Harga

Rp1.299.000

Bodi

143,5 x 71,8 x 9 mm, 166 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 210 quad-core 1,1 GHz

GPU

Adreno 304

RAM

1 GB

Storage

16 GB

Layar

IPS 5 inci (854 x 480 piksel)

Kamera

5 MP & 2 MP

Baterai

2.300 mAh

Sistem Operasi

Android 5.0.1

Jaringan

Dual-SIM 4G

Sensor

Accelerometer, proximity

Di tengah pertumbuhan smartphone yang terus meningkat, masih ada sebagian kalangan yang tidak bisa merasakan dampak positifnya. Jumlah smartphone memang makin banyak, tapi didominasi oleh produk-produk berharga lumayan, di atas Rp2 juta. Dalam rangka menambah populasi smartphone terjangkau, Lenovo menghadirkan VIBE C untuk negara berkembang seperti Indonesia. Berikut ulasannya.

Kelebihan

Dual-SIM 4G. Dengan menebus seharga Rp1,3 juta, teknologi terkini yang bisa Anda dapatkan adalah dual-SIM card. Yang membuat kedua slot SIM card-nya spesial adalah dukungan teknologi 4G. Meski tidak bisa aktif bersamaan, namun Anda tetap bisa leluasa memilih ingin mengaktifkan jaringan 4G pada slot pertama atau kedua.

review-lenovo-vibe-c-droidlime-03

Tawarkan solusi terjangkau. Yang paling menonjol dari smartphone ini tentu saja adalah banderol harganya yang hanya Rp1,3 juta. Di pasaran, khususnya di Indonesia, memang ada beberapa pilihan smartphone Rp1 jutaan. Tapi tidak banyak yang bergaransi resmi, dan Lenovo VIBE C adalah salah satu di antaranya yang hadir dengan garansi resmi.

Layar lega 5 inci. Hal lainnya yang dibanggakan Lenovo dari VIBE C adalah dimensi layarnya yang lumayan lega mencapai 5 inci. Di pasaran, rata-rata dimensi layar smartphone seharga Rp1 jutaan berkisar antara 4 inci hingga 4,5 inci  saja. Dengan layar lega, Anda bisa lebih nyaman browsing, nonton, atau bermain game.

review-lenovo-vibe-c-droidlime-02

Kapasitas storage luas. Untuk menampung aplikasi dan game yang hendak di-install, Lenovo VIBE C dilengkapi storage 16 GB dengan kapasitas efektif 11 GB. Kapasitas tersebut masih bisa ditambah lagi dengan adanya slot microSD hingga 32 GB. Dengan begitu, total kapasitas storage yang bisa Anda gunakan sekitar 43 GB.

Nge-game cukup nyaman. Awalnya kami menyangsikan kemampuan gaming smartphone satu ini. Tapi saat menjajalnya dengan game kelas menengah seperti Clash Royale, Pokemon GO, atau Need for Speed: No Limits, performanya tidak mengecewakan. Game berjalan lancar, mungkin juga disebabkan resolusi layarnya yang hanya 854 x 480 piksel.

review-lenovo-vibe-c-droidlime-01

Kekurangan

Resolusi layar rendah. Punya layar 5 inci, resolusi layar Lenovo VIBE C bisa dibilang rendah, yaitu 854 x 480 piksel. Kerapatan layarnya hanya 294 ppi. Untuk pengguna pemula, kualitas layar tersebut mungkin masih terasa baik-baik saja. Tapi bagi Anda yang terbiasa memandang layar HD, jelas bakal kurang puas dengan apa yang disajikan oleh layarnya.

review-lenovo-vibe-c-droidlime-04

Baterai 2.300 mAh. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan penggunaan baterai 2.300 mAh pada Lenovo VIBE C. Hanya saja jika Anda menggunakannya secara maksimal, seperti menggunakan dua SIM card 4G, aktif bermain media sosial, dan lumayan sering bermain game, screen-on-time yang bisa Anda dapat hanya sekitar dua jam saja. Namun jika hanya menggunakan satu SIM card dengan penggunaan biasa saja, baterainya bisa bertahan 1,5 kali lebih lama.

Kamera tanpa autofokus. Ditujukan untuk pengguna pemula seperti anak sekolah, Lenovo memilih untuk tidak membekali VIBE C dengan kamera canggih. Resolusinya tergolong pas-pasan, dengan kamera utama 5 MP dan kamera sekunder 2 MP. Selain resolusinya yang tidak tinggi, kamera utamanya juga minus fitur autofokus. Hal ini berdampak pada kualitas fotonya yang di bawah standar.

Kesimpulan

Melihat banderol harga serta spesifikasi yang ditawarkan Lenovo VIBE C, sudah bisa ditebak kalau smartphone entry-level ini disiapkan untuk pengguna pemula. Lenovo ingin membidik mereka yang baru ingin hijrah dari feature phone ke smartphone atau pun anak sekolah yang baru akan menggunakan smartphone untuk pertama kalinya.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Lenovo VIBE C adalah smartphone entry-level dengan kemampuan mumpuni untuk pengguna smartphone pemula seperti anak sekolah.

Our Rating
User Rating
3 ratings
You have rated this

(last edit: 8 August, 2016 / 1:54 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
23%
Mau
5%
Biasa Aja
43%
Payah!
30%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.