Connect with us
Tech News

Duo iPad Pro Terbaru Ini Punya Chipset Mobile Terkencang

Apple secara resmi telah memperkenalkan dua iPad Pro terbarunya. Keduanya adalah iPad Pro 11 dan iPad Pro 12.9. Diklaim mampu bekerja lebih cepat, kedua iPad Pro terbaru itu datang dengan otak A12X Bionic.

Updated

Setelah bocorannya sempat bergulir di internet, Apple akhirnya secara resmi memperkenalkan dua iPad Pro terbarunya, yakni iPad Pro 11 dan iPad Pro 12.9. Apple mengklaim bahwa kedua perangkatnya itu lebih kuat 92 persen dibandingkan dengan kebanyakan laptop yang ada di pasaran.

Ya! Tablet terbarunya ini juga diklaim mampu menjalankan Adobe Photoshop dan Autodesk AutoCAD versi penuh. Bisa dikatakan, dua iPad pro terbaru ini memang dapat dengan mudah diubah layaknya laptop jika dipasangkan dengan keyboard atau bahkan menjadi desktop dengan monitor eksternal.

Berbicara soal tampilan, iPad Pro 11 dan iPad Pro 12.9 telah memiliki bezel yang tipis. Apple pun telah menyesusaikan layar yang lebih kecil untuk iPad Pro 11 dan layar yang sedikit lebih besar untuk iPad Pro 12.9. Keduanya juga datang dengan layar Liquid Retina super tajam dan sudut-sudut yang membulat.

Memiliki bezel yang tipis, Apple pun harus mengorbankan hilangnya Touch ID dan kini kedua iPad Pro terbaru itu hanya mendukung Face ID. Daya tarik tambahan lainnya, kini tablet terbaru buatan Apple tersebut dapat memutar layarnya berdasarkan pada wajah pengguna.

Dukungan lainnya adalah ProMotion yang mampu menampilkan konten di layar pada 120 fps. Hal ini juga memiliki kompabilitas yang tinggi dengan jari-jari pengguna dan Apple Pencil baru

di 120 Hz. Bicara soal Pencil, kini stylus tersebut dapat menempel pada tablet dan langsung bisa mengisi daya secara nirkabel.

Kejutan lainnya yang disajikan oleh Apple, kedua iPad Pro terbaru ini memiliki port USB-C. Pengguna nantinya dapat memasang monitor eksternal, DSLR atau bahkan mengisi baterai smartphone yang dimiliki dengan kabel USB-C ke Lighting

Apple iPad Pro yang baru memiliki port USB-C, yang bekerja dengan cara yang sama seperti pada MacBook. Anda dapat memasang monitor eksternal, DSLR atau bahkan mengisi baterai telepon Anda dengan kabel USB-C ke Lightning.

Nah! Untuk jeroannya, iPad Pro 11 dan iPad Pro 12.9 telah dibekali dengan chipset Apple A12X Bionic yang baru. Raksasa teknologi asal Cupertino tersebut juga menjamin bahwa chipset yang dibenamkannya ini dapat menangani tugas-tugas desktop dengan lebih mudah.

Chipset yang terpasang di dalam duo iPad terbaru ini memang memiliki prosesor Octa-core (4 besar, 4 kecil), namun sekarang kedelapan core yang ada dapat berjalan dengan kecepatan penuh. Selain itu, GPU juga telah ditingkatkan ke desain 7 inti.

Dibandingkan dengan iPad Pro sebelumnya, Apple dengan percaya diri menegaskan bahwa pengguna akan merasakan kinerja single-core lebih cepat 35 persen dan multi-core mencapai 90 persen lebih cepat. Sedangkan kinerja GPU akan secepat Xbox One S.

iPad Pro 11 dan iPad Pro 12.9 juga datang bersama dengan aksesoris keyboard Folio. Keyboard ini dapat menempel melalui magnet dan dapat “membungkus” tablet dengan kuat. Dalam hal audio, duo iPad Pro terbaru ini juga dilengkapi dengan empat speaker dari perpaduan dua tweeter dan dua woofer.

Di pasar Amerika Serikat, Apple telah membuka penawaran pre-order untuk iPad Pro 11 dan iPad Pro 12.9. Dijanjikan, kedua perangkat tersebut akan dikirim ke tangan pengguna mulai tanggal 7 November 2018. Hanya ada versi Wi-Fi dan LTE dan dibundel dengan pengisi daya 18W.

Untuk iPad Pro 11 ditawarkan mulai dari harga US$ 800 (Rp12 juta) (penyimpanan 1 TB ditawarkan dengan harga US$ 1.550). Sedangkan model 12.9 dijual mulai dari US$ 1.000 (Rp15 juta) (penyimpanan 1 TB ditawarkan dengan harga US$ 1.750). Bagi yang tertarik membeli model LTE, cukup menambahkan US$ 150.

Baca juga

Baik iPad Pro 11 dan iPad Pro 12.9 tersedia dalam pilihan internal storage yang bervariasi, yakni 64 GB, 256 GB, 512 GB dan 1 TB. Sedangkan Casing Smart Folio baru dijual seharga US$ 180 untuk model 11 inci dan US$ 200 untuk model 12,9 inci. Apple Pencil generasi kedua dibanderol seharga US$ 130.

Comments

Populer