 edge dengan kombinasi mode auto dan pro.

nightshot-s7-10

Dari pengalaman kami mengabadikan beberapa foto malam hari di atas, kamera Samsung Galaxy S7 bisa dibilang mumpuni. Bahkan dengan mode auto, foto di kondisi minim cahaya pun terlihat terang dengan noise yang minim. Apabila ingin lebih tajam lagi, kita bisa menggunakan mode pro dengan mengatur dynamic range, shutter speed, serta mengaktifkan mode HDR. Sebagai tambahan informasi, foto-foto di atas sudah kami kompres dari resolusi aslinya yang tentunya berukuran sangat besar.

Comments

Featured

Cara Install Kamera Google Pixel 2 di Xiaomi Redmi 5A

Published

on

redmi5avpixel2

Seperti yang sudah kami beritahu sebelumnya, saat ini Google Kamera sudah berhasil diporting dan beberapa smartphone pun sudah bisa menjalankan kamera tersebut secara maksimal.

Kami pun sudah mencoba beberapa smartphone untuk menjalankan modifikasi Google Camera dari Pixel 2 ini. Saat kami mencoba kamera tersebut di smartpone entry level terbaru Xiaomi Redmi 5A, secara mengejutkan ternyata modifkasi Google Camera sukses terinstall dan berjalan dengan baik.

Adapun fitur-fitur unggulan seperti HDR dan bokeh (potrait) untuk kamera depan dan belakang bisa digunakan tanpa hambatan. Meski begitu efek blur hanya akan muncul saat membidik objek wajah manusia saja.

Jika Anda adalah salah satu pengguna Xiaomi Redmi 5A dan ingin mencoba Google Camera ala Pixel 2 di smartphone tersebut. Kali ini kami ingin memberikan panduan lengkap untuk melakukannya.

Install Google Camera di Redmi 5A

Wajib Unlock Bootloader

install google camera di redmi 5a 2

Untuk bisa menginstall dan menjalakan modifikasi Google Camera di Redmi 5A dengan lancar bukanlah perkara mudah, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Pertama pastikan smartphone Redmi 5A sudah dalam keadaan unlock bootloader dan ter-root. Kedua, Anda juga harus enable Camera2 API. (Catatan: lakukan dengan menanggung risiko sendiri).

Cara Install

install google camera di redmi 5a 1

Setelah syarat-syarat sudah terpenuhi, Anda harus men-download Google Camera Modifikasi dan install seperti biasa di Redmi 5A. Setelah ter-install, jangan lupa untuk memberikan izin agar kamera tersebut bisa beroperasi.

Masuk ke menu Setting > B-S-G MOD Setting dan ubah Model menjadi Pixel XL, Config camera HDR+ menjadi Pixel 2016 Zsl HDR dan HDR+ parameters Medium. Aktifkan juga Compress RAW (*.DNG), Potrait mode on all models dan SmartBurst enable.

Jika semua pengaturan sudah dilakukan, selanjutnya tutup dan buka kembali aplikasi Google Camera. Secara otomatis akan muncul mode potrait di tampilan kamera.

Berikut ini adalah contoh foto yang diambil dengan aplikasi modifikasi Google Camera dengan mode Potrait  dan HDR+ di smartphone Xiaomi Redmi 5A.

install google camera di redmi 5a 13 install google camera di redmi 5a 14 install google camera di redmi 5a 15 install google camera di redmi 5a 16

install google camera di redmi 5a 12install google camera di redmi 5a 11

 

Perlu diingat, hasil foto dengan menggunakan Google Camera memiliki ukuran lebih besar dibanding aplikasi kamera Xiaomi. Jadi pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup agar bisa menghasilkan banyak foto dan jika Anda senang bereksperimen sebaiknya coba config lainnya untuk mendapatkan hasil maksimal. Selamat mencoba!

Continue Reading

Featured

Cara Menambahkan Watermark “Shot On” di Semua Smartphone Android

Published

on

cara menambahkan watermark shot on di semua smartphone

Apakah Anda pernah melihat watermark “Shot On” pada sebuah foto yang diambil menggunakan kamera smartphone? Watermark tersebut umumnya hadir untuk smartphone kelas menengah hingga flagship yang diproduksi sejak 2017.

Jika smartphone Anda belum mendukung fitur watermark Shot On saat mengambil gambar, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya saat ini sudah ada aplikasi Android yang memungkinkan Anda untuk menambahkan sendiri watermark tersebut disetiap foto yang anda ingin bagikan.

Di sini, kami akan memberikan panduan untuk membahkan watermark Shot On di semua smartphone Android. Sebelum memulai melakukannya, download dulu aplikasi ShotOn dan install seperti biasa di smartphone Android yang Anda gunakan.

Setelahnya segera buka aplikasinya, lalu pilih gambar atau foto yang ingin Anda tambahkan watermark. Anda juga bisa meng-crop gambar tersebut sesuai kebutuhan.

cara menambahkan watermark shot on di semua smartphone 1

Klik tombol Edit (icon pensil) untuk menambahkan tulisannya. Di bagian Mobile Name untuk nama smartphone dan Clicked By di isi dengan nama Anda sendiri. Selain ikon standar, ada 23 ikon lain yang bisa dipilih untuk memaksimalkan tampilan watermark.

cara menambahkan watermark shot on di semua smartphone 2

Jika merasa watermark terlalu kecil, Anda bisa mengubah ukurannya di bagian adjustment. Terdapat dua pengaturan yang bisa dicoba, antara lain Resize dan Axis.

cara menambahkan watermark shot on di semua smartphone 3

Untuk menyimpan gambar yang sudah ditambahkan watermark, klik tombol save yang ada di pojok kanan atas. Selain itu, Anda juga bisa langsung membagikannya ke berbagai media sosial lewat tombol share. Selamat mencoba!

Continue Reading

Featured

Cara Install Kamera Pixel 2 di Smartphone Android non-Google

Published

on

pixel 2 camera

Google Pixel 2 sukses menarik perhatian banyak orang. Smartphone ini juga berhasil mendapatkan predikat smartphone dengan kamera terbaik saat ini dengan kemampuan memotret bokeh (portrait) dan HDR yang menawan. Padahal kamera utamanya hanya satu. Praktis banyak orang mendambakan bisa merasakan dahsyatnya kemampuan kamera Pixel 2.

Beruntung, salah satu member senior di XDA Developer, Arnova8G2, berhasil memodifikasi kamera milik Google Pixel 2 sehingga bisa digunakan pengguna smartphone non-Google, termasuk fitur HDR+ dan juga portrait. Beberapa pengguna di forum XDA juga sudah berhasil mencoba efek portrait dari hasil modifikasi tersebut.

Meski begitu, nyatanya tidak semua smartphone bisa merasakan sensasi kecanggihan hasil modifikasi Google Camera dari Pixel 2 ini. Kami sendiri cukup penasaran dan akhirnya sudah mencoba melakukan porting ke beberapa smartphone, mulai dari Google Pixel, Xiaomi Mi 5s, Xiaomi Mi 6, Xiaomi Mi A1, Razer Phone, LG G6, hingga OnePlus 5T.

Wajib Snapdragon

Dari sederet smartphone yang kami coba tadi, hasilnya hanya Google Pixel, Xiaomi Mi 5s, dan LG G6 saja yang bisa menggunakan Google Camera modifikasi ini secara langsung. Pada Xiaomi Mi 6 dan Mi A1 bisa dipakai, namun ada konfigurasi tambahan yang harus dilakukan. Sementara pada OnePlus 5T sama sekali belum bisa berjalan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Google Camera modifikasi dari Pixel 2 ini di smartphone Android Anda, kali ini kami akan meberikan panduan install dan mengatur konfigurasinya. Wajib diketahui, cara ini tidak akan bisa dilakukan pada smartphone dengan chipset selain Snapdragon.

Kami pun merekomendasikan chipset Snapdragon 600 atau 800 series karena memang membutuhkan performa chipset yang tinggi. Sekadar info, dalam tutorial kali ini kami menggunakan smartphone Xiaomi Mi A1. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah me-root smartphone lebih dulu.

Cara install

Tutorial untuk root bisa dicek di XDA Forum untuk Root Mi A1. Jika sudah berhasil melakukan root, langkah selanjutnya adalah enable Camera2 API. (Catatan: lakukan dengan menanggung risiko sendiri).

Setelahnya, Anda harus men-download Google Camera Modifikasi Arnova8G2 dan install seperti biasa di smartphone Android Anda. Setelah ter-install, jangan lupa untuk memberikan izin agar kamera tersebut bisa beroperasi.

Selanjutnya masuk ke menu Setting dan ubah Config camera HDR+ ke Nexus 6 Auto dan Model Nexus 6P.
google camera mod xiaomi mi a1 7

Setelah mengubah config dan model, masuk ke Advanced menu lalu aktifkan HDR+ control dan Portrait Mode. Jika sudah, tutup aplikasi kamera dan buka kembali.

kamera pixel 2

Sesaat kemudian secara otomatis akan muncul mode portrait pada tampilan kamera. Perlu diingat, mode portrait ini hanya bisa berfungsi ketika membidik objek wajah manusia saja. Efek blur tidak akan tampil jika mendeteksi objek selain wajah.

kamera pixel 2 02

Dan berikut adalah perbandingan beberapa contoh foto yang kami ambil menggunakan kamera Xiaomi Mi A1. Foto bawah menggunakan MIUI Camera bawaan sedangkan foto atas menggunakan mode portrait dan HDR+ via aplikasi Google Camera hasil modifikasi milik Google Pixel 2.

mia1 gcam 01mia1 miui 01

mia1 gcam 03mia1 miui 03

mia1 gcam 02mia1 miui 02

Itulah cara install dan menjalankan kamera Google Pixel 2 di smartphone non-Google. Perlu diketahui, tidak semua smartphone dapat menjalankan kameranya dengan lancar, khususnya untuk mode portrait. Selamat mencoba!

Continue Reading

Trending