Connect with us
UX370-JOE
Review

Review Vivo Y55

Droidlime.com,

/

vivo y55 droidlime 05

Jangan remehkan smartphone asal Cina. Makin dipandang sebelah mata, maka tak terasa bakal makin cepat perkembangannya. Sebut saja OPPO atau Vivo, dua produsen smartphone dari Cina yang begitu sukses merangsek naik ke posisi lima besar merek smartphone terlaris di Cina, bahkan dunia.

Apakah kesuksesan tersebut diraih karena mereka piawai menciptakan produk berkualitas? Ya, begitulah kenyataannya. Contohnya adalah Vivo Y55, smartphone untuk entry-level yang punya potensi besar. Semenarik apa smartphone ini? Berikut ulasannya!

Kelebihan

Desain mainstream yang cantik. Vivo Y55 tampil cantik dengan desain unibody berbalut metal di seluruh bodinya. Ditambah lagi pilihan warna gold serta hiasan garis antena di sisi belakang membuatnya makin manis. Sebenarnya, desain ini terasa cukup mainstream karena mirip iPhone, HTC, atau bahkan OPPO. Meski mainstream, harus diakui desainnya memang cantik dan membuat penggunanya betah berlama-lama memegangnya.

vivo-y55-droidlime-01

Layar sejuk di mata. Selain karena desain yang cantik, yang membuat kami betah berlama-lama memegang layar Vivo Y55 tak lain karena layarnya yang sedap di pandang. Layar tersebut terbuat dari panel IPS membawa resolusi 720p yang terlihat padat.

vivo-y55-droidlime-02

Viewing angle layarnya juga sangat luas sehingga kualitasnya tidak menurun saat dilihat dari sudut miring. Oh ya, yang perlu diketahui juga bahwa layar Vivo Y55 sudah ditunjang teknologi eye protection. Saat diaktifkan, temperatur layar akan menurun ditandai dengan warna layar yang agak menguning. Eye protection sejatinya sangat cocok digunakan untuk penggunaan malam hari, terutama untuk membaca sehingga mata kita tidak cepat kelelahan.

OS hemat kaya fitur. Vivo Y55 datang dengan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. OS ini dipoles dengan beragam fitur menarik yang memudahkan penggunaan dan diberi nama Funtouch OS (versi 2.6). Fitur-fitur yang dimaksud antara lain Smart Motion atau gesture, Smart Multi-screen, One-handed, Smart click, hingga Super screenshot untuk menciptakan screenshot panjang hingga lebih dari sepuluh halaman!

vivo-y55-droidlime-11

Menariknya, bukan cuma dijejali banyak fitur yang bakal memudahkan saat penggunaan, OS Funtouch yang dibawanya nyatanya juga terbilang hemat. Saat idle, OS ini mengonsumsi 50 persen dari total kapasitas RAM yang dimiliki Vivo Y55. Lalu saat menjalankan tiga hingga lima aplikasi bersamaan, konsumsi RAM-nya meningkat hingga 70 persen dan ini masih tergolong irit.

Slot kartu lengkap. Ketika banyak produsen menciptakan smartphone dengan slot SIM card dan microSD yang menyatu, lain halnya dengan Vivo. Merek satu ini tidak pelit slot dengan memisahkan slot SIM card (di sisi kiri) dan slot microSD (di sisi atas).

vivo y55 droidlime 04

Mendukung 4G di Indonesia. Kami sangat mengapresiasi keseriusan Vivo dalam menggarap pasar tanah air. Merek satu ini tidak ragu untuk membangun pabrik di Indonesia (Cikupa) dan menggandeng sejumlah startup lokal dalam memenuhi aturan TKDN. Dampaknya, Vivo Y55 sudah mendukung jaringan 4G di Indonesia dengan sempurna, baik secara hardware, software, maupun aturan pemerintah.

Kinerja di atas rata-rata. Sektor hardware dan performa juga jadi hal yang kami sukai dari Vivo Y55. Merek satu ini tidak pelit memberi hardware berkualitas. Anda bakal merasakan performanya ngebut berkat paduan CPU octa-core Snapdragon 430, GPU Adreno 505, serta RAM 2 GB di dalamnya. Kombinasi ini menghasilkan skor 42 ribu poin pada pengujian AnTuTu Benchmark, lebih tinggi dari rata-rata skor smartphone seharga Rp2 jutaan lainnya (30 ribu poin).

vivo-y55-droidlime-10

Kamera optimal. Besar kemungkinan Anda tidak tertarik ketika mengetahui Vivo Y55 hanya memiliki kamera utama 8 MP. Sementara kamera depannya lumayan dengan resolusi 5 MP. Kami pun berpikiran yang sama. Namun pemikiran tersebut langsung berubah ketika kami menjajal kameranya dan melihat hasil jepretannya.

vivo-y55-droidlime-09

Pasalnya, kameranya tidak terasa lag saat membidik objek di dalam ruangan dengan cahaya tidak berlimpah. Selain itu, hasil jepretannya juga memuaskan dengan warna dan tingkat ketajaman yang sangat baik. Bahkan kami berani mengatakan kalau kualitas kamera 8 MP milik Vivo Y55 sebanding dengan resolusi kamera 13 MP.

Sementara kamera depannya juga tak kalah menarik. Ada fitur beautify dan One-tap makeover untuk membuat wajah Anda terlihat bersih dan kinclong. Jika masih kurang, masih ada fitur lainnya, yakni screen flash yang bisa menyulap cahaya pada layar smartphone menjadi lampu flash untuk menerangi wajah Anda.

Dilengkapi casing dan screenguard. Ketika membeli Vivo Y55, Anda tak perlu repot-repot membeli aksesori wajib yang biasa digunakan untuk melindungi smartphone. Ya, Vivo menyertakan screenguard (sudah terpasang) serta jelly case yang bisa ditemui dalam paket penjualannya.

Kekurangan

Minus sensor fingerprint. Dibanderol Rp2,5 juta, Vivo Y55 tentunya bakal sempurna jika dibekali dengan sensor fingerprint. Pasalnya smartphone seharga Rp2 jutaan lainnya, seperti Flash Plus 2, Infinix Hot S, atau ASUS ZenFone 3 Max sudah dibekali sensor fingerprint.

Kesimpulan

Jika mencari smartphone dengan bujet Rp2 jutaan, Vivo Y55 sangat layak untuk masuk dalam daftar buruan Anda. Buat motret oke, bermain game oke, buat mejeng pun oke. Smartphone satu ini juga begitu mirip “saudara kembarnya”, OPPO A37, namun dengan spesifikasi hardware yang lebih baik. Satu-satunya kekurangan yang kami rasakan dari smartphone ini tak lain adalah minusnya sensor fingerprint.

Advertisement
Comments
Review

Review Garmin vivoactive 3: Teman Berolahraga

Garmin vivoactive 3 dirancang untuk memacu semangat Anda untuk rajin berolahraga, khususnya lari dan berenang.

Published

on

DSC00771
Mendengar nama Garmin, tentu akan mengingatkan kita dengan perangkat GPS. Tapi jangan salah, Garmin tak melulu memproduksi GPS. Wearable device lainnya yang juga diproduksi oleh Garmin adalah perangkat kebugaran, salah satunya smartwatch. Desain konvensional Nah, smartwatch kepunyaan Garmin yang kali ini mampir ke meja DroidLime adalah vivoactive 3. Bicara soal desain, vivoactive 3 jujur saja memang terlihat tak semenarik smartwatch Android Wear. Justru kami melihatnya seperti jam tangan biasa yang banyak beredar di pasaran. Bentuknya bulat, stainless steel yang menjadi bezelnya begitu terlihat mencolok. Ada ukiran garis yang memberi kesan sebagai penunjuk waktu konvensional. Praktis smartwatch ini mungkin bakal menarik...
Continue Reading
Review

Review ASUS ZenFone Max Plus: Lebih Modern

ZenFone Max Plus cukup menggoda berkat hadirnya dual-camera, layar 18:9, dan tentunya baterai besar.

Published

on

maxplus14
Satu lagi smartphone baru dari keluarga ZenFone Max yang dibawa ASUS ke Indonesia. Namanya ZenFone Max Plus. Dan nilai plus-nya ada pada layarnya yang sekarang lebih minim bezel dengan rasio 18:9. Desain Masih mengusung embel-embel “Max” ternyata ASUS banyak melakukan perubahan pada ZenFone Max Plus dibandingkan seri terdahulunya. Perubahan paling frontal ada pada layar penuh 18:9 yang terlihat lebih ciamik. Ukuran layarnya 5,7 inci dengan resolusi HD+. Walaupun layarnya besar, smartphone ini dipastikan tetap nyaman digenggam dengan satu tangan karena memiliki bodi berukuran 5,2 inci. ASUS juga membekali Max Plus dengan desain kaca 2,5D, jadi terlihat lebih kece. Sekarang sensor...
Continue Reading
Review

Review Samsung Galaxy S9+: Sama Rupa Beda Rasa

Tampangnya memang serupa Galaxy S8, tapi Galaxy S9 series menawarkan beberapa peningkatan minor yang terasa menarik.

Published

on

s9plusdroidlime143
Kalau Anda berencana membeli Samsung Galaxy S9, kami sarankan untuk memilih yang versi Plus saja karena punya dua kamera belakang. Selain tentunya bisa memotret bokeh yang lagi ngetren, dual-camera ini juga membuatnya terlihat berbeda dari Galaxy S8, Galaxy A8, maupun Galaxy Note 8. Desain Tidak mudah membedakan, mana Galaxy S8+ dan mana Galaxy S9+, apalagi kalau dilihat dari depan. Itu karena desain yang dibawa keduanya memang mirip. Tapi kalau dilihat dari belakang, kita bisa dengan cukup mudah menemukan perbedaannya. Masih membawa perpaduan metal dan kaca berlapis Gorilla Glass 5 pada bodinya, kita bisa mengenali Galaxy S9+ lewat konfigurasi dual-camera vertikal...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer