Connect with us
ZF5
Tech News

Chipset Apple A12 Sumbang Pertumbuhan SoC 7nm Milik TSMC

Droidlime.com,

/

Awal bulan ini tersiar kabar bahwa manufaktur yang biasa digandeng oleh produsen chipset, yakni Taiwan Semiconductor Manufacturing Company atau TSMC telah mulai memproduksi SoC dengan teknologi proses 7nm. Bahkan hal ini pun dikonfirmasi oleh CEO perusahaan, CC Wei.

Orang nomor satu di TSMC tersebut juga mengungkapkan bahwa produksi komersial chipset tersebut telah dimulai dan hal itu ia informasikan dalam sebuah simposium teknologi yang digelar di Taiwan. Adalah SoC terbaru dari Apple, yakni A12 untuk debutan di model iPhone 2018 yang akan mulai dibangun menggunakan teknologi proses 7nm.

Tak hanya itu, salah satu sumber di industri ini juga menyebutkan bahwa SoC milik Apple tersebut diperkirakan akan menjadi penyumbang pertumbuhan produksi chipset 7nm dari TSMC. Disebutkan, TSMC sendiri saat ini memiliki kapasitas produksi secara keseluruhan mencapai 12 juta wafers 12 inci atau naik 9,5 persen dari tahun lalu.

TSMC juga memiliki pesanan untuk chipset 7nm dari 20 perusahaan, seperti AMD, NVIDIA, dan Qualcomm. Sebagian besar pesanan ini akan dijalankan pada paruh pertama tahun 2019. Ada 50 desain chipset yang dimiliki oleh TSMC yang dirancang untuk 7nm pada akhir tahun dengan sebagian besar untuk AI, GPU, cryptocurrency dan chip 5G.

Dimulai pada kuartal ketiga, TSMC akan memproduksi chipset 7nm menggunakan Extreme ultraviolet lithography (EUV). Hal ini sengaja dilakukan guna mendapatkan desain wafers yang lebih tepat. Disebut-sebut, teknologi ini tak hanya hemat waktu, tetapi juga membantu perusahaan membuat chipset yang lebih kuat dan hemat energi.

Baca juga

Selain itu beredar rumor yang tak kalah menarik, yakni TSMC juga memiliki rencana untuk memproduksi chipset menggunakan node 5nm pada semester pertama tahun depan. Untuk selanjutnya, produksi massal chipset ini akan mulai berjalan paling cepat paruh kedua tahun 2019.

Advertisement
Comments

Wajib baca

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.