Now Reading
Review Lenovo VIBE P1 Turbo

Spesifikasi
Harga

Rp3.999.000

Bodi

152,9 x 75,6 x 9,9 mm, 189 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 616 octa-core 1,5 GHz

GPU

Adreno 405

RAM

3 GB

Storage

32 GB

Layar

IPS 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

13 MP & 5 MP

Baterai

5.000 mAh

Sistem Operasi

Android 5.1

Jaringan

Dual-SIM 4G

Sensor

Fingerprint, accelerometer, proximity, gyroscope

Lainnya

Quick Charge 2.0 dan Charging on-the-go

Selain selfie, tren smartphone tahun 2016 adalah yang berbaterai jumbo. Selain ASUS ZenFone Max, Infinix NOTE 2, Xiaomi Redmi 3, dan Lenovo P1m, smartphone Android terbaru dengan baterai jumbo yang mampir ke Indonesia adalah Lenovo VIBE P1 Turbo.

Kelebihan

Baterai awet. Keunggulan utama Lenovo P1 Turbo adalah baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh. Baterai ini rata-rata bisa bertahan lebih dari satu hari. Adapun screen-on-time yang dihasilkan yakni sekitar tujuh jam dengan pamakaian internet aktif dan bermain game (Final Fantasy IX) secara intens lebih dari dua jam.

review-p1-turbo-droidlime-06

Quick charge 2.0. Baterai boleh jumbo, tapi proses pengisian baterai pada Lenovo P1 Turbo tidak terlalu lama. Pasalnya smartphone ini sudah dibekali teknologi Quick Charge 2.0 dari Qualcomm. Tidak begitu mengesankan memang, bila dibandingkan teknologi VOOC Flash Charge milik OPPO.

Pada P1 Turbo, kami mencatat pengisian baterai dari kosong hingga 60 persen bisa dilakukan dalam waktu satu jam. Pengisian baterai 1,5 jam membuat kapasitas terisi sekitar 80 persen dan pengisian hingga penuh 100 persen membutuhkan waktu 2 jam 15 menit.

Mode power-saving. Di sisi kiri smartphone terdapat sebuah tombol switch khusus. Tombol ini ternyata berfungsi untuk menghemat baterai smartphone dengan cara masuk ke mode power-saving. Ketika diaktifkan, smartphone hanya bisa digunakan untuk fungsi basic saja, seperti telepon, SMS, alarm, melihat kontak, dan kalender.

review-p1-turbo-droidlime-05

Charging on-the-go. Kapasitas besar pada baterai Lenovo VIBE P1 Turbo membuatnya bisa digunakan untuk mengisi baterai perangkat lainnya menggunakan kabel USB on-the-go. Kabel ini juga disertakan dalam paket penjualannya sehingga Anda tidak perlu membeli lagi secara terpisah.

Bongsor nan premium. Lenovo VIBE P1 Turbo memiliki desain memanjang dengan bobot mencapai 190 gram. Praktis, smartphone ini tidak nyaman digunakan dengan satu tangan. Tapi dari sisi estetika, VIBE P1 Turbo tergolong ciamik dengan balutan metal unibody. Anda akan terlihat elegan menggunakan smartphone ini.

review-p1-turbo-droidlime-08

Punya dua launcher. Seperti smartphone Lenovo lainnya, P1 Turbo membawa user interface VIBE UI yang disertai beberapa pilihan theme, fitur gesture (double tap to wake, wide touch, microscreen, dan quick snap), serta launcher tambahan, yaitu stock Google. Launcher tambahan ini memang membuat P1 Turbo jadi unik karena Anda bisa memilih mau menggunakan launcher VIBE UI atau launcher bawaan Google.

Hardware lumayan. Ada yang mengatakan VIBE P1 Turbo menggunakan CPU Snapdragon 615, ada pula yang mengatakan menggunakan Snapdargon 616. Namun dari boksnya disebutkan bahwa smartphone ini menggunakan CPU octa-core Snapdragon 616 1,5 GHz.

review-p1-turbo-droidlime-04

Lenovo VIBE P1 Turbo juga dibekali RAM 3 GB dan storage 32 GB. Kalau ditanya apakah smartphone ini bisa menjalankan game berat, tentu bisa. Dengan skor AnTuTu 36 ribu poin, Lenovo VIBE P1 Turbo bisa menjalankan Asphalt 8 dengan lancar menggunakan kualitas grafis high. Game berat lain seperti Sniper Fury dan Hitman: Sniper bisa dimainkan dengan lancar menggunakan grafis medium.

Shutter speed kamera cepat. Karena masuk jajaran smartphone unggulan dari Lenovo, VIBE P1 Turbo nyatanya membawa aplikasi kamera khas Lenovo dengan fitur yang cukup lengkap. Mode foto yang ditawarkan memang terbatas (panorama, HDR, dan 8 filter cahaya), tapi kinerja kameranya memuaskan karena shutter speed yang cepat.

Kalau Anda hendak mengabadikan gambar di tempat agak gelap, autofokusnya memang bekerja lebih lambat ketimbang memotret di kondisi cahaya normal. Tapi shutter speed-nya tetap bisa menjepret dan menyimpan gambar secepat memotret di tempat terang.

Kekurangan

Fingerprint terbatas. Dalam rangka menawarkan sistem keamanan ekstra plus kemudahan penggunaan, Lenovo VIBE P1 Turbo didukung sensor sidik jari yang terletak di tombol Home. Sensornya dapat membaca sidik jari dengan cepat kurang dari dua detik. Tapi Anda hanya dapat menyimpan dua sidik jari saja. Padahal biasanya sensor sidik jari pada smartphone bisa menyimpan hingga lima sidik jari.

review-p1-turbo-droidlime-09

UI boros RAM. Punya RAM 3 GB, sisa kapasitas yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi dan game hanya 1,5 GB saja. Ya, VIBE UI pada Lenovo VIBE P1 Turbo menghabiskan kapasitas RAM hingga 50 persen dan membuatnya tergolong boros.

Kesimpulan

Smartphone dengan kapasitas baterai besar memang sudah mulai banyak. Tapi saat ini hanya Lenovo VIBE P1 Turbo yang menawarkan baterai 5.000 mAh plus desain yang elegan dan sensor sidik jari. Performa gaming dan kameranya pun tidak mengecewakan.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Lenovo VIBE P1 Turbo saat ini adalah satu-satunya smartphone berbaterai jumbo yang memiliki tampilan elegan, performa mumpuni, serta dilengkapi sensor sidik jari.

Our Rating
User Rating
1 rating
You have rated this
Lihat Juga Review
  •  
    Review ASUS ROG GL553VW
  •  
    Review OnePlus 3T
  •  
    Review ASUS Transformer Pro 3
  •  
    Review Acer E5-553G
Subscribe untuk terus update ulasan gadget terbaru dari kami!

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
48%
Mau
24%
Biasa Aja
17%
Payah!
11%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan Huawei P9. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.

Leave a Response