Connect with us
ZFLive
Review

Review Samsung Galaxy S7 edge

Droidlime.com,

/

Bagi Samsung, Indonesia adalah pasar yang potensial. Saking potensialnya, tak butuh waktu lama bagi Samsung untuk menghadirkan flagship anyarnya, Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge ke tanah air. Saat ini, duo Galaxy S7 ini sudah tersedia dan bisa dibeli dengan harga Rp9 juta dan Rp10,5 juta.

Kelebihan

Smartphone 5,5 inci ternyaman. Kebanyakan smartphone Android yang dirilis dalam kurun waktu setahun belakangan memiliki layar 5,5 inci. Begitu pun Samsung Galaxy S7 edge. Smartphone ini menawarkan handling sangat nyaman ketimbang smartphone 5,5 inci pada umumnya.

review-s7-edge-droidlime-01

Rahasianya ada pada lengkungan di sisi kiri dan kanan, baik pada bagian depan maupun belakangnya. Praktis, telapak tangan jadi bisa mencengkram bodi Galaxy S7 edge dengan lebih lembut dan mantap. Kedua lengkungan ini juga membuat Galaxy S7 edge lebih sensual.

Fitur Edge Screen makin lengkap. Pada Samsung Galaxy S6 edge, fitur Edge Screen terasa kurang lengkap. Akhirnya Samsung memperbaiki dan melengkapi fungsinya pada Galaxy S7 edge ini. Lengkungan layar di sisi kiri maupun kanannya bisa digunakan untuk menampilkan beragam shortcut.

review-s7-edge-droidlime-04

Pilihannya begitu banyak, Anda bisa download aplikasi Edge Screen lainnya, ada yang bayar, ada pula yang gratis. Ada shortcut kontak favorit, aplikasi favorit, ramalan cuaca, berita terbaru, update skor pertandingan olahraga, dan masih banyak lagi.

Main game tidak terganggu. Salah satu fitur baru yang dibawa Samsung Galaxy S7 edge adalah Game Launcher. Jadi, seluruh game yang ter-install di smartphone bisa berjalan lebih optimal. Ketika bermain game, fungsi tombol back dan recent apps bisa dinonaktifkan agar tidak mengganggu.

review-s7-edge-droidlime-05

Notifikasi panggilan telepon maupun pesan juga bisa dimatikan ketika bermain game. Game Launcher juga menawarkan fungsi mengambil screenshot atau bahkan merekam video saat permainan sedang berlangsung. Jadi Anda tak perlu meng-install aplikasi 3rd-party lainnya.

Performa smooth. Prosesor octa-core Exynos 8890 2,3 GHz yang ada di dalam Samsung Galaxy S7 edge adalah yang tertinggi saat ini bersama Snapdragon 820. Ditandemkan dengan GPU 12-core Mali-T880 dan RAM 4 GB, Samsung Galaxy S7 edge berhasil meraih skor hingga 115 ribu poin pada AnTuTu Benchmark. Untuk bermain game, rata-rata game HD yang kami install pun dapat berjalan lancar.

Tersedia slot microSD. Slot microSD akhirnya kembali bisa dinikmati pada Samsung Galaxy S7 edge. Namun slot ini menyatu dengan slot SIM card kedua alias hybrid. Kapasitas yang didukung pun sangat besar hingga 200 GB. Asyiknya, Anda bisa memindahkan file aplikasi dan game dari storage internal ke microSD melalui menu Application Manager.

review-s7-edge-droidlime-02

Tidak takut air. Agak aneh sebenarnya melihat desain mewah dan elegan Samsung Galaxy S7 edge namun dibekali sertifikasi tahan air IP68. Smartphone ini jelas bukan untuk petualang atau pencinta alam. Tapi untuk jaga-jaga, jika smartphone ini tercebur setidaknya tidak akan rusak selama tidak lebih dari kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

review-s7-edge-droidlime-03

Baterai awet dan cepat. Samsung Galaxy S7 edge membawa baerai berkapasitas 3.600 mAh, terasa cukup besar. Baterai ini bisa menghasilkan screen-on-time hingga lima jam dengan satu SIM card 4G dan bermain game selama satu jam. Mengisi baterainya pun cepat, kurang lebih antara 1 hingga 1,5 jam.

