Connect with us
ROG GL504
OPPO vs Samsung OPPO vs Samsung 560x600
Featured

POLLING: OPPO Find X atau Samsung Galaxy Note 9?

Di pasar Indonesia ada dua smartphone flagship yang beberapa minggu ke depan bakal bertempur untuk merebut hati konsumen. Mereka adalah OPPO Find X dan Samsung Galaxy Note 9. Kalian pilih yang mana?

Published
Vivo V11 Pro

Kompetisi smartphone di Indonesia untuk pasar high-end semakin menarik di tahun 2018 ini. Belum lama, kita dikejutkan oleh OPPO yang memboyong smartphone premiumnya, OPPO Find X ke Indonesia. Seperti yang kita tahu, smartphone ini datang dengan dukungan inovasi kamera yang unik.

Ya! OPPO meramu Find X dengan kamera depan dan belakang menggunakan sistem slider. Inovasi tersebut tentunya tak bisa dianggap remeh oleh para kompetitor dan tak sedikit pengguna gadget yang menyambut positif.

Masuk pasar Indonesia, OPPO memasarkan OPPO Find X dibanderol seharga Rp13 jutaan. Penawaran smartphone premium ini pertama kali dibuka secara pre-order dan berlanjut dengan program trade-in. Kini, konsumen pun sudah bisa membeli secara langsung smartphone ini di OPPO Store terdekat.

Tidak lama setelah OPPO memperkenalkan OPPO Find X, Samsung pun membuat kejutan dengan memperkenalkan Samsung Galaxy Note 9. Salah satu model Galaxy Note 9 yang dijual di Indonesia secara adalah varian 128 GB yang juga ditawarkan dengan harga Rp13 jutaan.

Ya! Dipasarkan dengan periode waktu yang berdekatan, tentunya tak sedikit konsumen yang bingung untuk memilih di antara keduanya. Memilih OPPO Find X atau Samsung Galaxy Note 9 128 GB? Berikut ulasannya!

Layar penuh 6,4 inci

Samsung Galaxy Note 9 Harga Indonesia

Baik Find X dan Galaxy Note 9, keduanya sama-sama diramu dengan layar full screen. OPPO Find X datang dengan layar AMOLED berukuran 6,4 inci. Begitu juga dengan Galaxy Note 9 memiliki ukuran yang sama. Hanya saja, Samsung membenamkan teknologi layar Super AMOLED Infinity Display.

Perbedaan lainnya, Find X hanya memiliki resolusi FullHD+ dengan aspek rasio 19,5:9. Sedangkan Samsung Galaxy Note 9 resolusi layarnya sudah Quad HD+ dengan aspek rasio 18,5:9. Keduanya sama-sama sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Snapdragon 845 vs Exynos 9810

Snapdragon 845 1

Berbicara soal dukungan otak yang disematkan, OPPO membenamkan chipset Snapdragon 845. Hal ini wajar karena OPPO Find X memang ditempatkan sebagai smartphone unggulan yang sudah selayaknya memiliki otak cepat dan cerdas.

Chipset yang disematkan dipadukan dengan RAM sebesar 8 GB dan internal storage berkapasitas 256 GB. Tentu saja melihat jeroan yang bertenaga dan menarik, tak sedikit konsumen di Tanah Air yang langsung kepincut dengan OPPO Find X.

Berbeda dengan OPPO yang pede memasukkan Find X dengan chipset kelas atas buatan Qualcomm, Samsung memboyong Galaxy Note 9 ke Indonesia dengan otak Exynos 9810. Ya! Galaxy Note 9 dengan chipset Qualcomm 845 memang hanya dipasarkan di Amerika Serikat dan Cina.

Exynos 9810 yang ada di dalam tubuh Galaxy Note 9 128 GB hanya dipadukan dengan RAM sebesar 6 GB. Dibandingkan OPPO Find X, jelas ada perbedaan terkait dengan RAM dan ROM yang disematkan. Samsung juga menjual Galaxy Note 9 512 GB dengan RAM sebesar 8 GB dan dijual seharga Rp17 jutaan.

Bagaimana dengan catu dayanya? Find X hanya dibekali baterai berkapasitas 3.730 mAh. Sedangkan Galaxy Note 9 memiliki kapasitas baterai lebih besar, yakni 4.000 mAh. Jika Find X telah disokong VOOC Flash Charge, Note 9 hanya dibekali Quick Charge 2.0 dalam hal pengisian cepat baterainya.

Dual-camera belakang

OPPO Find X 2

Datang sebagai smartphone unggulan, baik OPPO Find X maupun Samsung Galaxy Note sama-sama memiliki dukungan dual-camera belakang. Kini, keduanya juga sudah menjual teknologi artificial intelligence alias AI guna mendongkrak kinerja kamera yang disematkan.

OPPO Find X memiliki dual-camera belakang dengan konfigurasi 16 MP + 20 MP yang sama-sama ditopang aperture f/2.0. Tak ketinggalan, OPPO juga melengkapinya dengan fitur OIS. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 25 MP dengan aperture f/2.0.

Samsung Galaxy Note 9 masih pede dengan dukungan dual-camera yang ada pada Galaxy S9+. Konfigurasinya adalah 12 MP dengan dual-aperture f/1.5 – f/2.4 + 12 MP dengan aperture f/2.4 dan ditambah kemampuan 2x optical zoom. Sedangkan kamera depannya 8 MP aperture f/1.7.

Keamanan biometrik

Satu hal yang menarik, OPPO tidak membenamkan sensor pemindai sidik jari ke dalam Find X. Pabrikan smartphone asal Cina ini lebih pede menggunakan fitur keamanan biometrik pemindai wajah yang mampu bekerja lebih cepat, yakni hanya 0,6 detik. Alasannya, karena rasio kesalahannya mencapai 1/1.000.000.

Berbeda dengan OPPO, Samsung masih menggunakan sensor pemindai sidik jari sebagai salah satu fitur keamanan yang ada di dalam Galaxy Note 9. Sensor pemindai sidik jari yang ada pada Galaxy Note 9 kini ditempatkan tepat di bawah dual-camera belakang sehingga lebih mudah untuk diakses.

Tak hanya pemindai sidik jari, Samsung juga membenamkan fitur keamanan biometrik lainnya, yakni iris scanner. Ya! Fitur keamanan pemindai mata ini memang sepertinya sudah menjadi ciri khas Samsung dan selalu dimuat ke dalam perangkat premiumnya.

Inovasi jadi nilai jual tambah

Samsung Galaxy Note 9 S Pen

Seperti telah disebutkan di atas, OPPO membuat OPPO Find X bukan sekadar sebagai smartphone biasa. Ya! Mereka mengemas perangkatnya ini dengan inovasi yang sebelumnya tak banyak dipikirkan oleh pabrikan smartphone lainnya.

Model pop-up untuk kamera depan dan belakang adalah sesuatu yang unik dan menjadikan smartphone ini terlihat begitu futuristik. Tentu saja, inovasi tersebut bisa kita katakan sebagai nilai tambah yang ditawarkan OPPO kepada konsumennya.

Samsung pun yang sudah begitu lama melahirkan banyak smartphone unggulan juga tak mau kalah. Ya! Salah satu inovasi yang mereka gulirkan adalah kemampuan S Pen yang menjadi teman dekat Galaxy Note 9 ini sudah memiliki fitur Bluetooth Low Energy.

Dengan tambahan konektivitas tersebut, menjadikan stylus ini layaknya remote. Pengguna kini bisa mengontrol Galaxy Note 9 dari jarak jauh menggunakan S Pen, seperti menampilkan slide presentasi atau memutar musik yang diinginkan.

Inovasi lainnya, Galaxy Note 9 kini bisa menjadi “PC Desktop” dengan lebih mudah lewat Mode DeX. Pengguna cukup menghubungkan Galaxy Note 9 dengan layar monitor eksternal menggunakan satu kabel yang sudah disediakan dalam paket penjualannya.

Baca juga

Itulah beberapa ulasan mengenai perbedaan OPPO Find X dengan Samsung Galaxy Note 9 128 GB yang dijual dengan harga Rp13 jutaan. Tentu saja, keputusan untuk memilih di antara keduanya tetap berada di tangan kalian. Kami tunggu komentar kalian!

Video hands-on

Pilih OPPO Find X atau Samsung Galaxy Note9?

Comments

Wajib baca

Populer