Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Tech News

Inilah Spesifikasi Kunci Samsung Galaxy M20, Dijual Mulai Rp1,8 Juta

Samsung di awal tahun 2019 membuat kejutan dengan memperkenalkan Galaxy M Series. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni Galaxy M10 dan Galaxy M20. Tentu saja, dari keduanya, yang paling menarik untuk kita ketahui adalah Galaxy M20.

Updated

Spesifikasi dan Harga

HargaRp1,8 juta (RAM 3 GB + ROM 32 GB), Rp2,2 juta (RAM 4 GB + ROM 64 GB)
Platform
ChipsetExynos 7904 Octa (14 nm)
CPUOcta-core (2x1.8 GHz Kryo 260 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPUMali G71 MP2
Sistem OperasiSamsung Experience 9.5 - Android 8.1 Oreo
Memori
RAM3 GB & 4 GB
Internal32 GB & 64 GB
EksternalmicroSD, up to 512 GB (dedicated slot)
Bodi
Dimensi156.4 x 74.5 x 8.8 mm
Berat186 gram
Slot SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
TipePLS TFT
Ukuran6,3 inci
Resolusi1080 x 2340 Piksel (FullHD+), 19,5:9
Kamera
Belakang13 MP, f/1.9 + 5 MP (ultra-wide)
Depan8 MP, f/2.0
Video1080p@30fps
FiturLED flash, panorama, HDR
Jaringan
DataGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
BluetoothYa
GPSYa
NFCTidak
Lainnya
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Jack audioYa
BateraiNon-removable Li-Po 5000 mAh

Tak malu-malu, akhirnya Samsung terjun ke gelanggang smartphone entry-level. Ya! Ini dibuktikan oleh raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut dengan meluncurkan Galaxy M10 dan Galaxy M20 di pasar India. Dan tak tertutup kemungkinan, smartphone ini akan dipasarkan lebih luas ke banyak negara.

Dari kedua smartphone Galaxy M Series yang diperkenalkan, tentu saja Galaxy M20 yang cukup menarik perhatian. Meskipun ditujukan untuk pasar entry-level, Samsung meracik smartphone ini dengan serangkaian hal yang menarik, terutama dari desain dan spesifikasi.

Desain Infinity-V dengan layar 6,3 inci FullHD+

Sebelumnya banyak yang memperkirakan Samsung tidak tertarik untuk membuat sebuah smartphone yang dipercantik dengan poni. Namun, dugaan tersebut meleset setelah Samsung memperkenalkan serangkaian desain layar terbarunya, termasuk Infinity-V.

Ya! Samsung akhirnya harus mengambil sebuah keputusan, di mana Galaxy M Series yang dipekenalkannya ini memakai Infinity-V, tidak terkecuali Galaxy M20. Ini sebuah poni yang menyerupai tetesan air jatuh alias waterdrop yang sebelumnya sudah dipakai oleh banyak pabrikan smartphone.

Poni berukuran kecil tersebut dimanfaatkan oleh Samsung untuk memuat kamera depan. Sedangkan bergeser sedikit di bagian atasnya, Samsung memuat earpice. Ya! Ini mengingatkan kita dengan desain poni yang juga dimiliki oleh OPPO F9.

Nah! Gaalxy M20 datang dengan layar berukuran 6,3 inci dengan resolusi FullHD+. Satu hal yang tak kalah menarik adalah aspek rasio yang dimilikinya. Meskipun ditujukan untuk entry-level, smartphone ini sudah memiliki aspek rasio 19,5:9 dengan rasio screen-to-body mencapai lebih dari 90%.

Percaya diri dengan Exynos 7904

Bukan menggunakan chipset besutan Qualcomm atau MediaTek, Samsung sangat percaya diri memuat Exynos 7904 sebagai otak dari Galaxy M20. Chipset 14 nonometer ini sendiri memiliki CPU Octa-core dengan clock speed mencapai 1,8 GHz dan di dalamnya juga sudah ada GPU Mali G71 MP2.

Guna mendongkrak kinerja chipset yang dibenamkan, Samsung juga membekali opsi RAM yang ditawarkan, yakni 3 GB atau 4 GB. Begitu juga dengan pilihan storage internalnya, yakni 32 GB atau 64 GB. Ada juga slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 512 GB.

Sedangkan untuk catu dayanya, Samsung telah membenamkan baterai yang kapasitasnya tidak bisa dibilang kecil, yakni 5.000 mAh. Samsung mengklaim, baterainya ini punya kemampuan fast charging tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan kebanyakan baterai pada umumnya.

Kamera ganda di bagian belakang

Meskipun ditujukan untuk menyasar pengguna kelas bawah, Samsung tidak main-main untuk melengkapi Galaxy M20 pada sektor kameranya. Pada bagian belakang telah disematkan kamera ganda dengan konfigurasi 13 MP dengan aperture f/1.9 + 5 MP yang berfungsi sebagai lensa ultra-wide.

Nah! Satu hal yang tak kalah menarik, kamera utama 13 MP yang ada pada smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur Live Focus. Dengan adanya fitur tersebut, foto bokeh yang diciptakan oleh Galaxy M20 bisa terlihat lebih nyata.

Pada bagian depannya, Samsung juga telah memperkaya Galaxy M20 dengan kamera depan yang memiliki sensor 8 MP dengan aperture f/2.0. Untuk menciptakan foto selfie yang menarik, Samsung juga menyematkan fitur Selfie-focus dan In-Display flash.

Baca juga

Harga dan ketersediaan

Untuk urusan keamanan, Samsung melengkapi Galaxy M20 dengan pemindai sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang perangkat. Selain itu, Samsung juga membenamkan fitur Fast Face alias face unlock yang memanfaatkan bantuan kamera depan.

Berbicara soal warna, Samsung menghadirkan Galaxy M20 dalam dua pilihan warna yang terlihat lebih premium dari kebanyakan smartphone entry-level pada umumnya. Ya! Kedua warna yang ditawarkan adalah Charcoal Black dan Ocean Blue.

Penasaran dengan harganya? Galaxy M20 yang masih dijejali dengan antarmuka Samsung Experience 9.5 berbasis Android 8.1 Oreo dibanderol seharga INR 11.000 atau sekitar Rp1,8 juta untuk model 3 GB dan untuk model 4 GB dijual seharga INR 13.000 atau sekitar Rp2,2 juta.

Comments

Populer