Connect with us
VivoBookPro
Tech News

Exynos 9820 Sudah Dirilis, Siap Jadi Otak Galaxy S10 Series

Samsung sudah secara resmi memperkenalkan chipset barunya, Exynos 9820. Ya! Chipset ini nantinya akan jadi otak dari Galaxy S10 Series yang akan diperkenalkan oleh Samsung di awal tahun depan.

Updated

Kemeriahan Natal sepertinya datang lebih awal untuk para penggemar Samsung. Pasalnya raksasa elektronik asal Korea Selatan ini baru saja menepati janjinya untuk merilis chipset Exynos 9820. Menariknya, chipset ini diproduksi lewat teknologi proses 8 nanometer LPP (Low Power Plus) FinFET.

Selain itu, SoC ini juga datang dengan dukungan modem LTE 2 Gbps, Tri-cluster CPU dan kemampuan NPU yang telah ditingkatkan. Samsung juga membenamkan CPU generasi ke-4 dengan dua core kustom untuk pemprosesan akhir, dua core Cortex-A75 untuk kinerja dan empat core Cortex-A55 untuk efesiensi.

Samsung juga mengatakan bahwa konfigurasi barunya ini memiliki jadwal penugasan yang lebih cerdas untuk meningkatkan kinerja multi-core sebesar 15 persen. Sedangkan hasil single-core bisa mencapai 20 persen dan memberikan efesiensi daya hingga 40 persen dibandingkan dengan Exynos sebelumnya.

Dukungan modem LTE-Advanced Pro adalah cara Samsung untuk menuju chipset dengan dukungan konektivitas 5G. Ya! SoC ini disebut-sebut memiliki kecepatan downlink hingga 2 Gbps. Spesifikasi teknis lainnya meliputi 8x CA dan uplink hingga 316 Mbps.

Seperti juga seri Exynos 9810, SoC baru ini juga mengandalkan teknologi 4×4 MIMO, 256-QMA dan eLAA untuk mendongkrak kecepatannya. Di sisi GPU, Samsung menyematkan Mali-G76 yang seharusnya mampu memberikan peningkatan kinerja 40 persen dan hemat daya 35 persen.

Baca juga

Dukungan NPU adalah unit terpisah yang akan membuat proses AI sekitar tujuh kali lebih cepat. Samsung juga mengatakan SoC ini diharapkan akan diproduksi massal pada akhir tahun ini. Artinya, saat Galaxy S10 dirilis di awal tahun depan, Exynos 9820 sudah terpasang di dalamnya.

Comments

Populer