7 Smartphone dengan Durasi Charge Paling Cepat Tahun 2017

Dalam memilih sebuah smartphone, selain spesifikasi tinggi dan desain dari smarphonenya, durasi pengisian daya menjadi salah satu pertimbangan tersendiri bagi sebagian orang.

Saat ini beragam smartphone flagship baik Android atau iOS sudah dilengkapi dengan teknologi quick-charge serta USB-C yang bisa digunakan untuk mempercepat proses pengisian baterai smartphonenya. Dari banyaknya smartphone tersebut, kira-kira siapa yang memiliki durasi charge paling cepat?

Dikutip dari sebuah pengujian yang dilakukan Tom's Guide, mereka telah mengeluarkan daftar smartphone premium dengan durasi pengisian baterai paling cepat di tahun 2017. Untuk waktu pengisian baterainya dilakukan selama 30 menit dan 60 menit.

smartphone dengan pengisian baterai tecepat 2017 1 1

Dalam pengujian tersebut, OnePlus 5T berhasil memperoleh peringkat tertinggi dalam smartphone dengan pengisian baterai tercepat. Dalam 30 menit, smartphone buatan OnePlus tersebut berhasil terisi 59 persen, sedangkan selama satu jam dayanya terisi 93 persen.

Cepatnya proses pengisian baterai di OnePlus 5T ditunjang teknologi yang dimilikinya. Tidak seperti smartphone Android lain yang menggunakan teknologi Quick Charge Qualcomm, OnePlus memiliki Dash Charge yang dapat mengalirkan arus listrik yang lebih tinggi ke OnePlus 5T.

Posisi kedua diduduki oleh LG V30 dengan pengisian 53 persen selama 30 menit dan 86 persen selama 60 menit. Tiga posisi di bawahnya ditempati oleh trio smartphone flagship buatan Apple, yaitu iPhone X dengan 50 persen, iPhone 8 dengan 49 persen, dan iPhone 8 Plus dengan 47 persen selama 30 menit.

smartphone dengan pengisian baterai tecepat 2017 2 1

Ketiga smartphone Apple tersebut diuji dengan adapter opsional berdaya 29 watt dan USB-C. Saat diuji dengan adapter bawaannya, hasilnya ternyata cukup memprihatinkan. Dalam 30 menit, iPhone 8 hanya berhasil terisi 30 persen, iPhone 8 Plus 26 persen dan iPhone X 17 persen.

Lalu, siapa yang memperoleh peringkat ke-enam dan terakhir dalam pengujian yang dilakukan Tom's Guide? Untuk posisi keenam diraih Google Pixel 2 dengan pengisian 38 persen selama 30 menit dan diposisi akhir ditempati Samsung Galaxy Note 8 dengan 35 persen selama 30 menit.

Dari pengujian ini dapat disimpulkan bahwa OnePlus 5T dengan teknologi Dash Charge mampu mengisi daya lebih cepat dibanding smartphone dengan Qualcomm Quick Charge. Khusus untuk pengguna Apple disarankan untuk menggunakan charger lain buatan Apple yang dijual terpisah.

(last edit: 4 December, 2017 / 5:28 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
77%
Mau
2%
Biasa Aja
13%
Payah!
10%
Tentang Penulis
Em Yopik Rifai

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan kini menjadi bagian dari tim DroidLime.