Connect with us
Asus ROG
Tech News

Teknologi AR dan VR Bakal Rambah Google Chrome

Droidlime.com,

/

Chrome VR AR

Virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) adalah dua teknologi terkini yang terus dikembangkan. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang memanfaatkan dua teknologi tersebut sebagai daya tarik dari produk yang dikembangkannya.

Jelas, lewat virtual reality dan juga augmented reality, perusahaan-perusahaan tersebut lebih mudah untuk memperlihatkan keunggulan perangkat yang akan dipasarkannya. Tak hanya itu, kedua teknologi tersebut juga sudah mulai merambah dunia entertainment lebih masif.

Google sebagai perusahaan raksasa di bidang teknologi juga melihat peluang yang lebih besar dari pemanfaatan VR dan AR. Belum lama ini Google telah bereksperimen memanfaatkan kedua teknologi tersebut dengan lebih optimal untuk disematkan ke dalam aplikasi browser Chrome.

Tampaknya Google membayangkan masa depan, dimana AR dan VR bisa menjadi bagian dari sebuah web yang lebih universal. Sistem baru yang disebut-sebut sebagai “Article” ini sebenarnya adalah tampilan model 3D yang terintegrasi dengan kamera, namun disempurnakan oleh Google.

Chrome VR AR 2

Saat sistem tersebut dimuat ke dalam sebuah web atau situs, pengguna bisa berselancar lebih dalam untuk melihat sebuah objek yang ditampilkan. Lebih banyak perspektif, walaupun animasi 3D yang ditampilkan belum mendukung interaksi.

Lebih dari itu, nantinya interface yang disajikan pun akan lebih intuitif dan lebih cair. Sejauh ini prototype Article yang diperlihatkan oleh Google memang belum sempurna. Kita melihatnya masih seperti stiker AR yang dimainkan lewat sebuah smartphone.

Namun, jika itu semua bisa direalisasikan oleh Google dalam sebuah Chrome tanpa bantuan aplikasi tambahan, bukan tidak mungkin sistem ini terlihat berbeda dan begitu menarik bagi banyak orang.

Google sendiri memiliki keinginan untuk menambahkan kemampuan VR dan AR ke dalam Chrome memang sudah cukup lama. Saat gelaran Google I/O di bulan Mei 2017 lalu, mereka juga kembali berkomitmen untuk menghadirkan Chrome VR ke dalam Daydream.

Dukungan VR nantinya akan ditambahkan ke dalam Chrome versi 56, dan tentunya akan ada beberapa demo yang diperlihatkan oleh Google. Selanjutnya, pada bulan Agustus 2018 nanti, mereka akan merilis teknologi ini agar bisa dimanfaatkan oleh para pengembang web.

Baca juga

Mungkin, beberapa demo yang diperlihatkan saat ini masih dalam bentuk prototype. Namun, ini juga merupakan puncak jangka panjang Google untuk menghadirkan VR dan AR ke dalam web. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa teknologi tersebut sangat mudah untuk diimplementasikan.

Advertisement
Comments
MWC 2018

MediaTek Helio P60 Siap Unjuk Gigi di MWC 2018

Published

on

mediatek
MediaTek, produsen chipset untuk perangkat mobile dikabarkan sedang menggarap produk terbarunya. Jelas hal itu mereka lakukan guna mempersiapkan dirinya kembali berkompetisi di pasar chipset global. Kabarnya, model chipset terbaru yang sedang mereka garap adalah Helio P60. Bahkan, belum lama ini chipset tersebut tertangkap sedang diuji lewat Geekbench menggunakan perangkat yang diberi nama cukup menggoda, yakni MTK P60 MWC Demo. Jika melihat hasil pengujian, chipset ini ditanam ke dalam sebuah perangkat yang sepertinya memang sudah dipersiapkan untuk dijual secara ritel. Perangkat tersebut memiliki RAM sebesar 4 GB dan berjalan di atas sistem operasi Android 8.1 Oreo. Sayangnya, CPU yang digunakan tidak...
Continue Reading
Tech News

Batal Rilis R13, OPPO Siapkan R15 dan R15 Plus?

Published

on

OPPO R15 Leak Hand
Minggu lalu telah muncul rumor seputar OPPO R13 dan R13 Plus, dimana kedua smartphone disiapkan untuk jadi smartphone dengan chipset Snapdragon 670 pertama di dunia. Namun informasi baru menunjukkana bahwa angka 13 dianggap sebagai angka yang tidak hoki di banyak negara, sehingga OPPO menggantinya menjadi R15 dan R15 Plus. Di jejaring sosial Weibo pun sudah beredar foto OPPO R15 yang sedang digenggam satu tangan. Terlihat smartphone ini memiliki layar penuh beserta poni di bagian atas layarnya yang menyerupai iPhone X. Tahun lalu, perusahaan asal Cina ini juga telah mengajukan paten layar penuh dengan poni di bagian atasnya. Poni ini digunakan untuk...
Continue Reading
Tech News

Muncul di TENAA, Inilah Wujud Huawei P20!

Published

on

Huawei P20 Leak TENAA
Calon smartphone jagoan Huawei P20 disebut memiliki codename Emily. Variannya diprediksi bakal ada tiga. Dua di antaranya, yakni EML-TL00 dn EML-AL00 telah muncul di situs sertifikasi TENAA. Sayangnya spesifikasi hardware dari smartphone ini belum terungkap jelas. Tapi tidak dengan desainnya. Terlihat Huawei P20 memiliki bodi berbahan logam dengan varian warna biru. Layarnya terlihat sangat lega dan kekinian. Meski begitu Huawei tetap menyematkan sensor fingerprint menyatu dengan tombol Home. Selain itu, poni ala iPhone X juga bisa ditemui pada bagian atasnya yang akan diisi oleh kamera selfie dan sensor lainnya. Pada sisi kananya terdapat tombol volume dan power yang disusun secara...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer