Connect with us
FA506_2024
Review

Review Blaupunkt Soundphone Sonido J1

Updated

BLAUPUNKT yang sudah dikenal sebagai produsen perangkat audio mobil asal Jerman kini mencoba peruntungan di pasar smartphone. Soundphone Sonido J1 merupakan smartphone kedua yang dirilis oleh BLAUPUNKT pada awal Juli 2015. Sebelumnya, BLAUPUNKT memulai debutnya di pasar smartphone pada awal tahun 2015 dengan merilis Soundphone Sonido X1+.

[section label=”Kelebihan”]

Kelebihan

Menyertakan headphone BLAUPUNKT BPA-102. Sesuai dengan konsep “Soundphone” yang diusungnya, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 datang dengan sebuah headphone premium. Sebelumnya, pada Soundphone Sonido X1+, BLAUPUNKT juga menyertakan headphone yang sama. Sesuai dengan selera musik orang Indonesia kebanyakan yang gemar akan musik pop dan dangdut, headphone BLAUPUNKT BPA-102 pun memiliki karakter bass yang sangat kental. Sedangkan porsi treble dan detailnya sangat sedikit sehingga kurang cocok untuk musik rock dan metal.

Nyaman digenggam. Dengan mengusung layar 5 inci, bezel cukup tipis, dan bobot yang ringan, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 cukup nyaman digenggam dengan satu tangan. Hal ini juga ditunjang oleh back cover yang tidak licin saat digenggam. Pasalnya, back cover tersebut menggunakan material plastik yang dibungkus dengan cat doff. Namun dengan layar 5 inci, mengoperasikan smartphone ini tetap harus menggunakan dua tangan.

Menggunakan baterai removable. Tak hanya diizinkan untuk membuka tutup caaing bagian belakang, Anda juga dapat mencopot baterainya. Dengan begitu, jika ada kerusakan baterai, Anda dapat menggantinya dengan mudah. Sayangnya, kapasitas baterai yang dimilikinya tidak terlalu besar, hanya 2.100 mAh.

review-blaupunkt-soundphone-sonido-j1-3

Aplikasi BLAUPUNKT Audio Player. Tak banyak produsen smartphone yang memiliki aplikasi musik player sendiri. Hal ini dikarenakan Google sudah menyediakan aplikasi music player bawaan pada Android. Jika dibandingkan dengan music player bawaan Android, BLAUPUNKT Audioplayer memiliki fitur yang lebih unggul. Tak hanya untuk memutar musik, dengan adanya fitur BLAUPUNKT Audio, aplikasi music player buatan BLAUPUNKT ini juga dapat melakukan optimalisasi pada headphone atau headset yang terpasang pada Soundphone Sonido J1.

Tak hanya untuk headphone BLAUPUNKT BPA-102, di dalamnya terdapat berbagai preset yang bisa dipilih sesuai dengan headphone atau headset yang Anda gunakan. Untuk mendapatkan daftar preset headphone atau headset lainnya, dibutuhkan koneksi internet agar dapat terhubung dengan database. Dengan fitur ini, headphone BLAUPUNKT BPA-102 mampu menghasilkan kualitas suara yang lebih baik meskipun optimalisasi audio yang dilakukan hanya menggunakan software.

Hasil kamera memuaskan. Dengan kamera belakang 8 MP, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 dapat menghasilkan gambar yang cukup memuaskan. Pada kondisi cahaya normal, kamera belakangnya dapat menghasilkan warna yang natural. Foto makro yang dihasilkannya pun tergolong cukup baik. Sementara kamera depan 2 MP yang dimilikinya sudah dapat mencukupi kebutuhan selfie.

Dilengkapi dengan berbagai fitur optimalisasi multimedia. Selain memiliki aplikasi BLAUPUNKT Audioplayer, Soundphone Sonido J1 juga dilengkapi dengan berbagai fitur optimalisasi audio lainnya. Seperti opsi “BesAudEnh” pada menu setting > audio profiles untuk menghasilkan audio yang lebih jernih, opsi ClearMotion pada menu setting > display untuk menghasilkan kualitas video yang lebih jernih dan aplikasi MusicFX yang bekerja pada background. Sayangnya, BLAUPUNKT tidak menyertakan fitur optimalisasi audio dengan menggunakan hardware tambahan.

