Connect with us
UX8402
Berita

Hasil Benchmark Snapdragon 8 Gen 1 Muncul untuk Pertama Kalinya

Kini, detail kinerja terbaru dari Snapdragon 8 Gen 1 telah muncul. Tolok ukur atau benchmark terbaru ini mencerminkan bagaimana Snapdragon 8 Gen 1 dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon 888, dan A15 Bionic Apple.

Updated

Qualcomm secara resmi telah memperkenalkan chipset unggulan terbarunya yang ditujukan untuk smartphone Android. Datang dengan sebutan Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm berani mengubah skema penamaan untuk chipset unggulan terbarunya itu.

Ya! Sejauh ini, Snapdragon 8 Gen 1 memang menjadi pilihan yang sangat populer untuk smartphone Android unggulan di tahun 2022. Sebut saja Motorola yang segera mengumumkan kehadiran Moto Edge X30. Ada juga Xiaomi yang akan merilis Xiaomi 12 Series dan realme yang akan meluncurkan realme GT 2 Pro.

Semua smartphone tersebut sudah dikonfirmasi akan ditenagai Snapdragon 8 Gen 1. Kini, detail kinerja terbaru tentang chipset tersebut telah muncul. Tolok ukur atau benchmark terbaru ini mencerminkan bagaimana Snapdragon 8 Gen 1 dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon 888, dan A15 Bionic Apple.

Selama acara peluncuran, Qualcomm hanya memamerkan chipset unggulan terbarunya itu tertanam di dalam perangkat referensi. Sementara, skor Geekbench 5 yang dibagikan oleh PC Mag menunjukkan kinerja chipset tersebut di beberapa metrik penting.

Geekbench menyediakan benchmark kinerja CPU lintas platform dengan tiga hasil. Ada sedikit variasi antara menjalankan masing-masing pengujian yang dilakukan, tetapi variasi ini tidak begitu signifikan untuk mempengaruhi keandalan hasilnya.

Snapdragon 8 Gen 1 mencetak skor masing-masing 1.234 poin untuk pengujian Single-core dan 3.837 poin untuk Multi-core. Kedua skor Geekbench 5 untuk Snapdragon 8 Gen1 memang lebih tinggi dibandingkan yang diperoleh Snapdragon 888, tetapi masih di bawah A15 Bionic buatan Apple yang mendukung seri iPhone 13.

Dilihat dari skor yang dihasilkan, chipset Snapdragon 8 Gen 1 masih lebih rendah dari segi performa dibandingkan A14 Bionic milik Apple. Sementara, jika dibandingkan dengan Apple A13 Bionic, chipset unggulan terbaru milik Qualcomm tersebut hampir setara.

Qualcomm sendiri sebelumnya sesumbar bahwa Snapdragon 8 Gen 1 punya peningkatan kinerja sebesar 20% lebih tinggi dari Snapdragon 888 yang dirilis akhir tahun lalu. Namun, klaim tersebut tidak tercermin sepenuhnya dalam skor Geekbench 5 yang baru.

Ya! Qualcomm seperti masih harus meningkatkan “permainannya” untuk mengejar Apple yang chipsetnya setidaknya dua generasi di depan SoC Qualcomm terbaru. Namun, skor tersebut belum sepenuhnya benar, karena perangkat yang diuji bukanlah smartphone komersial melainkan perangkat referensi.

Mungkin akan ada beberapa peningkatan dalam skor Geekbench 5 saat ini ketika produk sebenarnya yang ditenagai oleh chipset tersebut dimasukkan melalui pengujian Geekbench. Namun, ada peningkatan kinerja GPU yang merupakan keuntungan besar bagi para gamer, seperti yang ditunjukkan dalam tes offscreen GFXBench 5 Aztec Ruins.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer