Dua Notebook Air Xiaomi Dirilis, Harga Mulai Rp7 Jutaan

Now Reading
Dua Notebook Air Xiaomi Dirilis, Harga Mulai Rp7 Jutaan

Tanggal 27 Juli sudah berlalu, ini artinya Xiaomi sudah resmi memamerkan dua produk notebook perdana miliknya. Entah alasan apa yang membuat Xiaomi akhirnya mau ikut-ikutan menciptakan perangkat notebook. Tapi yang jelas, notebook dari Xiaomi memang terlihat trendi, potensial, dan bisa jadi pesain MacBook Air milik Apple. Xiaomi menamakan notebook buatannya Mi Notebook Air. Ada dua varian yang tersedia, yakni Mi Notebook Air 12,5 inci dan Mi Notebook Air 13,3 inci.

Spesifikasi Mi Notebook Air 13,3

mi-notebook-133

Kalau tidak ingin kompromi dengan performa, Mi Notebook Air 13,3 (layar 13,3 inci full HD) adalah pilihan yang tepat. Xiaomi membekali notebook ini dengan prosesor yang mumpuni, Intel Core i5-6200U 2,7 GHz, RAM 8 GB DDR4, SSD 256 GB, serta GPU NVIDIA GeForce 940MX. GPU ini memiliki RAM sendiri sebesar 1 GB.

Mengusung nama Mi Notebook Air, perangkat ini memiliki desain yang menarik dan bodi yang compact. Ada dua warna yang tersedia, silver dan gold. Dibanding MacBook Air 13 inci dengan ketebalan 17 mm, bodi Mi Notebook Air 13,3 bahkan lebih tipis dengan ketebalan 14,8 mm. Begitu pun dengan bezel layarnya. Notebook ini membawa dua port USB 3.0, satu port HDMI, dan dual-speaker AKG. Baterainya bisa bertahan hingga 9,5 jam dan bisa diisi cepat dengan port USB Type-C.

Spesifikasi Mi Notebook Air 12,5

mi-notebook-air-125

Memiliki dimensi layar lebih kecil, spesifikasi Mi Notebook Air 12,5 juga sedikit lebih rendah. Notebook ini mengandalkan prosesor Intel Core M3, RAM 4 GB DDR4, SSD 128 GB, namun tanpa GPU khusus. Untuk mengolah grafis terdapat GPU bawaan prosesor, yaitu Intel HD Graphics.

Dari sisi interface, Mi Notebook Air 12,5 memiliki satu buah port USB 3.0, satu port HDMI, serta ditunjang dual-speaker buatan AKG. Ketahanan baterainya diklaim bisa mencapai 11,5 jam untuk penggunaan normal. Mengusung layar 12,5 inci full HD, notebook ini hanya memiliki bobot 1,07 kg serta ketebalan 12,9 mm.

Fitur dan harga

mi-notebook-01

Baik Mi Notebook Air 12,5 maupun Mi Notebook Air 13,3 sama-sama memiliki resolusi full HD. Layar kedua notebook ini memiliki lapisan pelindung antigores serta bezel yang tipis. Sementara bodinya berbalut metal sepenuhnya dengan pilihan warna silver dan gold polos. Dengan kata lain, tidak ada logo apapun di sisi depan notebook.

Untuk menghadirkan kenyamanan mengetik, Mi Notebook Air dirancang dengan keyboard dan trackpad yang lebar ala MacBook Air. Bukan cuma lebar, keyboard tersebut juga dilengkapi LED backlight berwarna putih. Rencananya Xiaomi mulai memasarkan Mi Notebook Air pada 2 Agustus untuk wilayah Cina terlebih dahulu. Mi Notebook Air 12,5 dibanderol US$520 (Rp7 juta), sementara Mi Notebook Air 13,3 dibanderol US$750 (Rp10 juta).

Lihat Juga Review
  •  
    Review ASUS ROG GL553VW
  •  
    Review OnePlus 3T
  •  
    Review ASUS Transformer Pro 3
  •  
    Review Acer E5-553G
Subscribe untuk terus update ulasan gadget terbaru dari kami!

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
54%
Mau
23%
Biasa Aja
11%
Payah!
13%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan Huawei P9. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
Comments
Leave a response

Leave a Response