Connect with us
UX370-JOE
Tech News

Teknologi AR dan VR Bakal Rambah Google Chrome

Droidlime.com,

/

Chrome VR AR

Virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) adalah dua teknologi terkini yang terus dikembangkan. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang memanfaatkan dua teknologi tersebut sebagai daya tarik dari produk yang dikembangkannya.

Jelas, lewat virtual reality dan juga augmented reality, perusahaan-perusahaan tersebut lebih mudah untuk memperlihatkan keunggulan perangkat yang akan dipasarkannya. Tak hanya itu, kedua teknologi tersebut juga sudah mulai merambah dunia entertainment lebih masif.

Google sebagai perusahaan raksasa di bidang teknologi juga melihat peluang yang lebih besar dari pemanfaatan VR dan AR. Belum lama ini Google telah bereksperimen memanfaatkan kedua teknologi tersebut dengan lebih optimal untuk disematkan ke dalam aplikasi browser Chrome.

Tampaknya Google membayangkan masa depan, dimana AR dan VR bisa menjadi bagian dari sebuah web yang lebih universal. Sistem baru yang disebut-sebut sebagai “Article” ini sebenarnya adalah tampilan model 3D yang terintegrasi dengan kamera, namun disempurnakan oleh Google.

Chrome VR AR 2

Saat sistem tersebut dimuat ke dalam sebuah web atau situs, pengguna bisa berselancar lebih dalam untuk melihat sebuah objek yang ditampilkan. Lebih banyak perspektif, walaupun animasi 3D yang ditampilkan belum mendukung interaksi.

Lebih dari itu, nantinya interface yang disajikan pun akan lebih intuitif dan lebih cair. Sejauh ini prototype Article yang diperlihatkan oleh Google memang belum sempurna. Kita melihatnya masih seperti stiker AR yang dimainkan lewat sebuah smartphone.

Namun, jika itu semua bisa direalisasikan oleh Google dalam sebuah Chrome tanpa bantuan aplikasi tambahan, bukan tidak mungkin sistem ini terlihat berbeda dan begitu menarik bagi banyak orang.

Google sendiri memiliki keinginan untuk menambahkan kemampuan VR dan AR ke dalam Chrome memang sudah cukup lama. Saat gelaran Google I/O di bulan Mei 2017 lalu, mereka juga kembali berkomitmen untuk menghadirkan Chrome VR ke dalam Daydream.

Dukungan VR nantinya akan ditambahkan ke dalam Chrome versi 56, dan tentunya akan ada beberapa demo yang diperlihatkan oleh Google. Selanjutnya, pada bulan Agustus 2018 nanti, mereka akan merilis teknologi ini agar bisa dimanfaatkan oleh para pengembang web.

Baca juga

Mungkin, beberapa demo yang diperlihatkan saat ini masih dalam bentuk prototype. Namun, ini juga merupakan puncak jangka panjang Google untuk menghadirkan VR dan AR ke dalam web. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa teknologi tersebut sangat mudah untuk diimplementasikan.

Advertisement
Comments
Tech News

OnePlus 6 akan Dibanderol Sekitar Rp8,4 Jutaan

Published

on

OnePlus 6 Leak
Tidak lama lagi OnePlus akan merilis smartphone andalannya ditahun ini yang digadang-gadang akan menjadi suksesor OnePlus 5T, yakni OnePlus 6. Bahkan beberapa minggu belakang ini, bocoran mengenai smartphone tersebut sudah ramai dibicarakan di internet. Bisa dibilang, OnePlus tak hanya menjanjikan untuk menghadirkan OnePlus 6 dengan bahasa desain yang katanya lebih baru, tetapi juga spesifikasi yang lebih berbobot. Bahkan OnePlus beberapa kali memberikan teaser bahwa smartphone ini nantinya masih akan menawarkan kecepatan sebagai senjata utamanya. Kabar terbaru yang juga beredar di internet, disebut-sebut OnePlus 6 akan diperkenalkan pada tanggal 18 Mei 2018. Namun yang cukup mengagetkan adalah info soal tempat peluncurannya...
Continue Reading
Tech News

Wow! Honor 10 Dijual Lebih Murah dari Honor View 10

Published

on

Honor 10 Launch
Honor baru saja mengumumkan smartphone terbarunya yang ditunggu-tunggu banyak penggemarnya, Honor 10. Satu hal yang menarik, smartphone ini dijual dengan harga sedikit lebih murah dibandingkan Honor View 10 dan sudah ditawarkan secara pre-order untuk pertama kali di pasar Cina. Honor 10 dikemas dengan layar berukuran 5,84 inci dan seperti kebanyakan smartphone yang muncul di awal tahun ini, Honor 10 juga memiliki poni di bagian atasnya. Sedangkan layarnya sendiri masih mengusung teknologi IPS LCD dengan resolusi FullHD+ dan aspek rasio 19:9. Meski mengusung layar penuh, Honor tetap memuat sensor pemindai sidik jari di bawah layar. Tentu saja, ini mirip dengan kebanyakan...
Continue Reading
Tech News

LG Persiapkan V40 dengan Codename Storm

Published

on

LG V40 Twitter 2
LG saat ini sedang sibuk mempersiapkan smartphone unggulan terbarunya, LG G7 ThinQ. Rencananya, smartphone ini akan diperkenalkan oleh LG pada tanggal 2 Mei 2018 di pasar Amerika Serikat dan pada tanggal 3 Mei 2018 di pasar Korea Selatan. Bersamaan dengan kedatangan LG G7 ThinQ, kabarnya LG juga akan memperkenalkan LG ThinQ V35. Tentu saja ini sebuah kabar menarik yang akan ditawarkan oleh LG untuk penggila gadget, terutama bagi mereka yang menunggu-nunggu perangkat unggulan dari LG yang hadir di tahun ini. Namun ada satu kabar yang tak kalah menarik. Ya! Pabrikan elektronik asal Korea Selatan yang juga menjadi kompetitor Samsung ini...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer