Connect with us
UX8402
Berita

Aplikasi Tafsir Online Untuk Tadabbur Al-Qur’an Harian

Keberadaan aplikasi tafsir online akan membantu kita untuk melakukan tadabbur Al-Qur’an dengan mudah dan praktis, kapan serta di mana saja.

Updated

Di antara berbagai ibadah lainnya, membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang utama. Pahala bagi yang mengamalkannya bahkan dihitung setiap huruf yang terucap dari bibirnya. Namun selain membaca, sebagai kaum mukmin kita juga wajib mempelajari makna dalam ayat-ayat Al-Qur’an dengan cara tadabbur.

Rasulullah saw bersabda:

“Sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari Alquran dan mengamalkannya.” (HR Bukhari).

Tadabbur artinya memusatkan pikiran atau berkonsentrasi untuk menghayati dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an dengan hati dan pikiran yang terbuka. Tujuannya adalah agar dapat mengamalkannya dalam menjalani kehidupan demi meraih ridho Allah SWT.

Tadabbur Al-Qur’an dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk mereka yang awam dan tak pernah mengenyam pendidikan tafsir Qur’an secara akademik. Dalam salah satu ceramahnya, Alm Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa kita dapat memulai dari ayat-ayat pilihan yang sering dibaca atau sudah dihafal dengan bantuan kitab terjemahan dan tafsir.

Tentu saja kitab tafsir dimaksud tidak harus berbentuk fisik, kita juga dapat memanfaatkan aplikasi tafsir online seperti TafsirWeb. Situs ini tidak hanya menampilkan bacaan ayat Al-Qur’an dalam huruf arab, tetapi juga latin, sekaligus terjemahannya.

Sementara untuk mendapatkan informasi tafsirnya, cukup klik bagian angka pada ayat yang dipilih. Tafsir Al-Qur’an online ini dapat digunakan secara gratis bahkan tanpa perlu diunduh. TafsirWeb memuat kumpulan tafsir dari berbagai sumber yang kompeten seperti Tafsir al-Muyassar, Tafsir as-Sa’di, Tafsir al-Aisar, dan sebagainya.

Selain itu, TafsirWeb juga menyediakan tafsir versi Kementerian Agama Republik Indonesia. Jadi dapat dikatakan bahwa TafsirWeb ini telah mencakup belasan kitab tafsir terkemuka. Keberadaan aplikasi ini akan memudahkan kita untuk mempelajari Al-Qur’an kapan dan dimana saja melalui perangkat smartphone, tablet, atau laptop.

Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, sedikit demi sedikit kita juga dapat mempelajari Al-Qur’an, misalnya dengan tadabbur ayat pilihan berikut ini.

Surat al-Baqarah Ayat 285-286

Ayat tersebut menyatakan bahwa Rasulullah SAW dan orang-orang mukmin beriman kepada Allah, malaikat, Al-Qur’an dan kitab-kitab yang diturunkan kepada para rasul. Orang-orang mukmin ini juga beriman kepada para rasul dengan tanpa membeda-bedakannya.

Mereka semua berkata kepada Allah SWT bahwa mereka telah taat kepada-Nya, dan meminta ampunan-Nya. Hanya Allah tempat kembali dan mereka berlindung kepada-Nya saat tiba hari kebangkitan.

Surat al-Fath

Surat ke 48 ini terdiri dari 29 ayat. Al-Fath sendiri bermakna “kemenangan” dan garis besar surat ini adalah meneguhkan bahwa janji Allah akan datang, yaitu kemenangan. Ini maksudnya kemenangan dan kebahagiaan bagi orang-orang yang beriman dan telah berjuang di jalan agama.

Surat al-Isra Ayat 26-27

Ayat ini memberikan nasehat bagi orang mukmin (beriman) untuk menyambung tali silaturahmi dengan kerabat. Ini berarti adalah orang-orang yang dekat secara nasab. Selain itu orang yang beriman juga berkewajiban untuk membantu orang yang miskin, termasuk musafir yang bekalnya habis di perjalanan.

Di sini terdapat juga larangan bagi orang yang beriman untuk bersikap boros, apalagi menghabiskan harta di jalan kemaksiatan.

Jika aktivitas tadabbur Al-Qur’an ini menjadi kebiasaan sehari-hari, maka yang bersangkutan akan semakin bertambah ilmunya sekaligus tentram batinnya. Ini karena di dalam Al-Qur’an terkandung pedoman hidup untuk meraih kebahagiaan terbaik tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer