Connect with us
ROG GL504
Tech News

Catat Tanggal dan Siapkan Smartphone, Gerhana Total Hampiri Indonesia!

Published
gerhanabulan
Advertisement

Anda para pemburu foto, khususnya foto bertema fenomena alam bakal disajikan pemandangan menarik. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah mengonfirmasi bahwa akan terjadi gerhana bulan total yang bisa dinikmati dari Indonesia.

Fenomena alam tersebut bakal terjadi pada 31 Januari 2018 dan bisa disaksikan di beberapa wilayah, seperti Sumatera, Jawa (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan), dan beberapa bagian wilayah di Pulau Kalimantan.

Proses keseluruhan gerhana bulan total ini bakal dimulai pada pukul 17.49 hingga pukul 23.09 WIB. Adapun proses inti gerhana totalnya akan berlangsung selama satu jam lebih antara pukul 20.00 hingga 21.00 WIB. Karenanya pastikan Anda sudah standby menyiapkan smartphone atau pun kamera pro lengkap dengan tripod.

Bukan cuma itu, gerhana bulan total kali ini juga akan terasa lebih spesial karena diiringi fenomena supermoon, dimana bulan bakal terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya. Ini adalah supermoon kedua yang terjadi dibulan Januari ini, setelah sebelumnya terlihat pada 2 Januari kemarin.

Baca juga

Terjadinya supermoon sebanyak dua kali dalam sebulan merupakan kejadian langka yang biasanya terjadi 2,5 tahun sekali. Fenomena supermoon spesial ini disebut blue moon atau blood moon. So, jangan sampai ketinggalan mengabadikan momen ini ya!

Comments

Wajib baca

Populer