/ Xiaomi

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 5X

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 5X

Harga

Rp2,9 jutaan

Status

Sudah dirilis (Juli 2017)

Bodi

155,4 x 75,8 x 7.3 mm, 165 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2 GHz

GPU

Adreno 506

RAM

4 GB

Storage

64 GB, microSD up to 128 GB

Layar

LTPS 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

12 MP+12 MP & 5 MP

Baterai

3.080 mAh

Sistem Operasi

MIUI 9 (Android 7.1.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Konektivitas

WiFi, Bluetooth, GPS

Interface

USB Type-C, jack audio 3,5 mm

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass

Lainnya

DHS Audio

MIUI 9 dan Xiaomi Mi 5X diumumkan bersamaan dalam event yang diadakan di Beijing pada 26 Juli lalu. Namun, untuk kali ini kita tak akan berbicara banyak mengenai user interface MIUI 9, akan tetapi bakal lebih dalam mengulas Mi 5X.

Berbekal sistem operasi Android 7.1.1, Mi 5X pun telah dilengkapi dengan MIUI 9 secara default. Tak hanya itu, Xiaomi juga mengemas smartphone ini dengan dukungan dual-camera 12 MP yang ditempatkan pada bagian belakang perangkat.

Dual-camera 12 MP

Xiaomi Mi 5X Dual Camera

Seperti telah disebutkan, Xiaomi mengemas smartphone ini dengan dukungan dual-camera. Komposisi yang dimuat adalah 12 MP dengan lensa wide-angle dan 12 MP dengan lensa telephoto. Keduanya sama-sama didukung dengan sensor OmniVision.

Tentu saja, hadirnya dual-camera dengan komposisi seperti itu lebih memberi kemudahan bagi pengguna untuk menciptakan foto bokeh menggunakan mode portrait. Bahkan, dukungan dual-camera ini juga memiliki fitur 2x lossless zoom layaknya smartphone kompetitor, OPPO R11.

Lalu, bagaimana kualitas foto bokeh yang dihasilkan? Memang beberapa kali Xiaomi telah memamerkan hasil jepretan Mi 5X. Hasilnya terlihat menarik, namun belum diketahui kualitas aslinya mengingat sensor dual-camera yang disematkan menggunakan OmniVision.

Masih terkait dengan dual-camera yang disematkan, Xiaomi juga melengkapinya dengan dukungan Phase Detection Autofocus (PDAF) dan dual-tone LED flash. Sementara, kamera depannya hanya 5 MP dan diklaim oleh Xiaomi sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi foto selfie.

Snapdragon 625, RAM 4 GB, dan baterai 3.080 mAh

Xiaomi Mi 5X Spec

Tak kalah menarik untuk dicari tahu adalah isi jeroan atau spesifikasi hardware yang dibenamkan ke dalam smartphone ini. Ya! Xiaomi telah membekali Mi 5X dengan chipset Snapdragon 625 octa-core 64-bit dengan clockspeed 2 GHz.

Bisa dikatakan, chipset racikan Qualcomm tersebut favorit digunakan oleh produsen smartphone dikarenakan teknologi proses 14 nm. Berkat teknologi tersebut, chipset ini mampu membuat sebuah smartphone lebih efesiensi dalam hal konsumsi baterai.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset yang disematkan, Mi 5X juga telah dibekali dengan RAM sebesar 4 GB dan internal storage 64 GB. Bahkan Xiaomi sesumbar bahwa dengan komposisi seperti itu, pengguna Mi 5X tidak akan merasakan nge-lag saat menjalan aplikasi yang terpasang, termasuk saat memainkan game.

Xiaomi telah melengkapi Mi 5X dengan baterai berkapasitas 3.080 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu plus dukungan Snapdragon 625 yang memang memiliki kemampuan dalam hal efisiensi baterai, Xiaomi berani menjanjikan bahwa daya tahan smartphone ini bisa seharian.

Desain tidak orisinil

Xiaomi Mi 5X Design

Dukungan dual-camera sudah diketahui, begitu juga isi jeroannya. Tentu yang tak kalah menarik untuk disinggung adalah desain dari smartphone ini. Tak main-main, Xiaomi mengemas Mi 5X dengan balutan material logam.

Sayangnya, bahasa desain yang dianut oleh smartphone ini bisa dikatakan tidak lagi orisinil. Mi 5X memiliki kemiripan dengan smartphone dual-camera milik pabrikan lain, seperti OPPO R11, OnePlus 5, dan tentu saja iPhone 7 Plus.

Bahkan bentuk antena yang melengkung ke atas dan bawah ini sangat mirip dengan yang dimiliki oleh ketiga smartphone yang sudah kami sebutkan tadi. Namun yang membedakan, Xiaomi Mi 5X memiliki sensor fingerprint dan logo Mi di bagian belakang.

Sensor fingerprint

Xiaomi Mi 5X ok

Sangat wajar jika smartphone yang hadir di tahun 2017 ini dilengkapi dengan sensor fingerprint. Hal ini juga diiyakan oleh Xiaomi dan terbukti, Mi 5X juga dilengkapi dengan fitur yang lebih banyak menyinggung soal keamanan ini.

Sayangnya, belum ada informasi yang dikupas oleh Xiaomi seberapa cepat sensor fingerprint yang disematkan ke dalam Mi 5X ini untuk membaca sidik jari pengguna. Selain itu, tak berbeda dengan kebanyakan smartphone yang sudah ada di pasaran, sensor fingerprint Mi 5X pun juga diletakkan di belakang perangkat.

MIUI 9

MIUI 9 Logo 1

Menghadirkan Mi 5X, Xiaomi juga membuat gebrakan yang tak disangka-sangka oleh para Mi Fans. Gebrakan yang dilakukan oleh Xiaomi yakni mereka menghadirkan Mi 5X yang juga dibekali dengan MIUI 9 berbasis Android 7.1.1 Nougat.

Bisa dikatakan, Mi 5X adalah smartphone racikan Xiaomi pertama yang sudah mengadopsi MIUI 9. User interface baru tersebut juga digadang-gadang lebih cepat dibandingkan MIUI generasi sebelumnya. Dan tentu saja, tak sedikit fitur menarik yang turut dibenamkan ke dalam MIUI ini.

Layar Full HD

Xiaomi Mi 5X Display

Tak kalah cantik, Xiaomi mengemas smartphone ini dengan layar berukuran 5,5 inci yang memiliki resolusi Full HD. Selain itu, Xiaomi juga melengkapi layar Mi 5X dengan teknologi LTPS IPS LCD. Berkat teknologi tersebut, pengguna masih dapat melihat gambar di layar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Harga Xiaomi Mi 5X

Xiaomi Mi 5X Harga

Dukungan lainnya yang turut disematkan oleh Xiaomi ke dalam Mi 5X adalah sensor infrared, FM Radio, dual-SIM card dengan jaringan 4G-LTE, USB Type-C, Algoritma DHS Audio Calibration, Standalone Audio Amplifier, dan jack audio 3,5 mm.

Melihat spesifikasi serta fitur yang dibenamkan, tentu saja tak sedikit yang penasaran berapa harga jual smartphone ini. Dipasarkan secara perdana di Cina, Xiaomi menawarkan Mi 5X dengan harga 1.499 Yuan atau setara dengan Rp2,9 jutaan.

Akan tersedia mulai beberapa minggu ke depan, Xiaomi amenghadirkan Mi 5X dalam beberapa pilihan warna, seperti Rose Gold, Black, dan Gold. Belum ada informasi yang diungkap oleh Xiaomi, selain di Cina, pasar mana lagi yang akan disasar oleh mereka untuk memasarkan smartphone kelas menengah tersebut.

(last edit: 30 July, 2017 / 3:44 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
78%
Mau
9%
Biasa Aja
5%
Payah!
11%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.