Connect with us
ROG GL504
Tech News

Dijual Rp7,9 Juta, Apa Hebatnya Samsung Galaxy A8 Star?

Samsung diam-diam telah memasukkan smartphone terbarunya yang berada di lini Galaxy A Series, yakni Samsung Galaxy A8 Star ke pasar Indonesia. Dijual seharga Rp7,9 juta, ada daya tarik smartphone ini?

Published
Samsung Galaxy A8 Star 1
Advertisement

Setelah memboyong Samsung Galaxy A6 dan A6+ ke pasar Indonesia pada awal bulan Mei 2018 lalu, kini Samsung kembali menghadirkan smartphone barunya yang juga masuk ke dalam lini A Series, yakni Samsung Galaxy A8 Star.

Tidak berbeda dengan Samsung Galaxy A6 dan A6+, Samsung Galaxy A8 Star juga datang dengan layar Infinity Display “super lega” Super AMOLED FullHD+ yang memiliki aspek rasio 18,5:9. Samsung sendiri menyebutkan rasio screen-to-body Galaxy A8 Star mencapai 80,6 persen.

Lalu, apakah hanya itu keistimewaan smartphone yang memiliki layar berukuran 6,3 inci ini? Tentu saja tidak! Samsung juga menyematkan beberapa hal menarik lainnya, mulai dari spesifikasi hardware yang ditanam hingga dukungan software yang disematkan. Berikut ulasannya.

Dual-camera belakang 16 MP + 24 MP

Samsung Galaxy A8 Star 2

Tak hanya dikemas dengan layar super lega dan sudut-sudut melengkung yang lebih menarik, Samsung Galaxy A8 Star juga datang dengan dukungan kamera yang diklaim terbaik di kelasnya. Ya! Samsung membekalinya dengan dual-camera belakang 16 MP + 24 MP dan sama-sama punya aperture f/1.7.

Tak perlu khawatir ketika memanfaatkan dual-camera tersebut untuk memotret objek yang membelakangi sinar matahari. Begitu juga ketika memotret diri sendiri di malam hari atau lingkungan minim cahaya alias low-light, hasilnya masih terlihat lebih jelas.

Sedangkan untuk urusan selfie, Samsung juga melengkapi Galaxy A8 Star dengan kamera depan yang memiliki resolusi 24 MP plus dukungan aperture f/2.0. Bisa jadi, inilah smartphone “selfie sebenarnya” yang dibuat oleh Samsung untuk menjawab permintaan penyuka selfie.

Tak ketinggalan, Samsung juga melengkapi kamera depannya itu dengan beragam fitur menarik, seperti Smart Beauty dan Pro Lighting. Ada juga dukungan AR Sticker dan Beauty Camera yang membuat foto selfie makin mengasyikan.

Jeroan lebih bertenaga

Diposisikan sebagai smartphone kelas menengah, Samsung membekali Galaxy A8 Star dengan chipset Snapdragon 660 Octa-core 1,8 GHz. Ya! Tentu saja kita ingat bahwa chipset tersebut juga dipakai oleh Vivo V9 6GB dan smartphone terbaru besutan Xiaomi, yakni Xiaomi Mi A2.

Chipset yang disematkan juga sudah terpasang GPU Adreno 512 yang mampu untuk meningkatkan kinerja grafisnya. Sedangkan untuk RAM dan internal storage yang disematkan adalah 4 GB dan 64 GB. Tak perlu khawatir, masih ada slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 512 GB.

Berbeda dengan Galaxy A6 dan A6+, Samsung membenamkan baterai Li-Ion non-removable berkapasitas 3.700 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, Samsung mengklaim Galaxy A8 Star digunakan untuk voice call pada jaringan 4G LTE mampu bertahan hingga 15 jam.

Lengkap dengan fitur Bixby

Samsung Galaxy A8 Star 3

Ciri khas yang tak bisa dianggap sebelah mata dari kehadiran sebuah smartphone besutan Samsung adalah dukungan fitur Bixby. Tak main-main, Samsung pun melengkapinya dengan serangkaian fitur Bixby yang lengkap, yakni mulai dari Bixby Home, Bixby Reminder, Bixby Vision, hingga Bixby Voice.

Tentu saja, personal asisten buatan Samsung ini sangat berguna bagi pengguna Galaxy A8 Star. Untuk sekadar mengingatkan jadwal meeting, makan malam bersama keluarga, atau mencari informasi penting lainnya dapat dilakukan dengan lebih mudah lewat fitur ini.

Baca juga

Face unlock dan NFC

Samsung juga melengkapi Galaxy A8 Star dengan sensor pemindai sidik jari yang diposisikan di bagian belakang perangkat. Jika fitur keamanan biometrik tersebut masih dianggap kurang memadai, Samsung juga membekali Galaxy A8 Star dengan face unlock dan Samsung Secure Folder.

Kelebihan lainnya, smartphone yang memiliki fitur Always on Display ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Dual Messenger. Lewat fitur ini, pengguna bisa memasang dua aplikasi instant messenger sekaligus dalam satu perangkat.

Soal konektivitas, Galaxy A8 Star telah dilengkapi kemampuan 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5.0, GPS, USB Type-C, FM Radio, dan tentunya yang menarik adalah dukungan NFC. Ada dua varian warna yang ditawarkan, yakni hitam dan putih. Galaxy A8 Star dibanderol dengan harga Rp7,9 juta.

Comments

Wajib baca

Populer