Connect with us
Tech News

Huawei P30 Pro Jadi Raja Baru DxOMark

Mendapatkan skor 112 poin di DxOMark, Huawei P30 Pro sukses mendapatkan peringkat teratas menggeser, Mate 20 Pro, P20 Pro dan Samsung Galaxy S10+.

Updated

Sudah bukan hal baru lagi bahwa setiap smartphone flagship besutan Huawei akan menempati posisi puncak dalam daftar DxOMark, sebuah lembaga penguji kualitas kamera. Gebrakan Huawei di sektor fotografi pertama kali terjadi di seri P20 Pro yang diperkenalkan Maret 2018 silam.

Di awal peluncurannya, smartphone dengan modul tiga kamera tersebut memperoleh skor sebesar 109 poin dimana posisi puncak sebelumnya ditempati oleh Google Pixel 3 dengan skor 101. Sejak pertama kali dirilis, setidaknya ada dua smartphone lain yang memiliki skor serupa, yakni Huawei Mate 20 Pro dan Samsung Galaxy S10+.

Menjelang akhir Maret 2019, Huawei kembali memperkenalkan seri terbaru P30 Pro yang juga sukses memuncaki skor DxOMark. Dengan skor total 112 poin, Huawei P30 Pro unggul di bagian Photo yang mencapai 114 poin, sedangkan untuk perekaman videonya 97 poin.

Peningkatan terasa pada pengujian Zoom. Jika seri P20 Pro memperoleh 73 poin, di P30 Pro skornya mencapai 95 poin. Perbedaan yang cukup jauh ini karena Huawei menggunakan lensa berdesain periscope yang mendukung pembesaran hingga 5x lipat dengan optical zoom, 10x lipat dengan hybrid zoom, dan 50x lipat dengan digital zoom.

Selain Zoom, Bokeh juga menjadi daya tarik utama smartphone ini. Resolusi besar digunakan untuk mendapatkan pembesaran 2x serta modul ToF membuat latar belakang yang blur menjadi lebih halus dan akurat.

Huawei tidak menghilangkan kamera 40 MP yang memang unggul saat memotret di tempat minim cahaya. Hasilnya terlihat lebih detail dan minim noise di berbagai kondisi cahaya, terutama extreme low light dan backlit.

Untuk urusan perekaman video, kamera Huawei P30 Pro dilengkapi OIS dan EIS yang mampu menghasilkan rekaman lebih sabil. Uniknya, Huawei membenamkan fitur baru bernama Dual-View Video.

Fitur tersebut memungkinkan penggunakan untuk menggunakan dua lensa secara bersamaan serta menyediakan tampilan penuh dari suatu adegan sambil juga menangkap subjek secara close-up.

Baca juga

Belum ada kabar seputar harga resmi Huawei P30 Pro di Indonesia. Namun Huawei sudah mengkonfirmasi bahwa akan masuk ke Indonesia dengan pre-order yang dimulai pada 12 April 2019 mendatang. Kita tunggu saja!

Comments

Populer