Connect with us
UX370-JOE
Featured

5 Komponen yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone

Droidlime.com,

/

smartphone

Sebelum membeli sebuah smartphone tentunya Anda harus memperhitungkan dan memperhatikan setiap spesifikasi hardware yang dibawa. Jangan sampai Anda membeli kucing di dalam karung, alias memberi barang tanpa memeriksa dan mengeceknya terlebih dahulu.

Selain fitur kamera, sistem operasi, ukuran dan jenis layar, faktanya ada beberapa komponen bagian dalam smartphone yang penting untuk Anda periksa. Lantas, komponen-komponen apa saja yang wajib Anda ketahui?  Berikut informasinya.

Chipset

chipset

Beberapa orang ,khususnya mereka yang awam dan tak mengikuti perkembangan teknologi hampir tidak pernah mengecek chipset yang terpasang di dalam smartphone. Asal mereknya terkenal, maka langsung angkut saja. Tentu ini bukan keputusan yang bijak.

Pada hakikatnya, prosesor atau chipset memegang kendali penuh atas smartphone, performa hingga kualitas fitur yang dibawa. Bagi Anda yang belum mengerti, mulai saat ini ada baiknya untuk mengenal jenis-jenis chipset dan mencari informasi lebih detail mengenai komponen tersebut.

Sederet chipset terkenal, seperti buatan Qualcomm, Exynoss, Mediatek, Kirin, dan masih ada banyak lainnya yang menyuguhkan kemampuan serta kelebihan yang berbeda-beda. Chipset-chipset tersebut dibagi pula menjadi beberapa kelas diantaranya entry-level, mid-end dan high-end.

RAM

RAM

Selain chipset, RAM (Random Access Memory) juga jadi komponen yang wajib Anda ketahui. Untuk saat ini, smartphone entry-level dengan harga sejutaan sudah dibekali RAM hingga 2 GB. Sedangkan smartphone kelas menengah biasanya dibekali dengan RAM 3 hingga 4 GB, dan flagship disokong dengan RAM sebesar 6 hingga 8 GB.

Kapasitas RAM yang digunakan di dalam sebuah smartphone memang tidak seratus persen mempengaruhi tingkat efisiensi dan performa smartphone. Untuk itulah, kembali lagi Anda harus melihat dengan chipset apa RAM tersebut disandingkan.

Jaringan

sinyal

Apa jadinya jika smartphone yang Anda beli tidak mendukung konektivitas tercepat atau malah tidak mendukung jaringan yang ada di Indonesia. Terdengar menyedihkan bukan? Nah, sebelum membeli, ada baiknya untuk selalu mengecek modem jaringan dari smartphone tersebut.

Mengapa hal ini penting? Tak sedikit smartphone yang mengalami gangguan pada komponen modemnya sehingga tidak dapat mendukung jaringan yang ada di Indonesia. Untuk itu sekali lagi, pastikan smartphone tersebut sudah mendukung jaringan tercepat di Indonesia, yakni 4G-LTE.

Baterai

baterai

Semua aktivitas smartphone tidak akan berjalan tanpa adanya daya yang menyokong. Ya! Baterai juga punya peranan penting. Beberapa orang yang terbuai dengan fitur unggulan smartphone kadangkala melupakan jenis dan kapasitas baterai yang digunakan. Oleh karena itu, jangan sampai Anda juga melakukan hal yang sama.

Anda harus mengecek kapasitas serta jenis baterai yang digunakan. Tak hanya itu, cari tahu juga fitur-fitur yang turut disematkan, seperti dukungan pengisian cepat alias fast charging serta kemampuan wireless charging atau pengisian daya secara nirkabel.

Bagi Anda yang belum tahu, kapasitas baterai diukur dengan satuan mAh. Semakin besar kapasitasnya, otomatis semakin besar pula daya tahan baterainya. Namun yang perlu Anda ketahui, soal efesiensi baterai dipengaruhi juga oleh beberapa komponen lainnya, seperti chipset yang digunakan misalnya.

GPU atau Pengolah Grafis

GPU

Satu komponen ini seringkali terlewatkan dan tidak diperhatikan adalah GPU atau pengolah grafis yang terpasang. Padahal, komponen ini juga memegang peranan penting dalam sebuah smartphone. Bersama chipset dan RAM, GPU bertugas untuk mengolah tampilan atau grafis dari smartphone.

Baca juga

Perlu Anda ketahui, saat ini tak sedikit game dan aplikasi yang membutuhkan dukungan grafis dalam proses penggunaannya. Itu sebabnya ada beberapa game yang tidak dapat dijalankan pada smartphone dengan GPU lawas atau malah GPU yang terlalu up-to-date.

Advertisement
Comments
Featured

6 Pesona Huawei P20 Pro yang Memukau

Published

on

Huawei P20 Pro 4
Pada tahun lalu Apple kembali menggemparkan pasar smartphone global dengan merilis tiga perangkat sekaligus. Ketiganya adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Smartphone terakhir yang disebutkan hadir dalam rangka memperingati 10 tahun kehadiran iPhone di industri ini. Pada awal tahun 2018 ini, tepatnya menjelang akhir bulan Februari lalu, Apple mendapat saingan dengan kehadiran Galaxy S9 dan S9+. Keduanya merupakan smartphone besutan Samsung yang memang hadir untuk berkompetisi di kelas high-end. Dan menjelang akhir Maret 2018 lalu, iPhone X, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ mendapat lawan sepadan dari Huawei. Ya! Pabrikan smartphone asal Cina ini dengan penuh percaya diri...
Continue Reading
Featured

5 Aplikasi Video Editor yang Cocok Di-install untuk Smartphone

Published

on

aplikasi editor smartphone
Platform online untuk meng-upload video sangatlah beragam. Tak hanya ada YouTube, namun juga ada beberapa layanan lainnya seperti aplikasi sosial media Instagram dan Facebook, atau aplikasi video streaming karya anak bangsa, Vidio.com. Lewat platform online tersebut, kita dapat dengan meng-upload video yang dibuat, entah itu untuk dokumentasi atau sekadar mencari uang tambahan. Yang terpenting, video yang kita upload harus terlihat berkualitas dan menarik. Dengan begitu, kita bisa berharap video tersebut mampu menggaet banyak penonton. Bukan begitu? Membuat video yang layak "tonton" bukanlah perkara yang sulit. Mengapa? Karena saat ini kita pun bisa menemukan banyak aplikasi video editor yang dapat mempermudah...
Continue Reading
Featured

5 Pekerjaan “Freelance” Online dengan Upah Menggiurkan

Published

on

pekerjaan online
Internet dengan segala macam perangkat teknologi yang ada telah mengubah dunia ini menjadi lebih cepat dan dekat. Kini kita tak perlu bertatap mata secara langsung untuk dapat bercengkrama, bahkan lebih dari itu kita dapat dengan mudah membeli barang hanya dengan duduk santai di rumah. Dengan begini, internet telah bertransformasi menjadi tempat untuk berladang bisnis ataupun untuk bekerja. Nah, bagi Anda seorang mahasiswa atau yang ingin bekerja tanpa dikekang waktu, berikut ini adalah daftar lima pekerjaan "online" yang dapat Anda kerjakan dimana pun saja dengan gaji yang tak kalah menggiurkan. Freelance programmer atau desainer Kemajuan teknologi internet nyatanya telah mempengaruhi segala...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer