Connect with us
ROG GL504
Samsung Galaxy Note 9 7 Samsung Galaxy Note 9 7 560x600
Tech News

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9 sudah resmi meluncur. Punya spesifikasi hardware dan fitur yang menarik, smartphone ini dibanderol paling murah seharga Rp13 jutaan.

Published

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 9

HargaRp13.499.000 (128 GB), Rp17.999.000 (512 GB)
Platform
ChipsetSnapdragon 845, Exynos 9810
CPUOcta-core (4x2.7 GHz Mongoose M3 & 4x1.8 GHz Cortex-A55), Octa-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPUMali-G72 MP18, Adreno 630
Sistem OperasiAndroid 8.1 (Oreo)
Memori
RAM6 GB, 8 GB
Internal128 GB, 512 GB
EksternalmicroSD up to 512 GB (dedicated slot)
Bodi
Dimensi161.9 x 76.4 x 8.8 mm
Berat201 gram
Slot SIMSingle SIM (Nano-SIM), Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeSuper AMOLED
Ukuran6,4 inci
Resolusi1440 x 2960 piksel (Quad HD+)
Kamera
Belakang12 MP, f/1.5-2.4 + 12 MP, f/2.4
Depan8 MP, f/1.7
Video1440p@30fps
FiturAuto-HDR, AI
Jaringan
DataGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
BluetoothYa
GPSYa
NFCYa
Lainnya
SensorIris scanner, fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
USB3.1, Type-C 1.0
Jack audioYa
BateraiNon-removable Li-Ion 4000 mAh
Advertisement

Galaxy Note 9 secara resmi telah diperkenalkan oleh Samsung. Sebagai smartphone premium kedua yang dihadirkan tahun ini, Samsung pun tak main-main untuk meracik Note 9 ini. Bisa jadi, inilah senjata pamungkas Samsung untuk melawan Apple yang bakal merilis iPhone terbarunya di tahun ini.

Tentu saja sebagai smartphone premium, Samsung pun telah mempersenjatai Galaxy Note 9 dengan dukungan hardware dan serangkaian fitur yang tak kalah menarik. Mulai dari baterai jumbo hingga storage berkapasitas super jumbo dan juga S Pen terbaru dengan kemampuan Bluetooth.

Layar Super AMOLED 6,4 inci Infinity Display

Galaxy Note 9 1

Sedikit berbeda dengan Galaxy Note 8, Samsung mengembangkan Galaxy Note 9 dengan layar berukuran 6,4 inci dan memiliki resolusi 1.440 x 2960 piksel alias Quad HD+. Teknologi layar Super AMOLED Infinity Display yang dibenamkan juga memiliki kompabilitas dengan HDR10.

Samsung juga mengemas Galaxy Note 9 dengan layar bezel-less melengkung di sisi kiri dan kanannya sehingga terlihat lebih menarik. Selain itu, Samsung juga sudah melengkapi smartphone ini dengan fitur Always on Display.

Tak hanya menarik di sisi bagian depan, tetapi juga panel belakangnya. Ya! Bodi kerangka belakang smartphone ini dirancang dengan material metal yang kokoh. Penempatan dual-camera dan sensor fingerprint juga sudah lebih baik dari seri pendahulunya.

Dukungan lainnya yang tak kalah menarik untuk kita tahu adalah sertifikasi IP68 alias anti debu dan air. Dengan begitu, pengguna Galaxy Note 9 tak perlu khawatir jika perangkatnya ingin diajak berenang hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Dual-camera, dual aperture

Galaxy Note 9 2

Bisa dikatakan, Samsung tak banyak mengubah dukungan dual-camera yang disematkan ke dalam Galaxy Note 9 jika dibandingkan dengan yang ada pada Galaxy S9+. Galaxy Note 9 dibekali dengan lensa 12 MP dual aperture f/1.5 – f/2.4 dan lensa telefoto 12 MP dengan aperture f/2.4.

Peningkatan yang dilakukan adalah membenamkan fitur stabilitas secara optik dan melengkapinya dengan teknologi artificial intelligence alias AI. Berkat teknologi kecerdasan buatan tersebut, setiap objek yang dipotret akan otomatis dideteksi dengan pengaturan yang disesuaikan.

Begitu juga dengan kamera depannya, Samsung membekali Galaxy Note 9 dengan selfie-camera yang memiliki resolusi 8 MP f/1.7. Samsung mengklaim, kamera depannya ini masih bisa diandalkan untuk menciptakan foto selfie yang mumpuni.

