Connect with us
MaxProM1
Tech News

Huawei Mate 20 Pro, Smartphone Menarik yang Sulit Diperbaiki

Tak sedikit orang yang mengatakan bahwa Huawei Mate 20 Pro bakal jadi smartphone terbaik di tahun ini. Namun, iFixit menilai bahwa Mate 20 Pro sulit untuk diperbaiki. Alasannya?

Updated

Melihat desain dan fitur yang ditawarkan, tidak tertutup kemungkinan Huawei Mate 20 Pro akan jadi salah satu smartphone flagship terbaik di tahun ini. Namun bagi mereka yang berharap bisa melakukan perbaikan sendiri alias “Do it yourself” mungkin bisa sedikit kecewa dengan smartphone tersebut.

iFixit, situs yang gemar membongkar perangkat flagship telah memberikan penilaian kemudahan perbaikan, yakni 4 dari 10 poin terhadap smartphone buatan Huawei tersebut. Ya! Ini adalah skor mengecewakan yang sama seperti yang diraih Samsung Galaxy Note 9, Huawei Mate 10 dan LG G7.

Kritik yang diberikan iFixit terhadap Mate 20 Pro lebih menyinggung desain kaca yang menyelimuti seluruh bodi perangkat. Disebutkan, Huawei juga getol menggunakan lem pada panel kaca depan dan belakang. Hal ini tentunya akan membuat kaca mudah pecah ketika ingin dibongkar.

Berbicara tentang kaca yang mudah pecah, perbaikan layar harus ekstra hati-hati. Banyak yang harus dibongkar dan tidak mudah melepas perekat yang begitu keras. Komplikasi yang terkait dengan layar tidak berhenti sampai di situ. Karena layar yang rusak juga mengharuskan penggantian sensor sidik jari.

Dengan kata lain, iFixit benar-benar menyarankan bagi pengguna Mate 20 Pro untuk melindungi perangkatnya tersebut dengan casing yang kuat plus pelindung layar yang handal. Atau, pengguna juga bisa mengasuransikan smartphone tersebut dari kerusakan yang tidak disengaja.

Motherboard yang ada di dalam bodi smartphone juga menggunakan konektor yang lebih fleksibel daripada kebanyakan smartphone yang ada di pasaran. Ini artinya butuh waktu lebih banyak untuk membongkar perangkat dan sekaligus memperbaikinya.

Namun, tidak semuanya terdengar sulit. iFixit juga memuji Huawei yang kini lebih berani untuk menyisipkan beberapa komponen modular yang dapat diganti secara independen. Penggantian baterai tidak terlalu rumit, karena hanya perlu melepas panel belakang dan bingkai.

Baca juga

Terakhir, iFixit juga menyambut gembira karena Huawei telah menggunakan sekrup standar Phillips. Dengan penggunaan sekrup seperti itu, artinya bagi kalian yang ingin membongkar Mate 20 Pro tidak memerlukan alat yang lebih khusus.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.