Connect with us
MaxProM1
Tech News

Vendor Smartphone Cina Ramai-ramai Keroyok Apple dan Samsung

Updated
Riset Smartphone Risingsun

Risingsun, lembaga riset asal Cina belum lama ini merilis laporan terbarunya terkait dengan pengapalan beberapa produsen smartphone pada kuartal pertama ke pasar global. Menariknya, daftar yang dirilis didominasi oleh produsen smartphone asal Negara Tirai Bambu.

Dar 10 produsen smartphone yang masuk ke dalam daftar Risingsun, ada tujuh produsen smartphone asal Cina dan tiga diantaranya masuk ke dalam lima besar. Tak berbeda dengan laporan lembaga riset lainnya, Samsung masih mendominasi pasar smartphone global.

Berada di posisi puncak, produsen elektronik asal Korea Selatan tersebut menguasai penjualan sebesar 80 juta unit. Sementara, di posisi kedua ada Apple yang menguasai pasar dengan penjualan mencapai 51 juta unit. Dan di posisi ketiga dipegang oleh Huawei dengan penjualan smartphone mencapai 35 juta unit.

Riset Smartphone Risingsun 2

Lalu, siapa dua produsen smartphone asal Cina yang disebut-sebut masuk ke dalam lima besar? Ya! Ada OPPO yang mampu memasarkan smartphone sebanyak 26 juta unit dan disusul oleh Vivo, yakni sebesar 19 juta unit. Xiaomi yang dikenal mampu menyajikan smartphone dengan spesifikasi menarik harga terjangkau hanya ada di posisi keenam, yakni dengan penjualan sebanyak 15 juta unit.

Risingsun juga menyebutkan, kompetitor Samsung, LG harus rela berbagi peringkat dengan Xiaomi yang juga hanya mampu menjual smartphone sebanyak 15 juta unit. Sedangkan Lenovo yang tanggung dalam pemasaran notebook, berada di posisi kedelapan yang berhasil menjual smartphone sebanyak 12 juta unit.

Posisi kesembilan dan juru kunci diduduki oleh ZTE dan Gionee. Masing-masing hanya mampu memasarkan smartphone hasil rancangannya sebanyak 9 juta unit dan 8 juta unit. Data tersebut juga menunjukkan adanya penurunan total penjualan sebesar 88 juta unit.

Baca Juga

Risingsun pun mencatat, total penjualan smartphone global pada kuartal keempat 2016 sebanyak 439 juta unit, sedangkan pada kuartal pertama 2017 ini hanya mampu memasarkan total sebesar 351 juta unit. Namun, jika dibandingkan dengan kuartal pertama 2016, terjadi peningkatan sebesar 5,4 persen dari tahun ke tahun.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.