/ ASUS

Harga dan Spesifikasi ASUS ZenFone Zoom S

Harga ASUS ZenFone Zoom S

Harga

Rp5.999.000

Status

Segera dirilis (16 Mei 2017)

Bodi

TBA

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0 GHz

GPU

Adreno 506

RAM

4 GB

Storage

32/64/128 GB

Layar

IPS 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

12 MP+12 MP & 13 MP

Baterai

5.000 mAh

Sistem Operasi

ZenUI 3.0 (Android 6.0.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Konektivitas

WiFi, Bluetooth v4.2, GPS, FM radio

Interface

USB type-C, jack audio 3,5mm

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Tahun ini sepertinya menjadi eranya smartphone dengan spesifikasi dual-camera, baik pada kamera depan maupun belakang. Sejumlah produsen smartphone pun telah merilis smartphone dengan dual-camera.

Salah satunya yakni ASUS melalui produk ASUS ZenFone Zoom S. Smartphone ini sejatinya adalah ZenFone 3 Zoom, namun dipasarkan dengan nama Zoom S untuk wilayah Asia Tenggara. Kabar baiknya, ASUS dikabarkan akan memboyong smartphone ini ke Indonesia. Sebelum Anda membelinya, tidak ada salahnya untuk membaca sedikit ulasan mengenai spesifikasi yang dimiliki smartphone ini.

Desain mirip iPhone 7

harga asus zenfone zoom s image 2

Melihat desain bodi ASUS ZenFone Zoom S mengingatkan kita pada desain bodi iPhone 7. Hal ini dapat dilihat dari penempatan panel dual-camera belakangnya yang ada di pojok kiri atas. Hanya saja, terdapat sejumlah perbedaan dengan iPhone, seperti ketiadaan tombol Home fisik dan adanya sensor fingerprint pada bagian belakang.

Layar 5,2 inci Full HD

harga asus zenfone zoom s image 4

ASUS ZenFone Zoom S datang dengan layar 5,2 inci beresolusi Full HD (1.080 x 1.920 piksel) dan tingkat kerapatan layar mencapai 424 ppi. Adapun panel layar yang digunakannya adalah AMOLED yang dikenal punya tingkat kecerahan dan saturasi warna sangat baik.

CPU kelas menengah

harga asus zenfone zoom s image 5

Adapun pada sektor dapur pacunya, Zenfone Zoom S menggunakan chipset Snapdragon 625 dengan prosesor octa-core 2.0 GHz yang memiliki GPU Adreno 506. Cukup disayangkan ASUS hanya menggunakan Snapdragon 625. Pasalnya, smartphone dual-camera dari Coolpad Cool Dual yang belum lama ini dirilis di Indonesia menggunakan Snapdragon 652.

Untuk mendukung komputasi berat, smartphone ini dibekali RAM sebesar 4 GB. Terdapat tiga varian internal storage yakni 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Sayangnya ASUS ZenFone Zoom S masih menjalankan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Namun tidak perlu khawatir karena ASUS menjanjikan update Nougat.

Dual-camera belakang 12 MP

harga asus zenfone zoom s image 6

Mengikuti tren yang saat ini sedang berkembang, ASUS ZenFone Zoom S dibekali dual-camera belakang dengan resolusi masing-masing 12 MP. Spesifikasi dual-camera belakang smartphone ini menggunakan sensor Sony IMX362 dengan aperture f/1.7, Super Pixel, OIS, EIS, TriTech+ autofocus, 2.3x optical zoom factor, dan dual-LED flash.

Tak hanya mumpuni pada kamera belakangnya, smartphone ini juga dibekali keunggulan pada kamera depannya yang beresolusi 13 MP f/2.0. Dengan spesifikasi tersebut, Anda akan mendapatkan hasil jepretan foto selfie yang bagus.

Baterai besar

Untuk menjalankan semua fitur yang ada, smartphone ini dibekali baterai dengan kapasitas yang sangat besar yakni 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, tentu Anda tidak perlu khawatir daya baterai smartphone bakal cepat habis.

Terlebih dengan digunakannya prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal efisien membuat baterai smartphone ini memiliki daya tahan yang semakin lama. ASUS mengklaim daya tahan baterainya rata-rata bisa mencapai dua hari untuk penggunaan cukup intensif.

Harga ASUS ZenFone Zoom S

harga asus zenfone zoom s image 3

Sampai saat ini belum bisa dipastikan banderol harga ASUS ZenFone Zoom S. Namun di India, smartphone ini diperkirakan bakal dibanderol dengan harga Rs28.999 atau setara dengan Rp6 juta. ASUS ZenFone Zoom S sendiri rencananya bakal diperkenalkan di Indonesia pada 16 Mei 2017.

Keunggulan

  • Dual-camera
  • Desain kece
  • Baterai awet
  • Performa/hardware efektif
  • Bisa jadi powerbank

Kekurangan

  • Harga relatif tinggi
  • Telat hadir

(last edit: 17 May, 2017 / 12:03 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
26%
Mau
58%
Biasa Aja
11%
Payah!
6%
About The Author
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.