Menyertakan berbagai aplikasi tambahan. Tak hanya dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan Google, media sosial, BLAUPUNKT Audioplayer, dan Quickoffice, smartphone ini juga datang dengan delapan aplikasi video streaming dari MNC yang tersedia secara pre-install. Aplikasi ini terdiri dari LiveTV Global, LiveTV MNC Infotainment, LiveTV MNC Music, Live MNC News, LiveTV MNC Shop, LiveTV MNC TV, LiveTV RCTI, dan LiveTV SINDO.

Mendukung video time lapse tanpa aplikasi tambahan. Aplikasi kamera bawaan smartphone ini datang dengan opsi Time lapse interval pada setting video. Jika tidak membutuhkan berbagai macam fitur lainnya, Anda sudah dapat menciptakan video time lapse tanpa harus menginstall aplikasi tambahan lagi. Anda dapat mengatur waktu interval untuk video time lapse mulai dari 1 detik, 1,5 detik, 2,5 detik, 3 detik, 5 detik, hingga 10 detik.

[section label=”Kekurangan”]

Kekurangan

Tidak ditunjang dengan kapasitas RAM yang memadai. Menggunakan chipset MT6592 buatan MediaTek dengan prosesor octa-core Cortex-A7 berkecepatan 1,3 GHz serta GPU Mali-450 MP4 sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan kelas menengah ke atas, seperti membuka aplikasi media sosial, mendengarkan musik, menonton film, bahkan bermain game HD.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, smartphone ini berhasil meraih skor 32.432 poin pada pengujian AnTuTu. Sayangnya, chipset ini tidak didukung oleh kapasitas RAM yang cukup memadai. BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 hanya ditunjang oleh RAM 1 GB serta media penyimpanan 8 GB. Hal ini membuatnya cukup pas-pasan untuk pengguna kelas menengah yang ingin menginstall lebih banyak aplikasi pada smartphone ini.

User interface standar Google. Tak ada yang istimewa dari user interface milik BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1. Dari tampilan home, menu, setting, dan lain-lain seluruhnya merupakan user interface standar yang diusung oleh Google sesuai dengan sistem operasi yang digunakannya, Android KitKat 4.4.

UI-Sonido-J1

Tidak ada sound chip tambahan. Tak jauh berbeda dengan Sonido X1+, BLAUPUNKT juga tidak menanamkan sound chip tambahan pada Soundphone Sonido J1. Optimalisasi kualitas audio yang dihasilkan pun hanya sebatas dari sisi software dengan menggunakan aplikasi BLAUPUNKT Audio App. Hal ini memang bukan masalah besar, terutama untuk pengguna yang sudah cukup nyaman dengan kualitas audio yang ada. Namun cukup disayangkan mengingat Sonido J1 merupakan salah satu perangkat yang termasuk dalam lini Soundphone.

Suara speaker pecah pada volume maksimal. Suara yang dihasilkan oleh BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 terbilang cukup lantang. Namun pada saat menggunakan volume maksimal, suara yang dihasilkan terasa pecah. Terlebih pada jenis musik yang cukup “berisik” seperti rock atau punk. Namun untuk musik yang “ringan” seperti pop, dangdut, dan akustik, pecahnya suara yang dihasilkan tidak terlalu terdengar.

Harga relatif mahal. Jika melihat spesifikasi hardware yang dimilikinya, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 ditawarkan dengan harga yang cukup mahal, yakni Rp3.949.000. Meski begitu, sejatinya harga jual yang ditawarkan tidak dapat dibandingkan dengan smartphone yang sekelas sekalipun. Hal ini dikarenakan BLAUPUNKT menyertakan sebuah headphone premium pada paket penjualannya.

[section label=”Kesimpulan”]

Kesimpulan

Untuk para pengguna Android yang mendewakan spesifikasi hardware, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 bukanlah smartphone yang istimewa. Jika dibandingkan dengan perangkat yang sekelas dengan spesifikasi yang sama, smartphone ini ditawarkan dengan harga yang cukup mahal (Rp3.949.000).

Namun jika Anda mencari smartphone kelas menengah dengan fitur multimedia yang mumpuni, BLAUPUNKT Soundphone Sonido J1 punya berbagai macam fitur yang dapat menjawab kebutuhan multimedia Anda, terutama untuk audio. Paket penjualannya yang menyertakan headphone BLAUPUNKT BPA-102 juga menjadi salah satu kelebihan tersendiri untuk smartphone ini.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer