Pokemon GO Tidak Bisa Dimainkan di ASUS ZenFone, Ini Alasannya

Now Reading
Pokemon GO Tidak Bisa Dimainkan di ASUS ZenFone, Ini Alasannya

Game perdana Nintendo untuk platform mobile, Pokemon GO, sudah resmi dirilis. Game bertema virtual reality ini belum tersedia secara global. Hingga saat ini, baru Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru yang bisa menikmatinya.

Namun karena antusias yang begitu tinggi, para gamer mobile di negara lain pun turut men-download dan memainkannya. Mereka mendapatkan file APK Pokemon GO yang sudah beredar luas di internet. Game ini pun akhirnya bisa dimainkan lebih dulu meski belum rilis secara resmi di negara-negara tertentu.

Menariknya di balik kesuksesan dan fenomenal Pokemon GO, ada sebagian gamer yang harus bersedih karena terpaksa tidak bisa memainkannya. Ya, Pokemon GO bisa di-install namun tidak bisa dijalankan pada perangkat Android berbasis Intel, seperti ASUS ZenFone misalnya.

Penyebabnya adalah sang pengembang game yang memang tidak mengoptimalkan Pokemon GO untuk berjalan pada perangkat berbasis arsitektur x86. Seperti yang kita tahu prosesor Intel berbasis x86, bukan berbasis ARM seperti mayoritas prosesor mobile lainnya.

Ini artinya, para pengguna perangkat Android berbasis Intel harus rela gigit jari tidak bisa memainkan Pokemon GO. Banyak yang menyalahkan Intel atau bahkan ASUS atas hal ini. Namun sebenarnya yang lebih tepat untuk bertanggung jawab adalah si pengembang game yang tidak mengoptimalkan chipset berbasis x86. Jika Anda ingin Pokemon GO bisa mendukung perangkat berbasis Intel, Anda bisa ikut menandatangani petisi berikut ini.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
13%
Mau
6%
Biasa Aja
8%
Payah!
73%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
73 Comments
Leave a response

Leave a Response