Harga

Rp11.999.000

Bodi

154,4 x 75,8 x 7,8 mm, 180 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 810, octa-core 2.0 GHz

GPU

Adreno 430

RAM

3 GB

Storage

32 GB

Layar

IPS 5,5 inci 4K (3.840 x 2.160 piksel)

Kamera

23 MP & 5 MP

Baterai

3.430 mAh

Sistem Operasi

Android 5.1

Jaringan

Dual-SIM 4G

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer

Lainnya

IP68

Sony punya tiga varian Xperia Z5 tahun ini. Di antara ketiganya, Xperia Z5 Premium jadi seri tertinggi dengan banderol harga mencapai Rp12 juta. Smartphone yang punya layar berdimensi 5,5 inci ini menawarkan resolusi layar 4K dengan kerapatan layar 806 ppi. Praktis, Xperia Z5 Premium adalah smartphone dengan resolusi layar tertinggi di dunia di tahun 2015.

Kelebihan

Premium, sesuai namanya. Sony merancang Xperia Z5 dan Z5 Compact dengan material frosted glass, terlihat keren dan low-profile. Sedangkan Xperia Z5 Premium 180 derajat berbeda. Bagian belakangnya "bling-bling", mengkilat dan bisa digunakan untuk bercermin dengan pilihan warna emas dan perak. Rangka bodinya sendiri terbuat dari aluminium.

review-z5-premium-droidlime-01

Tidak sepanas Xperia Z3+. Sony Xperia Z5 Premium dapat menyentuh suhu di atas 40 derajat Celcius dengan mudah jika diajak bermain game berat di atas 15 menit. Namun jika dibandingkan Xperia Z3+, suhu milik Z5 Premium lebih bersahabat. Sering memotret menggunakan kamera utamanya juga tak membuatnya sepanas Xperia Z3+.

review-z5-premium-droidlime-04

Dual-speaker stereo. Apapun konten multimedia yang Anda nikmati, musik, film, maupun game bakal tersaji dengan optimal pada Xperia Z5 Premium. Kenyamanan didapat berkat adanya dua buah speaker tersembunyi yang ada di sisi atas dan bawah smartphone. Menggunakannya dalam kondisi landscape akan menghantarkan langsung suara ke kedua telinga Anda. Suara yang dihasilkan pun jernih.

Kamera 23 MP. Tidak tanggung-tanggung, Sony Xperia Z5 Premium membawa kamera utama 23 MP. Memotret di berbagai kondisi, outdoor dan indoor, siang maupun malam, rata-rata dapat dilakukan dengan menyenangkan. Autofokusnya bekerja dengan cepat, namun agak lama saat menyimpan gambar.

Dengan adanya tombol shutter khas Sony, memotret memang terasa lebih mudah. Memotret dengan tombol shutter juga berfungsi mengurangi potensi noise pada foto. Memotret dengan cahaya melimpah, hasilnya sangat tajam. Sementara memotret di malam hari, hasilnya tidak buruk. Hanya saja, kamera Xperia Z5 Premium tidak bisa diajak memotret macro atau bokeh.

Layar jernih. Memandang layar Sony Xperia Z5 Premium sangat nyaman. Bukan karena resolusinya yang 4K, melainkan karena panel IPS dengan karakter permukaan layar yang glossy. Selain jernih, layar Xperia Z5 Premium juga menyajikan warna yang "berani".

review-z5-premium-droidlime-03

Merekam seperti kamera pro. Kamera 23 MP tersebut juga sangat unggul dalam hal merekam video. Merekam video 1.080p mendukung bitrate 60 fps, sedangkan video 4k mendukung bitrate 30 fps. Hasil rekamannya sangat smooth. Perpindahan fokus objek dapat dilakukan dengan sangat baik, sama sekali tak seperti kamera smartphone. Bisa kami pastikan, kemampuan merekam Xperia Z5 Premium adalah yang terbaik di antara smartphone Android lainnya.

Kekurangan

Paket penjualan sederhana. Untuk sebuah smartphone flagship seharga Rp12 juta, Xperia Z5 Premium tidak disertai packaging dan paket penjualan yang wah. Kotak penjualannya sederhana, begitu pun isinya. Earphone yang disertakan adalah versi biasa, seperti earphone dengan harga hanya Rp100 ribuan.

Resolusi 4K yang mubazir. Resolusi native pada Xperia Z5 hanya full HD, bukan 4K. Resolusi tersebut baru akan berubah menjadi 4K secara otomatis ketika Anda memutar film atau video beresolusi 4K. Tapi yang jelas, menikmati resolusi 4K di ukuran layar yang hanya 5,5 inci tak akan begitu terasa atau bahkan tak berbeda dibanding resolusi full HD.

review-z5-premium-droidlime-05

Sensor fingerprint kurang akurat. Kami sudah mencoba beragam smartphone dengan sensor fingerprint, seperti Apple iPhone 6, Samsung Galaxy S6, Coolpad Shine, atau ZTE Blade A711. Pada Xperia Z5 series termasuk Z5 Premium, sensor fingerprint-nya tak seakurat smartphone yang kami sebutkan barusan. Dimensi tombol (sensor) serta posisi yang ada di sisi samping mungkin jadi penyebabnya.

Kesimpulan

Sony Xperia Z5 Premium bak rajanya smartphone. Bentuknya besar dan kokoh serta dapat mencuri perhatian berkat efek "bling-bling" yang dipancarkannya. Layarnya dapat memanjakan mata, meski resolusi 4K yang ditawarkan terasa tidak berguna. Smartphone ini juga sangat pas untuk Anda penggemar foto dan videografi.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Besar bentuknya, besar kemampuannya, besar pula harganya. Dengan segala yang dimilikinya, Xperia Z5 Premium cukup layak menjadi pemimpin smartphone Xperia dari Sony.

Our Rating
User Rating
15 ratings
You have rated this

(last edit: 30 December, 2015 / 8:31 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
51%
Mau
8%
Biasa Aja
9%
Payah!
33%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.