Connect with us
FX516
Berita

BSA Ajak Pebisnis Indonesia Jangan Lagi Pakai Software Ilegal

BSA menghimbau sejumlah perushaan di Indonesia untuk beralih menggunakan software legal, dalam batas waktu hingga pertengahan tahun 2020. Jika himbauan ini diabaikan, perusahaan-perusahaan tersebut bakal menghadapi sanksi hukum.

Updated

Para eksekutif BSA dan pejabat-pejabat di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) merencanakan kampanye komunikasi dan inspeksi yang lebih menyeluruh. Kolaborasi antara BSA dan DJKI ini akan menjangkau perusahaan-perusahaan di Indonesia yang masih menggunakan software ilegal.

Ya! Dalam kampanye ini BSA menawarkan dukungan untuk melakukan transisi ke software legal sebelum inspeksi dilakukan oleh DJKI. BSA juga mengatakan bahwa perusahaan yang mengaku menggunakan software legal harus dapat menyediakan bukti untuk menghindari masalah hukum.

Nantinya, perusahaan-perusahaan yang tidak patuh dapat dikenakan sanksi hingga Rp1 miliar dalam bentuk denda pemerintah, biaya legal dan sanksi-sanksi akibat penggunaan software ilegal, yang termasuk dalam pelanggaran undang-undang hak cipta di Indonesia.

Seperti dikatakan oleh Tarun Sawney, Direktur Senior, BSA bahwa sejumlah perusahaan tidak dapat bersaing dalam perekonoman saat ini jika masih menggunakan software ilegal. Perlu diketahui bahwa software ilegal yang digunakan bakal menimbulkan risiko hukum, siber dan reputasi.

“Kami di sini hadir untuk membantu perusahaan-perusahaan melakukan transisi ke software legal. Para pemimpin bisnis juga harus secara proaktif menangani masalah penggunaan software ilegal di dalam perusahaan mereka karena bisa berdampak negatif dan potensi kerugiannya terlalu besar untuk diabaikan,” jelas Tarun.

Menurut BSA, banyak perusahaan di Indonesia selama 6 bulan terakhir gagal beralih ke software legal, sehingga membuka lebar kemungkinan serangan malware dan mempertaruhkan reputasi mereka. Malware dari software yang tidak berlisensi menimbulkan kerugian perusahaan secara global mencapai US$ 359 miliar per tahun.

Untuk mengubah sikap lalai para pemimpin bisnis Indonesia tentang software ilegal, BSA mengatakan bahwa para investor, pejabat pemerintah, dan pendukung perlindungan konsumen harus menyerukan kepada perusahaan-perusahaan untuk sepenuhnya menghentikan penggunaan perangkat lunak ilegal.

“Dengan menggunakan software ilegal, perusahaan-perusahaan di Indonesia menciptakan celah untuk serangan malware yang mencuri data konsumen, meretas database e-commerce dan menyedot uang dan data dari akun konsumen,” kata Tarun.

Dibandingkan dengan negara-negara tetangga, Indonesia tertinggal, baik dalam alih software legal, maupun keamanan siber. Sementara, beberapa perusahaan di Filipina, Thailand dan Vietnam mencatat tingkat alih software legal yang jauh lebih tinggi selama kampanye.

Komponen utama dari kampanye BSA adalah untuk membantu para pemimpin bisnis memahami risiko hukum, reputasi, dan keamanan siber yang diperburuk oleh penggunaan software ilegal, yang tidak menerima pembaruan keamanan yang disediakan oleh perangkat lunak legal.

BSA juga menekankan manfaat bisnis yang diperoleh dari penggunaan software legal, yaitu lebih produktif, lebih aman dan terkait dengan profitabilitas bisnis yang lebih baik. Ketika perusahaan mengambil langkah-langkah pragmatis untuk memperbaiki manajemen perangkat lunaknya, mereka dapat meningkatkan keuntungan hingga 11 persen.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9T

Xiaomi kembali memperkenalkan smartphone "enrtri level" terbaru, Redmi 9T. Membawa tagline "Jawaranya Batre Gede", Redmi 9T diperkenalkan oleh Xiami pada...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO M3

POCO, yang sekarang telah menjadi brand independen dari Xiaomi baru saja meluncurkan POCO M3 di pasar Indonesia. Datang sebagai smartphone...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra

Galaxy S21 Ultra adalah seri Galaxy S21 tertinggi yang diperkenalkan oleh Samsung bersama Galaxy S21 dan S21+. Smartphone ini juga...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer