Connect with us
ROG GL504
Tech News

Selamat Datang Trio iPhone Terbaru

Mengambil tempat di Steve Jobs Theater, Cupertino, Amerika Serikat, Apple secara resmi telah memperkenalkan trio iPhone terbarunya. Ada iPhone XS Max yang memiliki ukuran layar terbesar, iPhone XS, dan iPhone XR yang ditawarkan dengan pilihan warna menarik.

Published
iPhone 2018 Launch
Vivo V11 Pro

Selamat datang trio iPhone terbaru. Ya! Itulah kata pertama yang pantas kita ucapkan untuk kedatangan tiga model iPhone terbaru yang diperkenalkan oleh Apple di tahun ini. Ketiga model tersebut adalah iPhone XS Max, iPhone XS, dan iPhone XR.

Mengambil tempat di Steve Jobs Theater, Cupertino, Amerika Serikat, Apple sangat percaya diri untuk memperlihatkan secara langsung beberapa fitur unggulan yang ada di dalam ketiga model iPhone barunya itu. Tak hanya mengulas soal desain layar, Apple juga mengungkap isi jeroan dari masing-masing model.

Apple iPhone XS Max

iPhone XS Max

iPhone XS Max adalah model iPhone yang memiliki ukuran layar paling besar. Smartphone ini datang dengan layar AMOLED berukuran 6,5 inci. Aspek rasio 19,5:9 dengan bezel yang sangat tipis dan tetap memiliki poni di bagian atasnya.

Layar baru ini pada dasarnya memiliki lebar yang sama dengan panel 5,5 inci milik iPhone 8 Plus. Namun ekstra ketinggian mampu mengakomodasi tambahan konten. Layar “Super Retina” yang baru mampu menyajikan kepadatan piksel setara 458 ppi dan memiliki resolusi hingga 1.242 x 2.688 piksel.

Untuk pengoperasian yang lebih mulus, layar sentuhnya memiliki refresh rate 120 Hz dan layarnya juga masih mendukung HDR10 serta Dolby Vision. Meskipun begitu, Apple telah berhasil meningkatkan dynamic range hingga 60 persen.

Seperti yang telah diperkirakan, Apple kini “mematikan” fitur Touch ID. Fitur biometrik yang ditawarkan hanya Face ID. Dan Apple pun sesumbar bahwa pemindai wajah 3D buatannya ini telah dioptimalisasi sehingga memiliki kinerja yang lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Untuk urusan memotret, Apple membenamkan kamera ganda di bagian belakang yang memiliki resolusi 12 MP + 12 MP. Lensa primer memiliki sensor baru dengan piksel yang lebih besar, yakni 1,4um dan aperture f/1.8. Sementara, lensa telefoto memiliki aperture f/2.4, 2x zoom optik dan dukungan OIS.

Rendering bokeh yang diperbarui memungkinkan pengguna menyesuaikan kedalaman bidang setelah foto diambil. Kekuatan chipset A12 Bionic sebagai otak dari iPhone XS Max ini juga menawarkan fitur Smart HDR dan foto yang dihasilkan pun bakal memiliki dynamic range yang sempurna.

Kamera depan yang disematkan juga telah ditingkatkan. Sensor 7 MP RGB diklaim oleh Apple telah meningkat dalam hal kecepatan. Selain itu, rekaman video kini sudah mendukung audio stereo dan tentunya dengan dynamic range yang lebih luas.

Berbicara soal material yang digunakan, Apple mengemas iPhone XS Max dengan sasis baja tahan karat dan formula baru untuk kaca anti gores. Selain itu, Apple juga sudah menyematkan sertifikasi IP68 sehingga smartphone ini aman bertahan selama 1/2 jam di bawah air sedalam 2 meter.

Untuk urusan storage, kapasitas paling kecil adalah 64 GB dan yang tertinggi adalah 512 GB. Kini, opsi 256 GB telah menjadi jalan tengah bagi Apple. Ya! Bisa dibilang kapasitas tertinggi, yakni 512 GB merupakan jawaban dari Apple terhadap tantangan yang dilontarkan oleh pabrikan smartphone Android.

Apple iPhone XS

iPhone XS 1

Model lainnya yang turut diperkenalkan adalah iPhone XS. Bisa dikatakan, inilah model S sesungguhnya. Smartphone ini dibangun di atas hardware dan fitur dari tahun lalu tanpa mengubah terlalu banyak. Otaknya tertanam Apple A12 Bionic yang dijamin akan melompati flagship Android dalam hal kinerja.

Tak berbeda dengan iPhone XS Max, opsi penyimpanan paling tinggi adalah 512 GB. Sedangkan yang paling dasar memiliki storage 64 GB. Lagi dan lagi, opsi 256 GB adalah jalan tengah yang ditawarkan oleh Apple kepada konsumennya.

Sekadar informasi untuk kalian, Apple A12 Bionic sendiri merupakan chipset 7nm pertama yang diharapkan bisa membuat banyak kejutan di pasar smartphone. Konfigurasi desain yang ditawarkan 6-core (2 besar + 4 kecil) ditambah 4-core GPU dan 8-core terbaru neural engine.

Apple sendiri menjanjikan, bahwa chipset buatannya ini juga menawarkan 15 persen lebih cepat dan 40 persen lebih hemat daya daripada Apple A11. Selain itu, GPU menawarkan kinerja 50 persen lebih tinggi dan bandwidth memori juga lebih tinggi berkat lossless compression.

Neural engine memang hanya memiliki dua kali jumlah core dibandingkan dari generasi sebelumnya. Tetapi itu sangat kuat dan Apple juga menegaskan bahwa semua itu dapat melakukan 5 triliun operasi, naik dari 600 miliar operasi.

Ukuran layar AMOLED 5,8 inci memiliki resolusi yang sama seperti model iPhone X, yakni 1.125 x 2.436 piksel. Sedangkan kepadatan piksel yang dimiliki sama seperti iPhone XS Max, begitu juga untuk tingkat refresh rate-nya. Apple pun juga mengemas iPhone XS dengan speaker stereo.

Soal warna, baik model iPhone XS Max dan iPhone XS, keduanya menawarkan pilihan warna yang sama. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan, yakni Gold, Silver, dan Space Grey. Selain itu, Apple juga memperkenalkan fungsi Dual SIM Card ke iPhone terbarunya ini.

Apple iPhone XR

iPhone XR

iPhone XR adalah model ketiga yang diperkenalkan oleh Apple. Berbeda dengan dua model sebelumnya, iPhone XR dikemas oleh Apple dengan layar LCD. Meski begitu, aspek rasio smartphone ini sudah 19,5:9. Apple memiliki nama baru untuk layarnya ini, yakni Liquid Retina.

Sedangkan kerapatan pikselnya sama dengan layar Retina iPhone 8 (326 ppi), resolusinya 822 x 1.1792 piksel (jadi di bawah 1080p). Panel LCD ini juga memiliki refresh rate 120Hz dan color gamut yang lebih luas dari iPhone XS Max dan iPhone XS yang disokong layar AMOLED.

iPhone XR juga hanya dilengkapi kamera belakang tunggal. Pada dasarnya, kamera tunggal yang digunakan merupakan modul utama kamera XS dan memiliki piksel 1.4μm. Berkat chipset Apple A12 Bionic, semua teknik pemotretan tingkat lanjut telah tersedia.

Untuk fitur keamanan biometrik yang disematkan, Apple juga menyisipkan pemindai Face ID. Bahkan bisa dikatakan, ketiga iPhone terbaru yang diperkenalkan oleh Apple ini, termasuk iPhone XS telah menggunakan kamera True Depth yang diperbarui.

Lantas, bagimana dengan storage yang dibenamkan oleh Apple ke dalam smartphone terjangkaunya ini? Tidak seperti iPhone XS Max dan iPhone XS, Apple menawarkan opsi storage yang ada di dalam iPhone XR sedikit berbeda. Paling rendah 64 GB dan yang tertinggi 256. Ditengah-tengah ada 128 GB.

Baca juga

Satu hal yang menarik, Apple menawarkan lebih banyak warna pilihan untuk iPhone XR. Tentu saja, ini mengingatkan kita dengan iPhone 5C dan warna-warna yang ditawarkan adalah Blue, Yellow, Coral, Black, dan Product Red.

Comments

Wajib baca

Populer