Connect with us
UM3406
Berita

Kembangkan Mobile Imaging Modern, vivo Bangun Pusat R&D di Jepang

Belum lama ini, vivo meresmikan R&D Center di Tokyo, Jepang yang dikepalai oleh Masazumi, Chief Expert of vivo Tokyo R&D Center, beserta segenap tim profesional di Jepang.

Updated

vivo senantiasa menghadirkan rangkaian smartphone andalan terbaik di kelasnya dengan strategi inovasi teknologi yang berorientasi pada kebutuhan konsumen. Teknologi mobile imaging seperti ultra wide-angle camera, telephoto camera, serta TOF (Time-of-Flight) 3D Sensing Technology merupakan landasan penting yang ditawarkan oleh vivo.

Faktor inilah yang semakin memperkuat upaya serta strategi penelitian dan pengembangan vivo di kancah global. Belum lama ini, vivo meresmikan R&D Center di Tokyo, Jepang yang dikepalai oleh Masazumi, Chief Expert of vivo Tokyo R&D Center, beserta segenap tim profesional di Jepang.

“Setiap langkah inovasi yang kami lakukan di vivo selalu berfokus pada apa yang dibutuhkan oleh konsumen secara global. Hadirnya vivo Tokyo R&D Center merupakan perwujudan dari komitmen vivo,” ucap Edy Kusuma, Senior Brand Director PT vivo Mobile Indonesia.

Ditambahkan oleh Edy bahwa komitmet tersebut bertujuan untuk terus menciptakan berbagai terobosan baru di bidang teknologi imaging dan menghadirkan produk inovatif bagi konsumen. Pendirian vivo Tokyo R&D Center adalah salah satu manifestasi strategi R&D global vivo.

Pada 2017, vivo mengusulkan agar penelitian teknologinya tidak lagi fokus pada satu aspek saja namun juga pada inovasi smartphone secara keseluruhan. Demi mencapai tujuan ini, vivo memiliki 10 pusat R&D yang tersebar di Shenzhen, Dongguan, Nanjing, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Xi’an, Taipei, San Diego, dan Tokyo.

Ke-10 pusat R&D tersebut dihadirkan secara khusus untuk pengembangan dan layanan teknologi mutakhir, termasuk 5G, kecerdasan buatan (AI), desain industri, sistem pencitraan, serta rangkaian teknologi baru lainnya yang selalu digulirkan oleh vivo ke tangan konsumen.

Pada 2019, vivo resmi mendirikan vivo Tokyo R&D Center yang menjadi sarana pra-penelitian dan pengembangan teknologi yang akan diterapkan dalam dua tahun kedepan. Melalui strategi yang terintegrasi di berbagai negara dengan fokus penelitian yang bervariasi, R&D ini turut berkontribusi menghasilkan penemuan baru dalam teknologi imaging.

“Jepang memiliki sejarah lebih dari 100 tahun dalam pengembangan teknologi mobile imaging dan telah mengalami transisi yang besar mulai dari film, digital imaging, lensa, hingga perangkat sensor,” jelas Masazumi, Chief Expert of vivo Tokyo R&D Center.

Ditambahkan oleh Masazumi bahwa vivo percaya teknologi kamera smartphone dapat dikembangkan dengan adanya landasan yang kuat dan matang di industri imaging, dan adanya pusat R&D di Tokyo, akan semakin mempercepat upaya penelitian serta pengembangan teknologi yang kami lakukan.

Mr. Masazumi mengungkapkan, upaya riset vivo dalami mobile imaging juga sempat menemukan berbagai tantangan dalam proses perjalanannya, terlebih karena Jepang dan Cina masing-masing memiliki standar spesifikasi hardware yang berbeda.

“Kami merekomendasikan pemanfaatan sumber daya lokal khusus untuk upaya penelitian dan pengembangan teknologi mobile imaging vivo. Dengan banyaknya pemasok, produsen, mitra serta universitas yang telah berkolaborasi sangat baik, kami dapat memanfaatkan sumber daya lokal berkualitas,” tambah Masazumi.

Saat ini vivo Tokyo R&D Center telah berkembang jauh lebih pesat, setelah berpindah dari Shimbashi ke Gochome – Chuo-ku di pusat Tokyo. Fokusnya secara bertahap mulai dari mobile phone imaging hingga area fokus yang lebih spesifik lagi yaitu kamera mobil, kamera olahraga, serta kamera industri.

Berorientasi pada kebutuhan konsumen telah menjadi budaya perusahaan dan prinsip utama dalam penelitian dan pengembangan di vivo. Mulai dari kamera gimbal hingga V1 Imaging Chip, semua inovasi teknologi ini berlandaskan pada wawasan yang dimiliki vivo serta memahami segala aspek kebutuhan konsumen smartphone saat ini.

Agar dapat senantiasa memberikan informasi terkini terkait kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen, tim vivo Tokyo R&D Center bersama kantor pusat vivo global secara konsisten berbagi wawasan dan membahas tren data serta teknologi terbaru di industri.

Ditengah tantangan pandemi, kedua tim pun beradaptasi dengan komunikasi virtual. Masazumi mengungkapkan pertemuan online memberikan banyak kemudahan. “Tim produk kami di Cina banyak menganalisa riset tren di masa depan khususnya untuk mobile imaging berdasarkan umpan balik pengguna.

Masazumi melanjutkan, dengan ekspektasi HD Imaging yang lebih tinggi dan keterbatasan ruang dalam smartphone untuk modul kamera, pengembangan hardware mobile imaging di masa depan akan dibuat semakin terintegrasi dan “dimungilkan”, dengan sensor yang lebih sensitif dan lebih cepat dibandingkan dengan lensa kamera saat ini.

Comments

Harga HP Terbaru

Berita3 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer