Connect with us
ROG GL504
Tech News

ARM Perkenalkan Cortex-A76 dan Mali-G76, Lebih Bertenaga dan Efesien

Published
ARM Cortex A76 2

Setiap tahun smartphone flagship terbaru keluar dengan dukungan chipset yang juga baru. Dan pada gilirannya akan membutuhkan core baru. Untuk itulah ARM meluncurkan core besar terbaru, Cortex-A76. Di dalamnya juga ada GPU terbaru, yakni Mali-G76 yang juga dipadukan dengan prosesor video masa depan 8K.

Dibandingkan dengan Cortex-A75 yang ada saat ini (10nm) dan berjalan dengan clock speed 2,8 GHz, Cortex-A76 (7nm) mampu berjalan hingga clock speed 3,0 GHz. Selain itu, ARM juga menjanjikan core barunya ini mampu menyajikan kinerja 35 persen lebih tinggi dan 40 persen lebih baik dalam hal efesiensi.

Selain itu, CPU barunya ini juga sudah dilengkapi dengan artificial intelligence alias kecerdasan buatan yang memiliki peningkatan kecepatan hingga 4 kali dalam hal machine learning. Keunggulan lainnya, bandwidth memori juga hampir dua kali lipat.

ARM Cortex A76

ARM memanggil core buatannya ini dengan sebutan “laptop-class” dan desain paling awal akan memasangkan satu atau dua Cortex-A76 yang dipadukan dengan sejumlah core Cortex-A55. Nantinya, chipset yang lebih murah masih akan dibangun menggunakan Cortex-A75.

Mali-G76 adalah GPU terbaru dari keluarga Bifrost dan ketika dibangun pada 7nm menjanjikan peningkatan kinerja 50 persen dibandingkan dengan G72. Keunggulan lainnya adalah 30 persen efisiensi energi yang lebih baik dengan peningkatan machine learning hingga 2,7 kali.

Baca juga

Terakhir, core ini juga disokong dengan prosesor video Mali-V76. Berkat dukungan tersebut, kamera yang terpasang ke dalam perangkat dengan CPU Cortex-A76 dapat menghasilkan video 8K pada refresh rate 30 fps. Selain itu, ARM juga menjanjikan peningkatan hingga 25 persen dalam hal kualitas video berkat algoritma yang diperbaiki.

Comments

Wajib baca

Populer