5 Fakta Unik Tentang Xiaomi

Xiaomi sebenarnya tak memiliki sejarah yang panjang. Baru berdiri sejak tahun 2010 lalu, namanya terus melambung hingga ke mancanegara. Bisnis cerdas Xiaomi yang pernah kita bahas sebelumnya membawanya menjadi vendor yang mampu bersaing di pasar Internasional. Di Indonesia sendiri nama Xiaomi sudah tak asing lagi. Bahkan saat ini fans Xiaomi kian bertambah banyak. Anyway, di kesempatan kali ini kami akan membagikan lima fakta menarik tenang Xiaomi yang wajib Anda ketahui.

Nama yang misterius

xiaomi india

Tahukah Anda jika kata Xiaomi bukanlah kata asli dari Cina? Kata Xiaomi lahir dari sebuah transposisi huruf Cina dan huruf Barat. Tentu hal ini menimbulkan interpretasi yang sangat membingungkan bagi banyak orang. Di Cina sendiri pengucapan kata Xiaomi yang benar adalah Shao Mi, yang artinya adalah padi kecil atau nasi kecil. Terdengar lucu ya? Sekarang, makna padi kecil atau nasi kecil tersebut sungguh tak relevan karena Xiaomi telah tumbuh menjadi perusahaan yang besar.

Usaha bervariasi

xiaomi product

Tak mau kalah dengan vendor besar lain seperti Samsung, Huawei, serta Sony. Xiaomi terus memperluas bisnisnya ke banyak bidang teknologi lainnya. Mulai dari powerbank, headphone, smartwatch, kamera, laptop, tablet, dan perangkat smarthome. Menariknya, Xiaomi terus konsisten memberikan harga yang lebih murah ketimbang produk milik vendor lainnya. Tak hanya itu saja, baru-baru ini Xiaomi juga merilis sebuah perangkat keren seperti router, gamepad, dan drone. Meski kadang produknya dihujat oleh para pembencinya, namun Xiaomi terus belajar untuk mengembangkan apa yang mereka punya.

Tenaga kerja pengalaman

hugo barra

Sebuah usaha akan sukses jika menjalin kerjasama dengan orang-orang hebat. Dan itulah yang Xiaomi lakukan. Tepat pada tahun 2013 lalu mereka berhasil merekrut Hugo Barra (mantan manajer produk Google dan Android) sebagai wakil presiden di Xiaomi. Tak berhenti di situ saja, Xiaomi juga berhasil “menggaet” satu dari tiga pendiri Apple, yakni Steve Wozniak sebagai salah satu fans-nya pada tahun 2014 lalu. Tak heran jika kini Xiaomi menjadi salah satu vendor besar di bidang teknologi.

Perjuangan mengesankan

mi fans 1

Perlu diketahui, pada awalnya Xiaomi hanyalah sebuah startup yang kecil yang hanya beranggotakan 30 orang saja. Namun, berkat konsistensi dan kerja keras yang mereka lakukan kini Xiaomi mampu memperkerjakan 8.000 karyawan. Bahkan menurut beberapa sumber, saat ini Xiaomi memiliki omzet sekitar US$20 miliar. Tentu merupakan angka yang cukup besar untuk sebuah perusahaan yang baru.

Pernah dituduh mata-mata

spy

Mungkin kita pernah mendengar kalau smartphone buatan Cina tertanam software mata-mata. Dan pada tahun 2014 lalu, pada dua smartphone Xiaomi, yakni Xiaomi Redmi Note dan Xiaomi Redmi 1S terdeteksi sebuah spyware yang diyakini sebagai alat mata-mata. Karenanya banyak tuduhan yang diterima oleh Xiaomi. Namun, pada tahun 2015, sebuah perusahaan yang menangani bagian data, yaitu G data, mengumumkan bahwa hal ini biasa terjadi pada smartphone-smartphone milik perusahaan baru, tak hanya Xiaomi.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
84%
Mau
2%
Biasa Aja
10%
Payah!
4%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.
20 Comments
Leave a response

Leave a Response