Now Reading
Review Samsung Galaxy S7 edge

Spesifikasi
Harga

Rp10.499.000

Bodi

150,9 x 72,6 x 7,7 mm, 157 gram

Prosesor

Exynos 8890 octa-core 2,3 GHz

GPU

Mali-T880MP12

RAM

4 GB

Storage

32/64 GB

Layar

Super AMOLED 5,5 inci (2.560 x 1.440 piksel)

Kamera

12 MP & 5 MP

Baterai

3.600 mAh

Sistem Operasi

TouchWiz (Android 6.0)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2

Lainnya

Fast charging

Bagi Samsung, Indonesia adalah pasar yang potensial. Saking potensialnya, tak butuh waktu lama bagi Samsung untuk menghadirkan flagship anyarnya, Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge ke tanah air. Saat ini, duo Galaxy S7 ini sudah tersedia dan bisa dibeli dengan harga Rp9 juta dan Rp10,5 juta.

Kelebihan

Smartphone 5,5 inci ternyaman. Kebanyakan smartphone Android yang dirilis dalam kurun waktu setahun belakangan memiliki layar 5,5 inci. Begitu pun Samsung Galaxy S7 edge. Smartphone ini menawarkan handling sangat nyaman ketimbang smartphone 5,5 inci pada umumnya.

review-s7-edge-droidlime-01

Rahasianya ada pada lengkungan di sisi kiri dan kanan, baik pada bagian depan maupun belakangnya. Praktis, telapak tangan jadi bisa mencengkram bodi Galaxy S7 edge dengan lebih lembut dan mantap. Kedua lengkungan ini juga membuat Galaxy S7 edge lebih sensual.

Fitur Edge Screen makin lengkap. Pada Samsung Galaxy S6 edge, fitur Edge Screen terasa kurang lengkap. Akhirnya Samsung memperbaiki dan melengkapi fungsinya pada Galaxy S7 edge ini. Lengkungan layar di sisi kiri maupun kanannya bisa digunakan untuk menampilkan beragam shortcut.

review-s7-edge-droidlime-04

Pilihannya begitu banyak, Anda bisa download aplikasi Edge Screen lainnya, ada yang bayar, ada pula yang gratis. Ada shortcut kontak favorit, aplikasi favorit, ramalan cuaca, berita terbaru, update skor pertandingan olahraga, dan masih banyak lagi.

Main game tidak terganggu. Salah satu fitur baru yang dibawa Samsung Galaxy S7 edge adalah Game Launcher. Jadi, seluruh game yang ter-install di smartphone bisa berjalan lebih optimal. Ketika bermain game, fungsi tombol back dan recent apps bisa dinonaktifkan agar tidak mengganggu.

review-s7-edge-droidlime-05

Notifikasi panggilan telepon maupun pesan juga bisa dimatikan ketika bermain game. Game Launcher juga menawarkan fungsi mengambil screenshot atau bahkan merekam video saat permainan sedang berlangsung. Jadi Anda tak perlu meng-install aplikasi 3rd-party lainnya.

Performa smooth. Prosesor octa-core Exynos 8890 2,3 GHz yang ada di dalam Samsung Galaxy S7 edge adalah yang tertinggi saat ini bersama Snapdragon 820. Ditandemkan dengan GPU 12-core Mali-T880 dan RAM 4 GB, Samsung Galaxy S7 edge berhasil meraih skor hingga 115 ribu poin pada AnTuTu Benchmark. Untuk bermain game, rata-rata game HD yang kami install pun dapat berjalan lancar.

Tersedia slot microSD. Slot microSD akhirnya kembali bisa dinikmati pada Samsung Galaxy S7 edge. Namun slot ini menyatu dengan slot SIM card kedua alias hybrid. Kapasitas yang didukung pun sangat besar hingga 200 GB. Asyiknya, Anda bisa memindahkan file aplikasi dan game dari storage internal ke microSD melalui menu Application Manager.

review-s7-edge-droidlime-02

Tidak takut air. Agak aneh sebenarnya melihat desain mewah dan elegan Samsung Galaxy S7 edge namun dibekali sertifikasi tahan air IP68. Smartphone ini jelas bukan untuk petualang atau pencinta alam. Tapi untuk jaga-jaga, jika smartphone ini tercebur setidaknya tidak akan rusak selama tidak lebih dari kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

review-s7-edge-droidlime-03

Baterai awet dan cepat. Samsung Galaxy S7 edge membawa baerai berkapasitas 3.600 mAh, terasa cukup besar. Baterai ini bisa menghasilkan screen-on-time hingga lima jam dengan satu SIM card 4G dan bermain game selama satu jam. Mengisi baterainya pun cepat, kurang lebih antara 1 hingga 1,5 jam.

Kamera Dual Pixel. Ada penurunan resolusi kamera utama. Samsung Galaxy S6 series sebelumnya memiliki kamera 16 MP, namun S7 series hanya 12 MP. Biarpun resolusi lebih kecil, tapi teknologinya lebih canggih. Dengan teknologi Dual Pixel, kamera Galaxy S7 edge dapat menangkap fokus objek ekstra cepat. Kameranya juga jago memotret di malam hari dengan kondisi cahaya minim.

Mendukung Gear VR. Smartphone flagship nan kencang kurang lengkap rasanya tanpa dukungan teknologi virtual reality. Sadar akan hal itu, Samsung pun mem-bundling Galaxy S7 series dengan headset Gear VR hasil kerjasama dengan Oculus. Teknologi ini membuat Anda seakan memiliki bioskop pribadi dan bisa merasakan sensasi “berkeliling dunia” menggunakan headset ini.

review-s7-edge-droidlime-06

Kekurangan

Terkadang terjadi lag. Agak sulit dipercaya memang. Namun kami beberapa kali mengalami lag ketika menjelajah menu pada Galaxy S7 edge. Begitu pun ketika bermain game. Ada sedikit judul game yang sesekali mengalami penurunan frame per second. Bisa jadi hal ini dikarenakan masalah kompatibilitas karena prosesor dan GPU yang digunakan adalah jenis baru.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S7 adalah smartphone Android terbaik saat ini dengan fitur paling lengkap. Pembaruan paling terasa dibanding seri Galaxy S6 edge terdahulu adalah fitur Edge Screen yang lebih lengkap, fitur Game Launcher, serta sertifikasi tahan air IP68. Tapi dari sisi desain, smartphone ini tak banyak berbeda dari pendahulunya tersebut.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Desain mewah, layar lengkung, performa smooth, kamera andal, plus sertifikasi tahan air IP68 membuat smartphone ini begitu lengkap dan menggoda.

Our Rating
User Rating
1 rating
You have rated this
Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
63%
Mau
22%
Biasa Aja
6%
Payah!
8%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan ASUS ZenFone 3. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
1 Comments
Leave a response

Leave a Response