Kamera Dual Pixel. Ada penurunan resolusi kamera utama. Samsung Galaxy S6 series sebelumnya memiliki kamera 16 MP, namun S7 series hanya 12 MP. Biarpun resolusi lebih kecil, tapi teknologinya lebih canggih. Dengan teknologi Dual Pixel, kamera Galaxy S7 edge dapat menangkap fokus objek ekstra cepat. Kameranya juga jago memotret di malam hari dengan kondisi cahaya minim.

Mendukung Gear VR. Smartphone flagship nan kencang kurang lengkap rasanya tanpa dukungan teknologi virtual reality. Sadar akan hal itu, Samsung pun mem-bundling Galaxy S7 series dengan headset Gear VR hasil kerjasama dengan Oculus. Teknologi ini membuat Anda seakan memiliki bioskop pribadi dan bisa merasakan sensasi “berkeliling dunia” menggunakan headset ini.

review-s7-edge-droidlime-06

Kekurangan

Terkadang terjadi lag. Agak sulit dipercaya memang. Namun kami beberapa kali mengalami lag ketika menjelajah menu pada Galaxy S7 edge. Begitu pun ketika bermain game. Ada sedikit judul game yang sesekali mengalami penurunan frame per second. Bisa jadi hal ini dikarenakan masalah kompatibilitas karena prosesor dan GPU yang digunakan adalah jenis baru.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S7 adalah smartphone Android terbaik saat ini dengan fitur paling lengkap. Pembaruan paling terasa dibanding seri Galaxy S6 edge terdahulu adalah fitur Edge Screen yang lebih lengkap, fitur Game Launcher, serta sertifikasi tahan air IP68. Tapi dari sisi desain, smartphone ini tak banyak berbeda dari pendahulunya tersebut.

Video review

Advertisement
Comments
Review

Review Acer Swift 3 (2018): Bertenaga AMD Ryzen!

Published

on

Setelah sukses meluncurkan versi Intel tahun lalu, ditahun ini Acer kembali meluncurkan Swift 3 edisi 2018 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen dan GPU Vega. Seperti apa kehebatan notebook yang dinobatkan sebagai yang pertama menggunakan AMD Ryzen Mobile di Indonesia ini? Berikut adalah review-nya. Desain tipis Pertama kali diperkenalkan Februari lalu, Acer Swift 3 dengan nomor model SF315-41 ini desain yang biasa-biasa saja seperti laptop 15 inci kebanyakan. Dibuat dengan material aluminium, membuat bodinya jadi terlihat kokoh dan solid. Selain itu bodinya yang tipis hanya 18,9 mm juga memudahkan untuk dibawa bepergian. Meski berbodi tipis, Acer menyematkan port yang cukup banyak....
Continue Reading
Review

Review Huawei Nova 2 Lite: Penggoda Baru di Indonesia

Published

on

Beberapa waktu yang lalu atau tepatnya pada 25 April 2018, Huawei secara resmi memperkenalkan seri smartphone terbaru Nova 2 Lite. Smartphone yang ditujukan untuk segmen entry level ini hanya dibanderol seharga Rp2.599.000. Seperti apa kehebatan smartphone penerus Nova 2i ini? Berikut adalah review-nya. Desain Saat memegang pertama kali, smartphone ini cukup enak digenggam dan bobotnya juga ringan, hanya 155 gram berkat material metal dan plastik yang digunakannya. Bodinya yang agak licin ini juga mempermudah saat ingin disimpan di saku celana. Di Indonesia, nova 2 lite punya dua pilihan warna, yaitu Hitam dan Biru. Unit yang kami review ini berwama hitam,...
Continue Reading
Review

Review Honor 9 Lite: Harga Murah Desain Mewah

Published

on

Tepat di penghujung Maret 2018 lalu, Honor secara resmi memperkenalkan tiga smartphone terbaru mereka di Indonesia, antara lain Honor 9 Lite, Honor View 10 dan Honor 7X. Saat ini kamipun berkesempatan untuk menguji dan mencoba lebih detail salah satu produknya, yaitu Honor 9 Lite. Seperti apa ketangguhan smartphone yang dibuat untuk segmen entry-level ini? Berikut adalah review lengkapnya. Review Honor 9 Lite Desain Termasuk dalam golongan smartphone entry-level, desain yang dibawa Honor 9 Lite cukup ciamik dibanding smartphone kebanyakan. Selain itu bodinya juga cukup enak digenggam dan ringan karena bobotnya hanya 149 gram. Menggunakan material yang terlihat seperti kaca, memungkinkan...
Continue Reading

Wajib baca

Populer