Now Reading

Harga

Rp4.999.000

Bodi

152 x 75,7 x 6,9 mm, 170 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 617 octa-core 1,5 GHz

GPU

Adreno 405

RAM

4 GB

Storage

64 GB

Layar

IPS 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

13 MP & 5 MP

Baterai

2.800 mAh

Sistem Operasi

CoolUI (Android 5.1.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Sensor

Accelerometer, proximity, ambient light, gyroscope, fingerprint

Untuk pertama kalinya, Coolpad mengadakan acara besar-besaran bertajuk Global Launch 2016 di Indonesia. Acara ini sendiri adalah menandakan bahwa Coolpad sudah mulai serius di pasar global. Pada kesempatan ini, Coolpad mengumumkan dua smartphone anyarnya, Coolpad Max dan Coolpad Max Lite.

Kelebihan

Desain solid. Coolpad memposisikan Max sebagai smartphone flagship. Bicara smartphone flagship, sudah pasti harus memiliki desain yang wah. Coolpad Max pun masuk dalam kategori smartphone berdesain wah. Ketika memegangnya, Anda akan merasakan bodi Coolpad Max yang sangat solid dan kokoh. Bobotnya yang 170 gram juga menambah kesan kokoh. Untuk memberi kesan premium, Coolpad menawarkan Max dalam dua pilihan warna: gold dan rose gold.

coolpad-max-droidlime-01

Dual Space. Inilah fitur eksklusif yang ditawarkan Coolpad Max dan Max Lite. Fitur ini dapat membagi dua storage, satu untuk akun yang biasa Anda gunakan, satu lagi untuk akun yang lebih personal atau private. Alhasil, Anda seakan memiliki dua smartphone.

coolpad-max-droidlime-02

Pasalnya Anda bisa memisahkan dua akun dalam satu smartphone. Begitu pun dengan file-file serta aplikasi dan game yang Anda install. Karenanya, Anda pun bisa meng-install dan menjalankan dua akun WhatsApp atau game online Clash Royale di satu smartphone. Untuk detailnya Anda bisa melihat video review yang kami sertakan.

Keamanan ekstra. Untuk menunjang fitur Dual Space, Coolpad turut memberikan keamanan ekstra dengan sistem enkripsi. Data-data Anda, terutama yang ada di akun kedua, bakal dilindungi dengan sistem enkripsi ini. Akun kedua ini juga tidak bisa diakses sembarang orang karena juga bisa dilindungi dengan sidik jari.

coolpad-max-droidlime-04

RAM dan storage jumbo. Lagi-lagi, dalam rangka menunjang Dual Space, Coolpad Max dibekali RAM dan storage jumbo. Kapasitas RAM-nya 4 GB, sedangkan kapasitas storage-nya 64 GB. Jadi, Anda bisa berpindah dari akun pertama ke akun kedua dengan cepat serta tidak takut kehabisan storage dengan cepat.

Aplikasi Cool Manager. Kami sangat mengapresiasi aplikasi Cool Manager yang disertakan oleh Coolpad. Aplikasi all-in-one ini punya banyak fungsi, mulai dari mengoptimalkan RAM dan storage, melindungi aplikasi dengan password, fungi antivirus, hingga memindahkan aplikasi ke microSD.

coolpad-max-droidlime-03

Sensor lengkap. Coolpad tidak nanggung-nanggung dalam menyematkan beragam sensor ke dalam Coolpad Max. Smartphone ini punya sensor accelerometer, ambient light, fingerprint, serta gyroscope. Sensor fingerprint-nya juga dapat bekerja cepat 0,3 detik serta bisa digunakan untuk memotret (shutter button).

Kamera detail. Kamera utama 13 MP pada Coolpad Max punya mode yang lengkap. Yang jelas Anda bisa memotret dengan mode manual layaknya kamera DSLR. Shutter speed kameranya sebenarnya tidak terlalu cepat. Tapi terbayar dengan hasil fotonya yang cukup detail, terutama ketika dilihat melalui PC atau notebook.

Jika ingin mendapat foto lebih tajam, Anda bisa menggunakan mode PickZoom. Proses memotret menggunakan mode PickZoom bakal lebih lama karena hasilnya bakal terlihat lebih detail ketimbang menggunakan mode biasa.

Speaker lantang. Grill atau lubang speaker Coolpad Max terletak di bagian bawah. Speaker ini punya volume suara yang lebih kencang dari volume speaker smartphone Android pada umumnya. Bahkan ketika menonton YouTube atau bermain game sendirian di dalam kamar, volume-nya bakal terasa terlalu kencang jika di-set maksimal.

Kekurangan

Panas cepat terasa. Jika hanya digunakan untuk browsing, streaming YouTube, atau akses media sosial, Coolpad Max bakal adem-adem saja. Namun ketika bermain game di atas 15 menit, hawa panas bakal cepat menyebar dan terasa di tangan. Hal ini sebenarnya wajar karena bodinya terbuat dari metal yang mudah menghantarkan suhu panas atau dingin. Namun buat yang tidak terbiasa, mungkin akan sedikit mengganggu.

Baterai kurang awet. Coolpad Max memiliki baterai berkapasitas 3.000 mAh. Sayangnya kapasitas ini masih kurang mumpuni jika kita cukup sering bermain game. Dengan satu SIM card, akses media sosial aktif, serta bermain game (Clash Royale) intensif, screen-on-time yang dihasilkan hanya tiga jam.

Kesimpulan

Coolpad Max hadir dengan prosesor octa-core kelas menengah serta storage dan RAM jumbo plus fitur eksklusif Dual Space. Hal ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan dua smartphone namun merasa repot untuk menggunakannya secara fisik.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Coolpad Max bukan untuk gamer kelas berat, tetapi lebih diciptakan untuk Anda yang memerlukan dua smartphone dengan dua profil berbeda sehingga tidak perlu repot membawa dua smartphone secara fisik.

Our Rating
User Rating
3 ratings
You have rated this

(last edit: 22 May, 2016 / 2:46 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
33%
Mau
4%
Biasa Aja
21%
Payah!
42%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.