/ Xiaomi

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi MIX 2

Harga Xiaomi Mi Mix 2

Harga

Rp6,7 juta - Rp9,5 juta

Status

Sudah dirilis (September 2017)

Bodi

151,8 x 75,5 x 7,7 mm, bobot 185 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz

GPU

Adreno 540

RAM

6/8 GB

Storage

64/128/256 GB

Layar

IPS 5,99 inci (2.160 x 1.080 piksel)

Kamera

12 MP & 5 MP

Baterai

3.400 mAh (Quick Charge 3.0)

Sistem Operasi

MIUI 9 (Android 7.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Konektivitas

WiFi, Bluetooth, GPS, NFC

Interface

USB Type-C

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyroscope, ultrasonic proximity, compass, barometer, infrared

Sehari sebelum Apple merilis tiga iPhone terbarunya, Xiaomi lebih dulu menggebrak di pasar smartphone global dengan merilis Mi MIX 2. Berbeda dengan generasi pertama, Mi MIX 2 digarap oleh Xiaomi dengan menghadirkan beberapa peningkatan di sisi fitur dan spesifikasinya.

Tak hanya itu, Xiaomi juga mampu meracik smartphone barunya ini yang membuat banyak orang berdecak kagum. Para pencinta produk-produk Xiaomi atau yang disebut Mi Fans pun juga menyambut positif kehadiran smartphone ini.

Layar FullScreen 2.0

Xiaomi Mi MIX 2 Header 1

Salah satu pengembangan yang membuat banyak orang kagum dengan Mi MIX 2 adalah dukungan layar yang disematkan. Smartphone ini dikemas dengan bentang layar berukuran 5,99 inci Full HD+. Tak hanya itu, layarnya juga sudah mengadopsi IPS LCD dengan aspek rasio 18:9.

Tak mau kalah dengan pabrikan smartphone lainnya, Xiaomi menjuluki layar penuh didepan ini dengan sebutan FullScreen 2.0. Bezel layar atas, kiri, dan kanannya tipis. Bezel pada bagian dagu pun sudah menurun hingga 12 persen dibandingkan Mi MIX generasi pertama.

Seperti kita ketahui bersama, desain Mi MIX 2 juga tak lepas dari tangan dingin Philippe Starck. Desainer asal Perancis ini masih menyisipkan desain kotak yang membuat Mi MIX 2 terlihat lebih elegan. Namun, keempat sisi Mi MIX 2 lebih melengkung dibandingkan seri sebelumnya.

Meskipun dukungan layarnya membuat smartphone ini terlihat indah, pengguna Mi MIX 2 tetap harus berhati-hati. Pasalnya, bezel yang tipis membuat perangkat ini sangat rentan jika terjatuh. Bahkan, baru-baru ini bodi belakang Mi MIX 2 milik The Verge langsung pecah ketika terjatuh.

Solusinya, pengguna disarankan untuk tetap menggunakan casing tambahan. Tak hanya itu, untuk membuat layar smartphone ini juga lebih terlindungi, gunakan pelindung layar tambahan atau screen protector.

Snapdragon 835

Xiaomi Mi MIX 2 Geekbench

Digadang-gadang sebagai smartphone yang disejajarkan dengan perangkat flagship lainnya, Xiaomi juga benar-benar memperhatikan dukungan hardware yang dibenamkan. Ya! Mi MIX 2 telah ditenagai dengan chipset Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz.

Tak berhenti hanya di situ, Xiaomi juga melengkapinya dengan pilihan RAM 6 GB dan 8 GB. Sedangkan storage yang dibenamkan tersedia pilihan 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Sudah bisa dipastikan smartphone ini mampu melahap semua aplikasi dan game Android yang ada.

Kamera tunggal

Xiaomi MI MIX 2 Back

Tak hanya memikirkan urusan dapur pacunya, pabrikan smartphone yang kini menduduki posisi kelima di pasar smartphone global juga membekali Mi MIX 2 dengan kamera yang terbilang mumpuni.

Memang, Mi MIX 2 tidak mengikuti tren dual-camera yang saat ini sedang naik daun. Namun, sekali lagi kameranya mampu menciptakan foto yang berkualitas. Kamera utama ini memiliki resolusi 12 MP yang telah disisipkan sensor Sony IMX386.

Tak ketinggalan, Xiaomi juga membekali kamera utamanya tersebut dengan dukungan 4-axis OIS, PDAF, dan dual-tone LED flash. Sementara, kamera depannya hanya 5 MP yang diklaim juga mampu menciptakan foto selfie untuk disebar ke media sosial.

Akibat bagian depannya yang dipenuhi layar, Xiaomi harus mengorbankan penempatan kamera depannya di bagian dagu. Hal ini menyebabkan smartphone harus dibalik untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan foto selfie.

Dilengkapi NFC

Xiaomi Mi MIX 2 Back 3

Ya! Sekali lagi smartphone ini memang pantas disejajarkan dengan produk flagship yang sudah lebih dulu muncul. Pasalnya, Xiaomi tak melupakan untuk menyertakan fitur yang masih banyak dicari banyak orang, yakni sensor fingerprint serta NFC.

Fitur terakhir yang disebutkan bahkan memberi kemudahan bagi pengguna Mi MIX 2 untuk transfer data. Lebih dari itu, kombinasi sensor fingerprint dan NFC dapat memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran digital dengan lebih cepat.

Baterai 3.400 mAh

Dapur pacu sudah diungkap, begitu juga dengan dukungan kamera yang disematkan. Tentu saja, tak ketinggalan kita juga ingin mengetahui kapasitas baterai yang ada di dalam Mi MIX 2 ini. Rupanya, Xiaomi hanya membenamkan baterai berkapasitas 3.400 mAh.

Jelas, kapasitas tersebut sangat berbeda jauh dengan baterai yang ada di dalam Mi MIX generasi pertama, yakni 4.400 mAh. Artinya ada perbedaan sebesar 1.000 mAh. Tak dijelaskan mengapa Xiaomi harus menurunkan kapasitas baterai yang dipasang. Bisa jadi karena bodinya yang lebih tipis.

Meskipun begitu, Xiaomi cukup percaya diri dengan kapasitas baterai yang ada. Mengapa? Karena seperti sudah diketahui bersama, smartphone ini ditenagai chipset milik Qualcomm yang terkenal dengan efisiensi catu daya. Selain itu, baterai ini juga sudah dibekali dengan Quick Charge 3.0.

Harga Xiaomi Mi MIX 2

Xiaomi Mi MIX 2 Desain

Terakhir, tentu saja kita ingin mengetahui lebih detail harga jual smartphone yang sudah dibekali MIUI 9 berbasis Android Nougat ini. Total ada empat varian yang disediakan,. Mi MIX 2 dengan RAM 6 GB+ROM 64 GB dibanderol seharga 3.299 Yuan atau sekitar Rp6,7 jutaan.

Sedangkan Mi MIX 2 RAM 6 GB+ROM 128 GB dibanderol dengan harga 3.599 Yuan atau sekitar Rp7,3 jutaan dan Mi MIX 2 RAM 6 GB+ROM 256 GB dibanderol seharga 3.999 Yuan atau sekitar Rp8,1 jutaan

Varian Mi MIX 2 paling tinggi adalah Special Edition yang diramu dengan dukungan RAM 8 GB+ROM 128 GB. Untuk varian ini, Xiaomi menawarkannya dengan harga 4.699 Yuan atau sekitar Rp9,5 jutaan. Lalu, varian mana yang Anda suka?

Video hands-on

(last edit: 17 September, 2017 / 10:03 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
51%
Mau
14%
Biasa Aja
8%
Payah!
29%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.