Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Tech News

Snapdragon 8150 Bekuk Kirin 980 dan Apple A12 Bionic

Snapdragon 8150 baru akan diperkenalkan oleh Qualcomm pada bulan Desember 2018 nanti. Meski begitu, SoC buatan Qualcomm ini mampu menaklukkan kinerja Kirin 980 dan Apple A12 Bionic.

Updated

Rumor yang tak kalah menarik yang beredar di internet adalah rencana Qualcomm untuk merilis SoC flagship terbarunya. Disebut-sebut, SoC itu akan datang dengan nama Snapdragon 8150 dan akan diperkenalkan pada bulan Desember 2018 nanti.

Namun satu hal yang menarik, meski belum diperkenalkan, SoC tersebut telah tercatat di pengujian benchmarking AnTuTu. Ya! AnTuTu mencatat bahwa SoC terbaru buatan Qualcomm tersebut mampu mencetak skor mencapai 362.292 poin.

Secara keseluruhan, skor yang diraih oleh Snapdragon 8150 mampu menghancurkan Kirin 980 yang oleh AnTuTu saat diuji hanya mampu meraih skor 273.913. Selain itu, SoC buatan Qualcomm tersebut juga mampu menyalip tipis Apple A12 Bionic yang hanya punya skor 353.210 poin.

Tak hanya itu, lembar skor AnTuTu yang bocor juga digabungkan dengan informasi tentang konfigurasi core dan clock speed. Diposting via Weibo, pembocor ini mengunkapkan bahwa Snapdragon 8150 akan hadir dengan konfigurasi inti yang tidak biasa, yakni 1 + 3 + 4.

Dengan kata lain, 1 x core berkinerja tinggi, 3 x core menengah dan 4 x core kinerja rendah (hemat). Dijabarkan lebih lanjut, satu core kinerja tinggi adalah Cortex-A76 dengan clock speed 2,84 GHz, tiga core kinerja menengah adalah Cortex-A76 dengan clock speed 2,4 GHz dan empat core yang hemat daya adalah Cortex-A55 dengan clock speed 1,78 GHz.

Jika benar, Qualcomm tampaknya mengambil sedikit pendekatan yang tidak konvensional dan percaya diri untuk menggunakan arsitektur ARM DynamiQ. Hal ini juga memungkinkan Qualcomm untuk memasang berbagai jenis core dengan berbagai kecepatan clock ke dalam satu cluster.

Lantas, bagaimana dengan kemampuan GPU yang ditanam? Ya! Bocoran mengenai GPU juga tidak diabaikan. Tercatat, skor yang dihasilkan mencapai 156.328 poin. Artinya ada peningkatan kinerja sekitar 20 persen dibandingkan dengan Adreno 630 yang dipasang ke dalam Snapdragon 845.

Tentu saja bocoran ini sendiri belum dikonfirmasi oleh Qualcomm dan ada baiknya kita harus menunggu informasi yang dirilis resmi oleh Qualcomm terkait dengan SoC barunya ini. Jadi, beberapa minggu ke depan kita akan terus menunggu hingga SoC ini resmi melenggang.

Baca juga

Belum lama ini Samsung pun sudah memperkenalkan Exynos 9820 yang digadang-gadang akan dipasang ke dalam Galaxy S10 Series. Tentu saja akan lebih menarik jika kita bisa mendapatkan informasi dari AnTuTu mengenai kinerja SoC tersebut. Bagaimana menurut kalian?

Comments

Populer