S Pen Bluetooth dan mode DeX

Samsung Galaxy Note 9 S Pen

Rencana Samsung untuk meningkatkan kemampuan S Pen yang ada pada Galaxy Note 9 memang sudah terdengar cukup lama. Ya! Akhirnya raksasa elektronik asal Negeri Gingseng ini pun menepati janjinya. S Pen yang ada pada Galaxy Note 9 kini terlihat lebih fresh dan punya konektivitas Bluetooth.

Berkat konektivitas tersebut, stylus terbaru ini tak hanya sekadar sebagai pena digital biasa, tetapi juga bisa sebagai perangkat layaknya sebuah remote. S Pen yang kini lebih cerdas bisa diminta untuk mengoperasikan Galaxy Note 9 dari jarak jauh.

Konektivitas antara S Pen dengan Galaxy Note 9 bisa mencapai 10 meter. Daya baterai stylus ini sekitar 30 menit. Jika dimasukkan ke dalam handset, pengisian baterai S Pen hanya diperlukan waktu sekitar 40 detik.

Samsung juga memperbarui mode DeX pada Galaxy Note 9. Tidak ada lagi kebutuhan Dock DeX, keyboard, dan mouse. Galaxy Note 9 bisa menjadi “PC Desktop” hanya melalui kabel USB-C ke HDMI. Dalam mode DeX, Note 9 juga bisa berfungsi sebagai keyboard dan trackpad.

Fingerprint dan Iris Scanner

Seperti sudah diuraikan di atas, Galaxy Note 9 oleh Samsung ditempatkan sebagai smartphone premium. Sudah barang tentu, sebagai sebuah perangkat unggulan, Samsung juga membenamkan fitur keamanan biometrik.

Terkait dengan hal itu, Samsung melengkapi Galaxy Note 9 dengan sensor pemindai sidik jari alias fingerprint dan juga Iris Scanner. Tentu saja, fitur keamanan biometrik terpadu ini bisa benar-benar memberi rasa aman bagi pengguna Galaxy Note 9.

Storage dan baterai jumbo

Samsung Galaxy Note 9 8

Seperti Galaxy S9 dan S9+, Samsung juga membekali Galaxy Note 9 dengan pilihan chipset Snapdragon 845 dan Exynos 9810. Ya! Galaxy Note 9 dengan chipset Snapdragon 845 akan tersedia untuk pasar Amerika Serikat dan Cina. Sementara untuk wilayah lainnya akan disematkan chipset Exynos 9810.

Note 9 datang dengan pilihan RAM 6 GB dan 8 GB serta storage 128 GB dan 512 GB. Smartphone ini juga masih dilengkapi dengan slot microSD hingga 512 GB. Sedangkan untuk catu dayanya juga tak kalah besar, Samsung melangkapi Galaxy Note 9 dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Bixby dan aplikasi pihak ketiga

Layaknya smartphone premium yang dikembangkan oleh Samsung, Galaxy Note 9 juga datang dengan fitur asisten virtual kebanggannya, Bixby. Sudah masuk ke versi 2.0, Samsung menjanjikan bahwa asisten virtual buatannya ini sudah lebih cerdas dan mudah digunakan.

Tak kalah mengejutkan, Samsung memperkenalkan Galaxy Note 9 juga sekaligus mengumumkan kemitraannya dengan Epic Games dan Spotify. Sudah barang tentu, keduanya hadir untuk menambah daya dobrak Galaxy Note 9 di mata konsumennya.

Kemitraan bersama Epic Games memungkinkan pengguna Galaxy Note 9 bisa untuk memainkan game Fortnite di perangkat tersebut. Sedangkan dengan Spotify, pengguna akan dimanjakan untuk mendengarkan ribuan koleksi musik digital yang disukai secara legal.

Harga dan ketersediaan

Samsung Galaxy Note 9 6

Tidak mengumumkan harga saat acara peluncuran, sepertinya Samsung memang ingin menyerahkannya ke masing-masing negara yang memasarkan. Mereka hanya mengatakan bahwa Galaxy Note 0 baru akan tersedia pada tanggal 24 Agustus 2018.

Namun, mengacu pada beberapa e-commerce di Indonesia yang ditunjuk oleh Samsung untuk memasarkan Galaxy Note 9 secara pre-order, varian dengan storage 128 GB dibanderol seharga Rp13.499.000. Sedangkan untuk varian 512 GB dijual dengan harga Rp17.999.000.

Samsung sendiri mengahdirkan Galaxy Note 9 dalam empat warna pilihan, yakni Ocean Blue, Midnight Black, Lavender Purple, dan Metallic Copper. Nah! Dari semua itu, mana yang kalian ingin beli? Jangan lupa kirim komentar kalian!

Comments

Wajib baca

Populer