Connect with us
ROG GL504
Tech News

Android 9 Pie (Go Edition) Resmi Diperkenalkan

Google resmi memperkenalkan Android 9 Pie (Go Edition). Sistem operasi Android “minimalis” ini terus dibenahi, salah satunya fitur keamanan yang disematkan.

Published
Android Go 2
Vivo V11 Pro

Awal tahun ini, Google sudah merilis Android 8.1 Oreo (Go Edition). Kehadiran sistem operasi “minimalis” tersebut tentu saja diharapkan dapat menanggulangi sejumlah masalah yang sering dihadapi oleh pabrikan smartphone yang masih memproduksi perangkat untuk segmen entry-level.

Secara visual, Android 8.1 Oreo (Go Edition) sangat identik dengan Android 8.1 Oreo versi reguler. Hanya saja, Google berhasil mengemas Go Edition sebagai sistem operasi yang mampu menempati setengah ruang media penyimpanan yang ada di dalam sebuah smartphone.

Kini setelah Android 9 a.k.a Pie dirilis, Google pun telah mengumumkan ketersediaan Android 9 Pie (Go Edition). Versi terbaru ini dibangun di atas fondasi dari rilis sebelumnya dan tentu saja Google juga menawarkan banyak hal yang lebih baru.

Android Go 1

Sebagai contoh, Android 9 Pie (Go Edition) ini akan menempati ruang media penyimpanan sebesar 2,5 GB atau kurang dari 500 MB dari rilis sebelumnya. Artinya, jika sebuah smartphone memiliki storage 8 GB, akan ada sisa ruang media penyimpanan sebesar 5,5 GB.

Sebagai perbandingan, Android 9 Pie versi reguler hanya akan meninggal sisa ruang sebesar 2,5 GB. Selain itu, Google juga menjanjikan bahwa Android 9 Pie (Go Edition) akan menawarkan waktu boot yang lebih cepat serta tingkat keamanan yang lebih optimal di sisi pengguna.

Tak kalah menarik, dashboard untuk memantau konsumsi data juga telah dimuat ke dalam sistem operasi minimalis terbaru ini. Seperti halnya Go Edition dari Android 8.1 Oreo, rilis Android 9 Pie juga memanfaatkan banyak aplikasi Google Go Edition.

Seperti yang kita tahu, Google berhasil mengembangkan banyak aplikasi yang masuk ke dalam Google Edition Go dengan ukuran file yang lebih kecil dari versi regulernya. Selain itu, Google juga berhasil mengoptimalisasi beberapa aplikasi lainnya, seperti Google Assistan Go dan Maps Go.

Sayangnya raksasa teknologi asal Mountain View, Amerika Serikat ini belum menginformasi kapan Android 9 Pie (Go Edition) ini akan dirilis. Besar kemungkinan, sistem operasi minimalis ini akan datang bersamaan dengan Android 9 Pie versi reguler.

Baca juga

Sementara itu, hingga saat ini ada lebih dari 200 perangkat Android Go di pasar global, salah satunya Nokia 1 yang baru-baru ini sudah hadir di pasar Indonesia. Google juga mengatakan lebih dari 100 pabrikan smartphone memiliki rencana untuk merilis perangkat baru sebagai smartphone Android Go.

Comments

Wajib baca

Populer